Daftar 12 Bahan Pokok Tidak Kena Tarif PPN 11 Persen

  • Bagikan
Tarif PPN 11 Persen
Tarif PPN 11 Persen

HARIAN.ID – Daftar 12 Bahan Pokok Tidak Kena Tarif PPN 11 Persen Belum lama ini pihak kementerian keuangan resmi memberikan pengumuman terkait kenaikan tarif pajak pertambahan nilai atau PPN pada hari ini Jumat 1 April 2022 sehingga ada beberapa produk yang dipastikan akan mengalami kenaikan PPN 11 Persen dan juga ada dari beberapa apa Se mbako atau bahan pokok tidak kena tarif PPN.

Daftar 12 bahan pokok tidak kena tarif PPN 11 Persen yang akan kami bahas pada postingan kali ini supaya bisa memberikan informasi yang akurat dan Kredibel setelah diketahui sebelumnya tepat pada hari Jumat 1 April kementerian keuangan resmi mengumumkan adanya kenaikan tarif pajak pertambahan nilai sebanyak 11%.

Kepala Biro komunikasi dan layanan informasi rahayu Puspasari, memberikan pengumuman apabila pada hari Jumat ini pemerintah resmi menaikkan tarif PPN 11% dari kebijakan reformasi fiskal.

Selanjutnya menurut Rahayu Puspasari, selain adanya kenaikan tarif PPN pemerintah pun menambah lapisan pajak penghasilan orang pribadi untuk pendapatan diatas 5 miliar dan juga pemerintah memperkenalkan pajak karbon dengan implementasi diundur sampai Juli 2022.

Menurut Rahayu apabila seluruh kebijakan ini adalah bagian tidak terpisahkan dari reformasi perpajakan dan juga konsolidasi fiskal sebagai pondasi pada sistem perpajakan yang lebih optimal adil dan berkelanjutan.

Menurut Rahayu tentang masalah penyesuaian tarif PPN 11% merupakan amanat pasal 7 UU No 7 tahun 2021 terkait harmonisasi peraturan perpajakan. Akan tetapi diketahui ada beberapa bahan pokok yang dipastikan tidak mengalami kenaikan PPN dan hal ini akan memberikan sedikit angin segar bagi masyarakat di Indonesia.

Daftar 12 Bahan Pokok Tidak Kena Tarif PPN 11 Persen

Berikut adalah daftar 12 bahan pokok yang dipastikan tidak mengalami kenaikan tarif PPN sebanyak 11% di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. beras,
  2. gabah,
  3. jagung,
  4. sagu,
  5. kedelai,
  6. garam,
  7. daging,
  8. telur,
  9. susu,
  10. buah-buahan,
  11. sayur-sayuran, dan
  12. gula konsumsi.

Selanjutnya menurut Rahayu untuk barang dan jasa tertentu tetap diberikan fasilitas bebas PPN di mana salah satunya jasa yang bebas dari PPN yaitu jasa kesehatan, jasa pendidikan, jasa sosial, jasa keuangan, jasa asuransi, jasa tenaga kerja, sampai jasa angkutan umum.

Selanjutnya untuk masalah vaksin, buku pelajaran dan kitab suci, air bersih termasuk didalamnya biaya sambung pasang dan biaya beban tetap, listrik kecuali untuk rumah tangga dengan daya diatas 6600 VA selanjutnya Rusun sederhana, rumah sakit, sampai rusunami.

Selanjutnya untuk jasa konstruksi yang diperuntukkan rumah ibadah dan jasa konstruksi bencana nasional, mesin, hasil kelautan perikanan, hasil ternak, pakan ikan, and1 pay bahan baku kerajinan perak.

Barang atau jasa tetap tidak kena PPN

Ada juga beberapa barang atau jasa yang dipastikan tetap tidak dikenai kenaikan PPN sehingga membebaskannya diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Semua barang yang merupakan objek pajak daerah diantaranya makanan dan minuman yang disajikan di hotel sampai restoran dan lain sebagainya.
  • Semua jasa yang merupakan objek pajak daerah seperti jasa penyediaan tempat parkir sampai jasa catering
  • Uang emas batangan untuk kepentingan cadangan devisa negara dan surat berharga
  • Jasa keagamaan dan jasa yang disediakan oleh pemerintah.
  • Bagikan