Mengenal Batu Andesit Yang Diperebutkan Warga di Purworejo

  • Bagikan
WadasMelawan
WadasMelawan

HARIAN.ID – Mengenal Batu Andesit Yang Diperebutkan Warga di Purworejo Diketahui apabila batu andesit adalah salah satu sumber daya alam yang sangat berharga dan mempunyai nilai jual yang tinggi sehingga tidak salah apabila batuan tersebut belakangan menjadi viral setelah adanya perselisihan warga yang ada di desa Wadas Kecamatan bener Kabupaten Purworejo Jateng.

Banyak dari netizen yang belum mengetahui tentang batu andesit yang saat ini tengah diperdebatkan oleh warga desa Wadas yang sempat viral di media sosial dimana batuan ini diketahui salah satu batu vulkanik dan terdapat di pegunungan Andes.

Mengenal Batu Andesit Yang Diperebutkan Warga di Purworejo

Selanjutnya batuan unik ini mempunyai kandungan silika dalam jumlah sedang dan mempunyai karakteristik warna abu kehitaman dan mempunyai butir halus yang disebut dengan porfiritik selanjutnya batu ini hampir setara dengan batuan vulkanik diorit yang terdiri atas biotit, plagioklas feldspar, kuarsa dan horenblendem.

WadasMelawan
WadasMelawan

Selanjutnya batuan andesit di dalamnya mengandung 1 maupun banyak mineral ferromagnesium seperti piroksen dan biotit yang memang mempunyai harga jual yang bagus.

Akan tetapi sangat disayangkan belakangan ini salah satu video viral memperlihatkan Bagaimana konflik antar aparat TNI dan polisi bersama warga desa Wadas Kecamatan bener Kabupaten Purworejo langsung menjadi trending dan kejadian tersebut viral di medsos pada hari Selasa 8 Februari 2022.

Dikabarkan konflik antara TNI Polri dan warga setempat yaitu kabarnya andesit yang berasal dari Desa Wadas akan dipakai oleh pemerintah setempat untuk material pembangunan Bendungan benar yang ada di Purworejo. Dan hal ini dilatarbelakangi proyek pemerintah.

Lembaga bantuan hukum Yogyakarta belum lama ini melaporkan aparat gabungan polisi TNI yang saat itu mendatangi warga desa Wadas apalagi di dalam video viral terlihat sangat jelas jika aparat menggunakan senjata lengkap mendatangi desa tersebut dan mulailah muncul beberapa tagar diantaranya #SaveWadas #WadasMelawan.

Yunia witasari selaku peneliti geologi di pusat riset oseanografi memberikan penjelasan terkait batu andesit yang ada di desa Wadas di mana menurutnya batuan tersebut adalah batuan yang berasal dari magma yang keluar dan selanjutnya membeku di luar permukaan dan batu ini mempunyai komposisi silika dan oksida mencapai 68%.

Selanjutnya batuan andesit terbagi atas dua macam diantaranya terbentuk dari pembekuan magma dan yang kedua terbentuk bersama dengan letusan gunung berapi. Selanjutnya untuk batuan andesit yang ada di Purworejo termasuk dalam batuan vulkanik yang bukan Hasil erupsi gunung berapi akan tetapi meleleh perlahan keluar melalui sesar di batuan.

Selanjutnya jenis batuan ini memang menjadi material yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan terutama untuk masalah kebutuhan kontruksi dikarenakan sangat kuat dan banyak juga dijadikan sebagai bahan batu dekorasi dan juga bisa dipakai untuk bahan bangunan.

  • Bagikan