Penyakit Hepatitis Akut Misterius Pada Anak Ternyata Dari Makanan

  • Bagikan
Penyakit Hepatitis Akut
Penyakit Hepatitis Akut

HARIAN.ID – Penyakit Hepatitis Akut Misterius Pada Anak Ternyata Dari Makanan Belakangan ini salah satu kasus yang sangat menggemparkan dan misterius di mana sejumlah anak berusia 16 tahun terserang penyakit hepatitis akut yang tidak diketahui asal-usulnya sehingga membuat beberapa anak tersebut meninggal dunia dan dan masyarakat di tanah air langsung mendadak heboh dan ketakutan atas merebaknya penyakit tersebut.

Penyakit hepatitis akut menyerang beberapa anak berusia 16 tahun dan disebut sebagai penyakit misterius, akan tetapi belum lama Ini Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan langsung memberikan penjelasan kepada awak media supaya masyarakat Tetap tenang atas penyakit misterius ini. Menurut Menkes jika Penyakit ini untuk penyebabnya sudah diketahui dan untuk penyebaran penyakit hepatitis akut diketahui menular melalui asupan makanan atau melalui mulut.

Penyakit Hepatitis Akut Misterius Pada Anak

Menkes meminta kepada masyarakat Indonesia untuk selalu rajin mencuci tangan sebelum makan ataupun aktivitas ketika ingin memasukkan sesuatu ke area mulut dan selanjutnya memastikan tentang kebersihan dari makanan yang masuk ke area mulut tersebut.

Diketahui sebelumnya Apabila penyakit hepatitis akut misterius menyerang anak usia dibawah 16 tahun dimana menurut Budi Gunadi Sadikin yang perlu diperhatikan oleh orang tua dan juga anak terutama masyarakat yang ada di Indonesia, apabila penyakit ini menular melalui virus yang ditularkan dari asupan makanan yang melewati mulut dan salah satu cara terbaik untuk menanggulanginya yaitu rajin mencuci tangan, apapun yang berkaitan dengan barang yang ingin masuk ke dalam mulut harus bersih, dan Hal inilah yang harus diperhatikan.

Selanjutnya Menkes memberikan beberapa ciri penyakit hepatitis akut diantaranya ditandai dari munculnya demam dan tingginya indikator SGOT dan SGPT dimana untuk normalnya yaitu sampai 30.

Selanjutnya pihak Kementerian Kesehatan sekarang ini sudah melakukan koordinasi dengan pusat pengendalian dan pencegahan penyakit amerika Serikat dan juga Inggris terkait penyakit hepatitis akut yang belakangan marak terjadi malahan sudah ada korban meninggal dunia dan kebanyakan yang diserang adalah anak berusia dibawah 16 tahun.

Menkes budi menegaskan apabila sekarang ini Indonesia sedang bekerjasama dengan WHO dan juga Amerika beserta Inggris yang bertujuan mendeteksi penyebab hepatitis akut yang sesungguhnya dikarenakan kemungkinan besar jika penyakit misterius ini disebabkan oleh adenovirus strain 41 akan tetapi ada juga kasus yang bukan disebabkan oleh virus tersebut.

Namun Menteri Kesehatan hanya bisa memberikan instruksi kepada seluruh masyarakat untuk tetap tenang dan selanjutnya menjaga kesehatan area tangan dan mulut seperti ketika ingin makan mencuci tangan terlebih dahulu dan menggunakan barang yang memang bersih.

  • Bagikan