Isu Harga Pulsa Naik Imbas Dari PPN 11 Persen

  • Bagikan
Harga Pulsa Naik
Harga Pulsa Naik

HARIAN.ID – Isu Harga Pulsa Naik Imbas Dari PPN 11 Persen Seperti diketahui apabila pemerintah melalui Kemenkeu atau Kementerian Keuangan dipastikan resmi pada hari ini Jumat 1 April 2022 mengalami kenaikan pajak pertambahan nilai atau PPN dari 10% menjadi 11% dan ternyata banyak dampak yang dirasakan salah satunya adalah isu harga pulsa naik.

Walaupun harga pulsa naik sampai saat ini masih isu dan liar di media sosial yang diduga akibat imbas dari PPN 11 Persen, akan tetapi untuk hal tersebut memang belum ada klarifikasi lengkap dari beberapa provider seperti Telkomsel, tri, indosat, smartfren, dan provider lainnya, namun dugaan kuat di tahun 2022 kemungkinan besar ada kenaikan untuk harga pulsa.

Kebijakan tersebut tertuang pada rancangan undang-undang harmonisasi peraturan perpajakan yang telah disetujui oleh pihak DPR RI dan Selanjutnya menyusul kebijakan ini ternyata operator telekomunikasi yang ada di Indonesia dikabarkan akan menerapkan penyesuaian tarif PPN di beberapa produk dan layanan mereka termasuk salah satunya harga pulsa.

Sehingga dengan hal tersebut maka kemungkinan besar bagi anda para pelanggan selular maka mempersiapkan untuk merogoh kocek lebih dalam supaya Anda bisa menikmati layanan telekomunikasi ini dikarenakan isu harga pulsa naik di pastikan akan ada.

Dikabarkan sejumlah operator telekomunikasi mengaku Apabila mereka telah mengungkapkan rencana kenaikan tarif PPN kepada para pelanggan misalnya saja dari Indosat ooredoo mereka mengatakan, terkait resminya pPN naik 11% dan sudah resmi diberlakukan pada hari ini maka sebagai wajib pajak untuk prinsipnya perusahaan Indosat ooredoo akan mematuhi setiap peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia.

Menurut steve saerang selaku SVP Head of corporate communication Indosat ooredo hutchinson, apabila perusahaan mereka sebelumnya akan melakukan sosialisasi dan edukasi terlebih dahulu kepada semua pelanggan diantaranya dengan mengirimkan SMS notifikasi, informasi di Lembar tagihan bagi para pelanggan postpaid, dan juga melalui jalur komunikasi.

Pemberitahuan tersebut atas akan naiknya harga pulsa dari perusahaan Indosat ooredoo diamini juga oleh perusahaan XL Axiata di mana menurut Tri Wahyuningsih selaku head corporate communication XL Axiata, pihaknya akan mengikuti seluruh aturan dan ketentuan dari pemerintah untuk melakukan penyesuaian pemberlakuan masalah kenaikan pajak PPN dari 10% menjadi 11%.

Sehingga dipastikan untuk XL Axiata akan ada kenaikan tarif untuk pulsa akan tetapi pihaknya akan memberikan informasi terlebih dahulu kepada semua pelanggan dan juga semua Mitra bisnis jika terhitung mulai tanggal 1 April maka Seluruh aktivitas transaksi bisnis yang dilakukan XL Axiata akan memberlakukan nilai PPN 11%.

Bukan hanya dari 2 operator itu saja, perusahaan Telkomsel dikabarkan akan mengikuti keputusan pemerintah untuk menaikkan tarif PPN menjadi 11% dan Hal ini diungkapkan oleh Saki H. Bramono, selaku Vice President corporate communication Telkomsel dimana perusahaan Telkomsel yang menjadi perusahaan yang mengedepankan good corporate governance dipastikan akan selalu mematuhi semua kebijakan yang sudah resmi ditetapkan pemerintah termasuk penyesuaian pPN.

Malahan menurut saki, apabila perusahaan Telkomsel semenjak tanggal 8 Maret 2022 sudah memberikan informasi kepada para pelanggan dan memberikan sosialisasi melalui SMS notifikasi akan adanya kenaikan di sejumlah layanan mereka seperti harga pulsa naik.

  • Bagikan