Fungsi ATM, Jenis, dan Manfaatnya Yang Jarang Diketahui

  • Bagikan
Fungsi ATM
Fungsi ATM

HARIAN.ID – Fungsi ATM, Jenis, dan Manfaatnya Yang Jarang Diketahui ATM merupakan sebuah singkatan yang berasal dari anjungan tunai Mandiri dan untuk bahasa Inggrisnya kepanjangan dari ATM adalah Automatic Teller Machine, dimana ATM merupakan salah satu teknologi sistem informasi yang dipakai oleh bank untuk memberikan kemudahan dalam transaksi pengambilan uang dan lain sebagainya. Ada beberapa fungsi ATM jenis ATM dan manfaat ATM yang mungkin belum Anda ketahui.

Fungsi ATM sampai jenis ATM akan kami bahas pada penjelasan kali ini supaya Anda lebih memahami lebih mendalam dari anjungan tunai Mandiri tersebut malahan untuk Bank Indonesia lebih sering memakai istilah ATM sebagai teknologi sistem informasi apalagi ATM adalah salah satu fasilitas dari bank yang memungkinkan kepada seluruh nasabah untuk melakukan layanan sendiri.

Fungsi ATM
Fungsi ATM

Pengertian ATM diartikan sebagai konsep proses data berbasis digital yang mempunyai dua bagian diantaranya perangkat keras atau hardware dan perangkat lunak atau software. Selanjutnya untuk perangkat keras ATM didalamnya terdiri dari unit pemroses dalam hal tersebut adanya system device interface yang menghubungkan pengguna melalui suatu kartu magnetik.

Selanjutnya perangkat lunak ATM mempunyai fungsi sebagai interface yang menghubungkan pengguna dengan sistem didalam data atau informasi.

Selanjutnya pengertian kartu ATM adalah kartu yang dipakai untuk penarikan tunai baik di konter-konter maupun di seluruh jaringan ATM dan selanjutnya di dalam kartu ATM terdapat magnetic stripe atau sekarang menggunakan chip yang berfungsi sebagai identitas.

Jenis ATM

Berikut adalah beberapa jenis ATM yang harus kalian ketahui diantaranya adalah:

ATM tunai

Untuk jenis ATM tunai merupakan mesin ATM yang memberikan layanan untuk penarikan uang secara tunai atau langsung dan jenis ATM ini banyak dijumpai di berbagai lokasi strategis dikarenakan memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

ATM setor tunai

Selanjutnya untuk ATM setor tunai merupakan jenis ATM yang memungkinkan kepada nasabah untuk menyetorkan uang ke rekening tertentu dan untuk jenis ATM ini biasa disebut dengan cash deposit machine yang membantu kepada nasabah tanpa harus mengantri di teller bank.

ATM non tunai

Selanjutnya jenis ATM ini yaitu ATM yang mempunyai layanan khusus untuk transaksi non tunai saja diantaranya transfer uang pembelian token pembelian pulsa dan lain sebagainya.

Fungsi ATM

Sebetulnya untuk awalnya penggunaan ATM hanya berfungsi membantu kepada nasabah dalam melakukan penarikan uang tunai selanjutnya pada awal kemunculannya ATM berfungsi sebagai peminjam uang dimana pengguna dapat menunjang uang dari mesin ATM tanpa harus pergi ke bank ataupun membutuhkan uang di luar jam operasi bank.

Namun ada beberapa fungsi ATM yang lain diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menarik uang tunai selama 24 jam
  2. Menyetor uang ke rekening tabungan
  3. Melakukan pengiriman uang
  4. Pembayaran tagihan rutin
  5. Pembelian produk lain atau untuk produk perbankan

Manfaat ATM

Untuk pelayanan ATM mempunyai manfaat yang sangat berharga di antaranya adalah:

  • Tempat penarikan uang tunai yang bisa dilakukan selama 24 jam penuh
  • Dapat digunakan sebagai tempat memasang buku cek dan bilyet Giro
  • Dapat dipakai sebagai tempat untuk meminta rekening koran
  • Dapat dipakai sebagai tempat Mengecek saldo rekening nasabah
  • Para pengguna dapat melakukan pelayanan sendiri
  • Transaksi dapat dilakukan perbankan tunai dan non tunai tanpa harus mendatangi kantor cabang
  • Nasabah bisa melakukan transaksi perbankan tanpa adanya batasan waktu dikarenakan ATM beroperasi selama 24 jam penuh.
  • Bagikan