Tips Merawat Kaki Retak Agar Tetap Sehat

  • Bagikan
Tips Merawat Kaki Retak Agar Tetap Sehat

Tips Merawat Kaki Retak Agar Tetap Sehat- Penyebab Kaki Retak dan Cara Mengatasinya Kaki pecah adalah suatu kondisi yang dipicu oleh sejumlah penyebab. Kaki pecah-pecah tentu saja menimbulkan rasa tidak nyaman. Berikut ini adalah penyebab kaki pecah-pecah dan cara mengatasinya yang perlu Anda ketahui agar kaki Tetap Sehat.

Penyebab Kaki Pecah Sebelum menjelaskan tentang obat kaki pecah-pecah, perlu diketahui bahwa kaki pecah-pecah adalah akibat dari kulit kering dan kulit menebal. Selain menyebabkan warna kuning atau coklat pada bagian tepi tumit, kondisi yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan infeksi.

Dalam dunia medis, kaki pecah-pecah umumnya dikaitkan dengan kapalan. Akibat tekanan berat badan yang terus menerus, lama kelamaan kapalan akan melebar ke samping sehingga menyebabkan tumit pecah-pecah.

Kondisi ini dapat mempengaruhi permukaan kulit, yang terdiri dari epidermis, dan terkadang dapat menembus jauh ke dalam dermis dan menyebabkan rasa sakit. Selain beberapa penyebab kaki pecah-pecah seperti di atas, faktor lain yang bisa menjadi penyebabnya, antara lain:

  • Kondisi Fisik
  • Sabun Kulit
  • Kondisi Medis Diabetes, hipotiroidisme, dan malnutrisi
  • Cuaca Dingin

Bagaimana cara mengatasi kaki yang retak?

Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah Perawatan mudah pertama untuk kaki pecah-pecah adalah dengan merendam kaki dalam air hangat selama 10 menit. Setelah berendam, Anda bisa membersihkan telapak kaki yang pecah-pecah. Cara ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati.

Selain itu, penggunaan petroleum jelly kemudian membungkusnya dengan kaus kaki berbahan katun dapat menjaga kelembapan kulit kaki. Cara ini sebaiknya dilakukan secara rutin selama beberapa hari. Berikut ini adalah obat kaki pecah-pecah lainnya yang dapat Anda gunakan, di antaranya:

1. Pelembab

Obat pertama untuk kaki pecah-pecah yang bisa digunakan adalah pelembab khusus untuk mengatasi kaki pecah-pecah. Pada umumnya pelembap mengandung bahan untuk melembutkan dan mengangkat kulit mati.

Gunakan pelembab yang mengandung bahan-bahan berikut: Urea (Flexitol Heel Balm). Asam salisilat (Kerasal). Asam alfa-hidroksi (Amlaktin). Sakarida isorat. Beberapa pelembab dapat menyebabkan kulit panas atau iritasi ringan, tetapi ini normal.

Konsultasikan dengan dokter jika penggunaan obat kaki pecah-pecah ini tidak menyelesaikan situasi, tetapi malah menyebabkan reaksi alergi yang parah. Pada kasus yang parah, obat kaki pecah-pecah yang bisa digunakan adalah resep krim steroid untuk mengurangi peradangan dan mengurangi rasa gatal.

2. Madu

Selain obat medis, obat kaki pecah-pecah alami yang bisa digunakan adalah madu. Menurut penelitian, madu memiliki sifat antimikroba dan antibakteri. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa madu dapat menyembuhkan dan membersihkan luka serta melembabkan kulit. Anda bisa menggunakan madu sebagai lulur tubuhki setelah berendam, atau mengaplikasikannya sebagai masker kaki sebelum tidur.

3. Minyak kelapa

Obat pecah pecah alami berikutnya yang pasti adalah minyak kelapa. Minyak kelapa dapat membantu kulit mempertahankan kelembapan. Sifat anti-inflamasi dan antimikroba dari minyak kelapa dapat mengatasi kaki pecah-pecah jika telapak kaki rentan terhadap perdarahan atau infeksi.

4. Menggunakan Keratolytic

pada Kulit yang Menebal Saat kulit pada telapak kaki menebal, Anda bisa mengoleskan keratolytic untuk melunakannya. Senyawa keratolitik adalah yang memecah lapisan luar kulit dan dapat mengurangi ketebalan plak psoriatik.

Kelas senyawa ini termasuk asam salisilat. Proses ini memungkinkan kulit terjaga kelembapannya. Contoh keratolitik meliputi: Asam alfa hidroksi, seperti asam laktat dan asam glikolat. Asam salisilat. Urea.

5. Menggosok Kulit dengan Batu Apung

Menggosok batu apung dengan lembut pada tumit atau kulit pecah–setelah kulit dilembapkan–dapat membantu mengurangi kapalan. Anda harus memperhatikan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

6. Menggunakan Perban Cair

Perban cair bisa lapisan pelindung pada kulit yang retak, mengurangi rasa sakit, dan mencegah kuman memasuki luka. Nah, itulah beberapa obat kaki pecah yang bisa Anda coba. Perlu diketahui jika kondisi kaki mengalami pecah pecah yang sangat parah. Demikian penjelasan dari saya tentang tips merawat kaki retak agar Tetap Sehat semoga bermanfaat, terimakasih.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *