Fakta Unik Perayaan Tahun Baru Imlek 2022 Yang Jarang Diketahui

  • Bagikan
Fakta Unik Perayaan Tahun Baru Imlek 2022
Fakta Unik Perayaan Tahun Baru Imlek 2022

HARIAN.ID – Fakta Unik Perayaan Tahun Baru Imlek 2022 Yang Jarang Diketahui Seperti diketahui apabila tanggal 1 Februari 2022 bertepatan dengan Tahun Baru Imlek dan ternyata ada beberapa fakta unik dan menarik dalam perayaan Tahun Baru Imlek tersebut yang jarang sekali diketahui. Tahun Baru Cina atau biasa dikenal Tahun Baru Imlek adalah perayaan yang sangat penting bagi masyarakat tionghoa dan ketika memperingati tahun baru tersebut maka sudah menjadi hal biasa mereka akan melakukan dekorasi seluruh rumah dengan dekorasi warna merah dan juga angpau.

Tahun Baru Imlek mempunyai banyak keunikan yang mungkin belum Anda ketahui di mana terdapat beberapa fakta yang sangat unik dari peringatan tahun baru bagi masyarakat China tersebut yang akan diperingati pada hari Selasa 1 Februari 2022 dan sekaligus tahun Baru Imlek menjadi hari libur nasional sehingga seluruh sekolah yang ada di Indonesia dipastikan libur.

Fakta Unik Perayaan Tahun Baru Imlek 2022

Berikut ini adalah beberapa fakta unik dan menarik setiap perayaan Tahun Baru Imlek yang mungkin belum Anda ketahui dan pastinya bisa menjadi edukasi terutama bagi anda semua yang memperingati tahun tersebut.

Setiap tahun tanggal festival berubah

Ternyata dalam memperingati tahun baru Imlek mereka kerap mengikuti kalender Lunar yaitu berdasarkan pergerakan bulan dan biasanya jatuh pada hari di antara pertengahan bulan Januari sampai Februari akan tetapi di tahun ini ada perubahan di mana peringatan tersebut jatuh pada tanggal 1 Februari.

Menjadi festival musim semi

Musim semi atau disebut Li Chun ternyata jatuh dalam peringatan Tahun Baru Imlek dan biasanya di beberapa negara disebut dengan festival musim semi.

Pergantian zodiak

Di negara China mereka akan mengikuti siklus Lunar yaitu 60 tahun dan 12 tahun yang dianggap sebagai siklus kecil selanjutnya setiap 12 tahun maka mereka akan menentukan tanda binatang dalam peringatan Imlek di mana binatang yang ada di antaranya adalah tikus sampai babi dan untuk Tahun 2022 bentuk hewan zodiak yaitu tahun macan.

Berlangsung 15 hari

Peringatan ini menjadi peringatan terlama di mana masyarakat tionghoa merayakan Imlek selama 15 hari dan di hari ke-15 menyebutnya sebagai festival lentera yang menjadi pertanda akhir dari perayaan dan selanjutnya di Indonesia biasa disebut dengan Cap Go Meh.

Sejarah Imlek

Ada fakta yang sangat menarik dari perayaan ini ternyata sejarahnya Bermula ketika ada monster yang sangat ganas bernama Nian yang dipercaya muncul setiap 365 hari untuk memakan manusia dan dikarenakan cerita tersebut kepercayaan orang Tionghoa apabila monster ini sangat takut dengan manusia yang menggunakan warna merah dan suara petasan.

Sehingga untuk mengusir monster ganas ini masyarakat tionghoa di hari ke 366 akan menggunakan baju dan dekorasi berwarna merah dan dipastikan akan membakar petasan dengan tujuan supaya mengusir monster tersebut.

Tradisi amplop merah

Pada perayaan Imlek ternyata menjadi sebuah kebiasaan bagi masyarakat tionghoa untuk memberikan angpao berbentuk amplop merah kepada sanak keluarga ataupun Tetangga dan selanjutnya pada perayaan ini menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan bagi anak-anak diijinkan untuk menghabiskan uang Sesuka mereka.

Selain beberapa fakta unik di atas ada juga beberapa fakta unik lainnya dalam peringatan Tahun Baru Imlek bagi masyarakat tionghoa di antaranya adalah:

  • Kebiasaan menyembunyikan koin di dalam pangsit
  • Dilarang menyapu di mana apabila ingin menyapu halaman rumah ataupun di dalam rumah maka harus selesai sebelum malam Tahun Baru Imlek.
  • Adanya persembahan untuk Dewa dapur dan biasanya dilakukan pada tanggal 4 bulan 1 lunar dan mereka pun sudah terbiasa mengganti lukisan Dewa dapur baru dan menyiapkan beberapa persembahan kurban.
  • Bagikan