Fakta Gempa Terkini Depok Berasal Dari Banten

  • Bagikan
Gempa Terkini Depok
Gempa Terkini Depok

HARIAN.ID – Fakta Gempa Terkini Depok Berasal Dari Banten Gempa bumi dengan kekuatan 5,5 magnitudo Belum lama ini terjadi di daerah Bayah kabupaten Banten tepatnya pada hari Jumat kemarin dan selanjutnya yang paling baru yaitu gempa terkini Depok yang dirasakan oleh masyarakat setempat dengan guncangan yang lumayan Dahsyat.

Gempa terkini Depok dipastikan berasal dari gempa bumi di mana guncangan tersebut bukan hanya dirasakan oleh masyarakat yang ada di Depok akan tetapi Jakarta dan sekitarnya sehingga dipastikan gempa ini membuat masyarakat setempat ketakutan termasuk beberapa karyawan yang ada di area perkantoran.

Ada beberapa fakta yang berhasil kami rangkum tentang gempa dengan kekuatan 5,5 magnitudo yang mengguncang daerah Banten tersebut yang ternyata dirasakan sampai ke sejumlah wilayah salah satunya Jakarta Tangerang dan Sukabumi.

Walaupun gempa lumayan dahsyat akan tetapi pihak BMKG memastikan melalui media sosial mereka jika gempa bumi di Bayah Banten dipastikan tidak berpotensi tsunami sehingga tidak harus membuat masyarakat panik atas terjadinya bencana alam tersebut.

Fakta Gempa Terkini Depok

Seperti dikutip dari berbagai sumber di internet di bawah ini adalah beberapa fakta yang berhasil kami rangkum tentang terjadinya gempa dengan kekuatan 5,2 magnitudo yang menggoyangkan daerah Bayah Banten sampai terasa di Jakarta dan Tangerang sampai Depok.

Kekuatan gempa 5,2 magnitudo

Pihak BMKG menyebutkan dari hasil analisis terupdate mereka apabila Gempa yang terjadi di daerah Banten yang terasa sampai Kota Depok yaitu mempunyai kekuatan 5,2 magnitudo dan hal ini disampaikan oleh Daryono salah satu koordinator bidang mitigasi gempa bumi dan tsunami dari BMKG.

Jarak 63 km episenter

Dari Pengakuan Daryono , apabila jarak episentral gempa bumi selatan Banten letaknya di laut dengan jarak 63 KM arah barat daya Bayah Banten dan mempunyai kedalaman mencapai 55 kilometer.

Termasuk gempa dangkal

Daryono menegaskan apabila gempa yang belum lama ini terjadi di daerah Banten yang terasa sampai Jakarta dan juga Depok merupakan gempa bumi berjenis gempa dangkal dan gempa tersebut sering dinamakan sebagai gempa yang bersumber dalam lempeng atau gempa intraslab.

Gempa ini mempunyai karakter bisa radiasi kan ground motion atau guncangan yang lebih besar diatas gempa dengan magnitudo sekelasnya sehingga sangat wajar apabila gempa ini bisa terasa sampai Depok dan Jakarta.

Mekanisme pergerakan gempa

Menurut Daryono, apabila gempa bumi di Banten tersebut mempunyai mekanisme pergerakan kombinasi geser turun atau dalam istilahnya disebut oblique normal dan hal ini setelah dilakukan analisis mekanisme sumber oleh pihak BMKG.

Terjadi gempa susulan

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh pihak BMKG memperlihatkan apabila telah terjadi aktivitas gempa susulan sebanyak 1 kali dan dipastikan untuk gempa ini murni gempa tektonik dan tidak ada kaitannya dengan aktivitas Gunung Anak Krakatau yang ada di Selat Sunda.

  • Bagikan