Fakta Jet Tempur Rafale Yang Diborong Menhan Prabowo

  • Bagikan
Jet Tempur Rafale
Jet Tempur Rafale

HARIAN.ID – Fakta Jet Tempur Rafale Yang Diborong Menhan Prabowo Menteri Pertahanan Prabowo Subianto resmi membeli jet tempur rafale yang dibuat oleh negara Perancis yang mempunyai spesifikasi yang sangat keren baik dari segi body dan juga persenjataan yang ada pada jet tempur tersebut dan dan dipastikan akan memperkuat pertahanan Indonesia di kemudian hari.

Jet tempur rafale adalah salah satu zat tempur buatan Perancis yang resmi dibeli oleh menteri pertahanan Indonesia Prabowo Subianto dan tujuan pembelian pesawat tempur ini yaitu untuk memperkuat pertahanan udara Indonesia dari negara lain malahan jet tempur ini menjadi salah satu senjata udara yang pastinya bisa menjaga kedaulatan NKRI.

Negara Indonesia dan Prancis resmi menyepakati aktivasi kontrak pembelian 6 dari total 42 jet tempur rafale buatan Dassault Aviation dengan harga sekitar Rp 116 triliun dan kesepakatan tersebut menjadi salah satu dari 4 kesepakatan yang sudah diteken melalui pertemuan antara menteri pertahanan Indonesia yaitu Prabowo Subianto dan menteri Angkatan Bersenjata Perancis Florence parly tempat di kantor pusat kemenhan RI.

Fakta jet tempur rafale

Ada beberapa fakta yang harus anda ketahui tentang jet tempur rafale buatan Prancis yang dibeli oleh menhan Prabowo Subianto di mana jet tempur buatan Prancis ini diklaim mampu melakukan proyeksi kekuatan dan juga mampu melakukan penyebaran untuk misi eksternal selanjutnya misi serangan dalam dan juga dukungan udara untuk pasukan darat dan bisa dijadikan sebagai kendaraan untuk misi pengintaian.

Selanjutnya jet tempur rafale dapat melakukan serangan pelatihan pilot dan tugas pencegahan nuklir di mana kendaraan tempur ini dilengkapi keserbagunaan yaitu kemampuan menggunakan sistem yang sama Dalam melakukan misi yang berbeda termasuk diantaranya kemampuan bertarung di dalam koalisi atau memakai prosedur umum dan perjanjian standar dan mampu melakukan kolaborasi secara real-time dengan.

Kelebihan lain yaitu di klaim bisa untuk unjuk kekuatan di ketinggian rendah, kecepatan tinggi dan membatalkan misi sampai detik terakhir. Armada tempur buatan negara Perancis tersebut diklaim bisa menjadi proyeksi kekuatan dan penyebaran misi eksternal misi serangan dalam dan menjadi dukungan udara untuk pasukan darat ataupun dijadikan sebagai misi pengintaian sampai pelatihan serangan pilot.

Pesawat ini untuk bagian mesin menggunakan mesin ganda M88-2 buatan SNECMA dan mempunyai kemampuan terbang dengan kecepatan mencapai 1.389 km/jam selanjutnya dari masalah senjata dassault rafale diklaim bisa menggendong berbagai macam senjata perang diantaranya adalah Mica, Magic, Sidewinder, ASRAAM dan rudal.

Walaupun begitu harga jet tempur ini terbilang mahal dan menjadi salah satu zat tempur yang sedikit sulit untuk dioperasikan sebut saja untuk biaya terbang per jam pesawat tempur rafale bisa mencapai harga Rp 253,4 juta.

  • Bagikan