3 Faktor Penyebab Elektabilitas Prabowo Tertinggi

  • Bagikan
Elektabilitas Prabowo
Elektabilitas Prabowo

HARIAN.ID – 3 Faktor Penyebab Elektabilitas Prabowo Tertinggi Pangi syarwi Chaniago selaku direktur eksekutif Fox Sport Center research and Consulting belum lama ini memberikan penjelasan terkait elektabilitas Prabowo yang saat ini tertinggi jika dibandingkan beberapa kandidat lain untuk Pilpres 2024. Dirinya menilai secara objektif apabila Prabowo Subianto yang sekarang ini menjabat sebagai menhan indonesia memang mempunyai karakteristik yang sangat berbeda jika dibandingkan kandidat yang lain dan terdapat tiga faktor penyebab elektabilitas Prabowo semakin melejit.

Menurut pangi syarwi Chaniago ada tiga faktor penyebab elektabilitas Prabowo tertinggi saat ini dan hal tersebut pastinya harus menjadi perhatian bagi kandidat lain dimana Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Prabowo Subianto adalah Menteri Pertahanan dan hal ini ternyata sangat berpengaruh besar menjaga elektabilitas Prabowo walaupun sudah tiga kali selalu kalah dalam pilpres.

3 Faktor Penyebab Elektabilitas Prabowo Tertinggi

Menurut pangi, apabila Prabowo saat ini tidak menjabat sebagai menhan maka elektabilitas dirinya pastinya sangat kurang sehingga dengan adanya jabatan tersebut bisa membuat dirinya dikenal oleh masyarakat dan hal ini pastinya harus dijadikan batu loncatan oleh Prabowo supaya elektabilitas tetap terjaga.

“Jika beliau tidak menjadi Menteri Pertahanan maka belum pasti juga terjaga dan hal ini menjadi kelebihan beliau. Namun dikarenakan beliau mempunyai posisi tersebut, maka dirinya bisa me-maintain electoral nya dengan baik sehingga elektabilitasnya tetap terjaga,” Tegas Pangi,

Dengan adanya jabatan Menteri Pertahanan maka hal ini membuat Prabowo mempunyai panggung untuk memperlihatkan kinerja dirinya kepada publik Indonesia dan hal ini pastinya menjadi perbincangan publik sehingga publik akan mengingat nama Prabowo Subianto menjadi salah satu sosok yang nantinya bisa dijadikan sebagai calon presiden.

Selanjutnya faktor kedua yang membuat elektabilitas Prabowo semakin di atas yaitu dikarenakan kiprah Prabowo di pentas politik nasional memang sudah lama jika dibandingkan beberapa nama yang lain sebut saja Anies Baswedan sampai Ganjar pranowo.

Walaupun Prabowo selalu kalah dalam pilpres sebelumnya Ketika melawan Presiden Jokowi akan tetapi nama Prabowo akan direkam di benak publik sampai sekarang ini dan jika kembali mencalonkan kemungkinan besar bisa menang.

Faktor ketiga yang membuat elektabilitas Prabowo semakin bagus yaitu solidnya dukungan dari partai Gerindra yang terus mendukung supaya ketua umum mereka tetap menjadi tokoh sentral untuk calon presiden 2024 dan hal ini pastinya sangat penting bagi dunia politik untuk Setia sampai titik penghabisan.

Menurut pangi, apabila Prabowo Subianto jika ingin kembali maju pada pilpres yang akan datang maka dirinya harus menunjukkan kinerja sebagai Menteri Pertahanan dengan tujuan meningkatkan elektabilitas dan memberikan kepercayaan kepada publik jika dirinya adalah sosok yang memang pantas menjadi Presiden.

Seperti diketahui sebelumnya dari survei Survei Saiful Mujani Research & Consulting yang berlangsung pada tanggal 8 sampai 16 desember 2021 apabila Prabowo Subianto mempunyai elektabilitas tertinggi dibandingkan 43 nama calon Presiden di mana Dirinya mendapatkan elektabilitas 19,7 persen dan selanjutnya di posisi kedua adalah Ganjar pranowo yang mendapatkan 19,2 persen.

  • Bagikan