Akhir Puasa Syawal 2022 Yang Wajib Kamu Ketahui

  • Bagikan
Akhir Puasa Syawal 2022
Akhir Puasa Syawal 2022

HARIAN.ID – Akhir Puasa Syawal 2022 Yang Wajib Kamu Ketahui Apabila Sebelumnya kami telah membahas tentang niat puasa Syawal dan manfaat atau pahala bagi mereka yang melaksanakan puasa sunah tersebut, maka bagi kalian yang saat ini belum berpuasa akan tetapi belum mengetahui akhir puasa Syawal 2022, maka alangkah baiknya untuk membaca artikel kami berikut ini dikarenakan kalian bisa mengetahui terkait batas dari akhir puasa Syawal.

Akhir puasa Syawal memang banyak sekali masyarakat Indonesia yang belum paham dan pada artikel kali ini setelah kami memposting niat puasa Syawal maka anda pun pastinya harus tahu kapan berakhirnya puasa Syawal tersebut supaya kalian bisa tepat melaksanakan ibadah sunnah.

Akhir Puasa Syawal 2022

Diketahui apabila puasa Syawal menjadi puasa sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk dikerjakan selama 6 hari usai lebaran dan untuk batas akhir puasa Syawal 2022 hal tersebut disampaikan oleh Baginda Rasulullah SAW melalui hadis riwayat Imam muslim yang mengisahkan Abu Ayub alam Sari berbicara apabila Rasulullah SAW berpuasa selama Ramadan dan selanjutnya puasa di bulan Syawal sebanyak 6 hari.

Di dalam hadis rasulullah yang artinya: Dia yang berpuasa selama bulan Ramadan dan selanjutnya melanjutkan puasa 6 hari dibulan Syawal maka akan seperti orang yang melakukan puasa secara terus menerus. HR muslim.

Apabila berbicara tentang salah satu hadis diatas maka bisa dihitung jika batas akhir puasa Syawal yaitu hanya dilakukan selama 6 hari sehingga kalian pun bisa menghitung sendiri dikarenakan awal puasa yaitu kalian lakukan di hari ketiga bulan Syawal.

Selanjutnya salah satu hadis yang diriwayatkan oleh imam muslim mengatakan apabila umat muslim tidak boleh puasa pada tanggal 1 Syawal ataupun tanggal 2 Syawal dan selanjutnya sangat dianjurkan melaksanakan puasa sunnah Syawal yaitu pada hari ketiga sampai 6 hari selanjutnya dan harus pada bulan Syawal.

Sehingga dipastikan apabila akhir puasa Syawal yaitu sampai tanggal 30 Syawal namun yang paling afdhol dilaksanakan tepat pada hari ke-3 di bulan syawal dan kalian bisa melakukan secara terus-menerus, atau puasa seperti Nabi Daud yang penting tidak boleh melebihi dari tanggal di bulan Syawal.

Tata cara puasa Syawal

Berikut adalah tata cara bagaimana melakukan puasa Syawal yang mungkin belum Anda ketahui dan untuk informasinya adalah sebagai berikut:

Membaca niat

Niat puasa Syawal sangat direkomendasikan pada malam hari atau sebelum sahur dan apabila seseorang lupa maka diperbolehkan niat pada siang hari dan selanjutnya untuk niat puasa Syawal adalah sebagai berikut: “Nawaitu shauma ghadin ‘an adaa’i sunnatis Syawwali lillaahi ta’ala.” atau kalian bisa membaca postingan kami sebelumnya.

Melaksanakan 6 hari

Sangat recommended bagi kalian yang ingin berpuasa Syawal maka bisa dilakukan 6 hari penuh dan kalian bisa melakukan puasa mulai dari tanggal 2 Syawal ataupun tanggal 3 Syawal dan bisa dilakukan secara terus-menerus atau puasa seperti Puasa Daud akan tetapi jangan sampai melebihi dari bulan Syawal.

 

  • Bagikan