Harga Sawit Hari Ini Semakin Murah Bikin Petani Merugi

  • Bagikan
Harga Sawit Hari Ini
Harga Sawit Hari Ini

HARIAN.ID – Harga Sawit Hari Ini Semakin Murah Bikin Petani Merugi Bagaikan petir di siang hari bagi sejumlah masyarakat petani kelapa sawit pasalnya pada hari ini harga sawit ternyata turun drastis dan hal tersebut membuat pengepul harus bisa meyakinkan kepada para petani terkait harga yang anjlok tersebut dan pastinya hal ini sangatlah tidak mudah dikarenakan dampak yang sangat besar yaitu para petani semakin merugi.

Harga sawit hari ini di sejumlah wilayah terutama di Sumatera Utara langsung anjlok dan hal ini merugikan para petani sebut saja harga tandan buah segar atau TBS sawit di 3 kabupaten labuhanbatu raya yang ada di Sumatera Utara Mengalami penurunan yang sangat drastis dan hal ini membuat para petani dan para pengepul mengalami kerugian yang sangat besar apalagi penurunan harga sangat jauh mencapai 350 sampai Rp1.000 per kg.

Turunnya harga sawit ternyata membuat petani dan pengepul alami kerugian apalagi turunnya Harga kisaran 350 sampai 1000 per kg akan tetapi berbeda-beda dengan tempat yang lain dan ternyata hal ini tergantung dari kebijakan pabrik kelapa sawit di setiap tempat.

Harga Sawit Hari Ini Semakin Murah Bikin Petani Merugi

Salah satu pengepul di Kabupaten Labuhanbatu Utara bernama Ismarlin Sitorus, dirinya bercerita apabila ia rugi 3 truk dengan jumlah TBS sawit dan dirinya mengatakan kerugian untuk satu truk mencapai 5 juta sehingga jika ditetapkan ia sebagai pengepul rugi sampai 15 juta.

Ismarlin Sitorus menambahkan apabila penurunan ia rasakan mulai terjadi pada pagi hari di mana ada selisih harga dari pembeli yang didapatkan dari masyarakat dan juga harga jual ke pKS pabrik kelapa sawit mengalami defisit 600 per kg padahal menurutnya malam hari masih dalam harga yang normal yaitu 3100 per kg akan tetapi pada pagi hari sudah berubah harga menjadi Rp 2.500 per kg.

Adanya penurunan tajam harga sawit hari ini ternyata memberikan kejutan yang sangat parah bagi semua pihak pasalnya menurut Ismarlin, selama dirinya menjadi pengepul kelapa sawit sudah 24 tahun baru kali ini dirinya mengalami kerugian dan penurunan harga yang sangat parah dan juga proses jual beli TBS bersama masyarakat yang sangat terkendala dikarenakan para pengepul harus usaha ekstra keras supaya bisa meyakinkan harga terbaru kepada masyarakat.

Selanjutnya kondisi yang sama terkait harga sawit hari ini yang mengalami penurunan dialami oleh seorang petani bernama Sakaria Ginting yang ada di Kabupaten Labuhanbatu di mana dirinya mengaku harga TBS turun Rp 670 per kg dan hal ini sangat membuatnya rugi.

Penurunan harga sawit pada hari ini ternyata tidak diketahui baik oleh petani dan pengepul di mana mereka tidak mengetahui apa yang menyebabkan turunnya harga akan tetapi penurunan tersebut membuat mereka terkejut dan berharap supaya harga tBS secepatnya pulih seperti sedia kala.

Di lain tempat perusahaan PT Siringo-ringo Rantauprapat bernama Yusri dirinya menegaskan apabila di tempatnya harga TBS belum mengalami penurunan masih di angka yang sama yaitu Rp 3.225 per kg dan ia mengaku sudah mendengar terkait penurunan harga yang terjadi di masyarakat terutama di beberapa lokasi akan tetapi dirinya tidak mengetahui kebijakan harga dari perusahaan dikarenakan menjadi urusan kantor pusat.

  • Bagikan