Olahraga Paling Efektif untuk Menurunkan Berat Badan

  • Bagikan
Gerakan Zumba
Gerakan Zumba

Olahraga Paling Efektif untuk Menurunkan Berat Badan. Waktu di rumah hampir habis, meski situasi penularan virus Covid-19 belum sepenuhnya aman. Selama di rumah, mobilitas fisik menurun, dan keluhan kenaikan berat badan menjadi fenomena umum. Olahraga mutlak diperlukan untuk Menurunkan Berat Badan ke angka normal.

Berikut adalah beberapa jenis olahraga yang paling efektif untuk menurunkan berat badan. lakukan secara konsisten dan disertai pola makan yang sehat. Oh ya, kurangi juga stres Anda agar program penurunan berat badan ini bisa berlangsung lebih efektif.

Olahraga Untuk Menurunkan Berat Badan

Lari

Latihan di bawah ini, lari adalah cara tercepat untuk menurunkan berat badan, membakar kalori (10,8-16 kalori/menit), sekaligus meningkatkan kelenturan dan kekuatan tubuh. Karena berlari tidak membutuhkan alat, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Semakin tinggi kecepatannya, semakin tinggi kalori yang terbakar.

Yoga

Yoga restoratif sangat efektif dalam membantu seseorang yang kelebihan berat badan menurunkan berat badan. Latihan yoga yang mengandalkan passive stretching, dengan bantuan beberapa alat untuk membuat gerakan terasa nyaman, bisa dilakukan oleh pemula. Selain membakar kalori, yoga sangat baik untuk menenangkan tubuh dan pikiran.

Lompat tali

Olahraga lompat tali atau lompat tali memang praktis, selain alatnya tidak besar dan mudah disimpan, lompat tali tidak perlu dilakukan di ruangan yang luas. Dapat menguatkan tungkai bawah, selain efektif membakar kalori (7,6-9,8 kalori/menit).

Berjalan kaki

Jalan kaki merupakan olahraga paling sederhana yang dapat membakar kalori (3,1-4,6 kalori/menit). Bisa dilakukan di luar rumah, atau dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Juga sangat populer adalah aturan menurunkan berat badan dengan 10.000 langkah per hari. Gunakan pedometer atau aplikasi di smartphone Anda untuk menghitung aktivitas pergerakan per hari.

Pelatihan Interval Intensitas Tinggi (HIIT)

Latihan yang mencakup beberapa gerakan seperti plank dalam waktu singkat sangat efektif untuk diikuti dalam program penurunan berat badan. Pembakaran kalori berlanjut hingga 24 jam setelah Anda melakukan HIIT. Karena intensitasnya yang tinggi, Anda tidak perlu melakukan latihan ini setiap hari. Cukup 3 kali seminggu.

Bersepeda

Jika Anda tidak mendukung bersepeda di luar ruangan, Anda juga dapat melakukan bersepeda stasioner di rumah. Bersepeda statis dapat membakar kalori (7-10 kalori/menit) secara signifikan jika dilakukan terus menerus selama 30 menit. lakukan latihan interval strategi, yaitu 5 menit pemanasan dengan kecepatan rendah, tingkatkan kecepatan secara bertahap, kurangi kecepatan, dan tingkatkan lagi di menit berikutnya.

Zumba atau Tari Aerobik

Sangat menyenangkan, terutama bagi anda yang menyukai musik dan dance. Selain meningkatkan detak jantung dengan cepat, olahraga rekreasi ini juga dapat membakar kalori (6,6–9,8 kalori/menit) secara efektif. Buka akun Youtube instruktur favoritmu, dan ikuti gerakannya, hanya dari rumah!

Berapa Kalori Yang Terbakar Untuk Olahraga Renang?

Latihan low-impact ini cukup efektif untuk membakar kalori. Cocok untuk Anda yang memiliki masalah persendian atau keterbatasan dalam bergerak. Untuk meningkatkan pembakaran kalori, Anda bisa melakukannya bolak-balik (putaran) nonstop atau sambil menambahkan gerakan aerobik. Kalori (6,6-9,8 kalori/menit) yang terbakar selama 30 menit berenang sama dengan 30 menit jogging.

Latihan beban

Latihan kardio seperti di atas memang bisa diandalkan untuk menurunkan berat badan secara signifikan. Tapi jangan lupa latihan beban yang bisa membangun massa otot yang bisa terus membakar kalori meski kita sedang istirahat, bahkan tidur.

Mendaki

Semakin populer akhir-akhir ini, hiking ke area hijau di luar kota sering dilakukan untuk berolahraga dan menghirup udara segar. Mendaki 1 mil (1,6 kilometer) dapat membakar 175-390 kalori! Latihan di atas akan lebih efektif menurunkan berat badan jika dilakukan dengan menggabungkan latihan kardio, latihan beban, dan mengatur pola makan.

Jangan ngemil, tinggalkan minuman beralkohol, batasi karbohidrat, kurangi makanan tinggi lemak dan gula. Selain itu, tingkatkan asupan makanan yang tinggi serat dan protein untuk meningkatkan massa otot dan proses pembakaran lemak. Demikian artikel tentang olahraga paling efektif untuk menurunkan berat badan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *