Cara Cek Tagihan Listrik Termudah 2022

  • Bagikan
Cek Tagihan Listrik
Cek Tagihan Listrik

HARIAN.ID – Cara Cek Tagihan Listrik Termudah 2022 Untuk anda semua yang saat ini ingin membayar listrik atau sekedar melakukan pengecekan tagihan listrik, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan dan semua cara di bawah ini adalah sangat mudah dan tidak ribet di mana kalian hanya tinggal menggunakan Smartphone dan nantinya tagihan listrik PLN akan muncul.

Cara cek tagihan listrik termudah 2022 yang akan kami bahas pada artikel kali ini bertujuan supaya memberikan kemudahan untuk anda semua yang ingin melakukan pengecekan tagihan listrik PLN di awal waktu supaya Anda bisa mempersiapkan uang yang nantinya harus dikeluarkan untuk pembayaran tagihan listrik.

Cara mengecek tagihan listrik sebetulnya sangatlah banyak akan tetapi ada beberapa cara yang paling mudah untuk kalian coba. Seperti diketahui apabila untuk pelanggan PLN pasca bayar atau biasa disebut postpaid, maka untuk melakukan pengecekan tagihan listrik sangatlah diperlukan agar anda bisa memperkirakan biaya yang harus anda keluarkan untuk pembayaran 1 bulan tagihan PLN dikarenakan suka ada perbedaan tagihan bulan kemarin dan yang sekarang.

Selanjutnya melakukan pengecekan tagihan listrik menurut kami menjadi sebuah aktivitas yang memang penting Supaya Anda tidak terlambat dalam pembayaran tagihan dan apabila anda terlambat atau tidak membayar tagihan listrik pastinya hal tersebut anda akan dirugikan karena Anda harus mengeluarkan denda sampai pemutusan Sambungan listrik.

Selanjutnya bagi para pelanggan listrik prabayar atau biasa disebut prepaid, mengecek tagihan listrik Menurut kami juga penting supaya Anda bisa melihat riwayat pemakaian listrik secara berkala dan mengetahui biaya yang telah anda keluarkan untuk membeli token pulsa.

Cara Cek Tagihan Listrik

Untuk Anda yang penasaran Bagaimana cara melakukan pengecekan tagihan listrik di bulan sekarang, berikut ini adalah beberapa cara yang sangat mudah untuk Anda lakukan di antaranya sebagai berikut.

Cek listrik di PLN mobile

  1. Silakan Anda unduh dan install aplikasi bernama PLN mobile di Google Play Store maupun Apps Store.
  2. Apabila anda berhasil menginstal aplikasi tersebut maka silakan login atau mendaftar terlebih dahulu bagi yang belum mempunyai akun.
  3. Silakan isi nama lengkap Anda diantaranya ID pelanggan atau nomor meter selanjutnya lokasi lalu masukkan nomor ponsel bersama password dan email aktif
  4. Bila anda sudah login maka masuk ke bagian dasbor lalu pilih informasi si dan pilih informasi tagihan dan token listrik.
  5. Setelah itu nantinya sistem akan memperlihatkan berapa jumlah tagihan listrik anda dan juga memperlihatkan jumlah penggunaan dari riwayat tagihan.

Cek tagihan listrik di website PLN

  1. Silakan Anda membuka browser di Smartphone ataupun PC komputer
  2. Silakan Buka website resmi milik PLN atau melalui link berikut ini: https://web.pln.co.id/pelanggan/informasi-tagihan-dan-token-listrik
  3. Silakan daftar akun bagi yang belum mempunyai dan apabila anda sudah punya tinggal login dan isi seluruh data diantaranya email aktif, password, iD pelanggan atau nomor meter dan nomor ponsel.
  4. Silakan pilih daftar dan artinya PLN akan memberikan kode verifikasi melalui email
  5. Silakan masukkan kode verifikasi dan kalian tinggal login menggunakan email dan password yang sudah dibuat
  6. Masuk kedalam dasbor lalu nantinya sistem akan menampilkan informasi tentang tagihan dan riwayat pembelian listrik anda.

Cara cek tagihan listrik melalui SMS

  1. Anda harus mempunyai pulsa dan selanjutnya buka menu pesan di smartphone
  2. Silakan ketik iQ REK <spasi> NO ID Pelanggan, lalu Kirim ke 8123
  3. Setelah itu Silakan tunggu sampai ada balasan SMS terkait informasi tagihan listrik bulanan anda.

Cara lain cek tagihan listrik

Selain 3 cara diatas yang menurut kami paling mudah di bawah ini adalah cara yang juga bisa kalian lakukan untuk melakukan pengecekan tagihan listrik bulanan di antaranya adalah:

  • Anda bisa melakukan pengecekan tagihan listrik melalui call center PLN dengan cara menelpon ke nomor 123
  • Anda bisa melakukan pengecekan tagihan pembayaran listrik yaitu melalui email dengan mengirimkan email ke [email protected]
  • Ada bisa melakukan pengecekan tagihan listrik melalui m-banking seperti BRI BCA sampai BNI.
  • Anda bisa melakukan pengecekan tagihan listrik melalui beberapa aplikasi seperti shopee, link aja, dan aplikasi lainnya.
  • Bagikan