Daftar 5 Pj Gubernur Yang Dipilih Presiden Jokowi

  • Bagikan
Pj Gubernur
Pj Gubernur

HARIAN.ID – Daftar 5 Pj Gubernur Yang Dipilih Presiden Jokowi PJ Gubernur sebanyak 5 orang pejabat resmi dipilih oleh Presiden Jokowi dan Menteri Dalam Negeri Tito karnavian di mana kelimanya untuk menggantikan pejabat Gubernur definitif yang resmi habis masa jabatan di 5 provinsi. Kelima PJ Gubernur tersebut akan dilantik pada hari ini Kamis 12 Mei oleh Tito karnavian bertempat di Kantor Kementerian Dalam Negeri yang ada di Jakarta.

PJ gubernur yang dipilih oleh Presiden Jokowi bersama Mendagri Tito karnavian nantinya akan bertugas untuk mengisi gubernur definitif yang sudah habis masa jabatan dan selanjutnya akan dilantik pada hari ini Kamis 12 Mei.

PJ Gubernur nantinya akan dilantik untuk mendatangkan Gubernur definitif di 5 wilayah yang akan berakhir masa jabatan pada bulan Mei 2022 dan selanjutnya untuk penunjukan pejabat Gubernur di lima daerah tersebut dilakukan supaya tidak terjadi adanya kekosongan kekuasaan sehingga masyarakat diabaikan.

Ada lima provinsi yang nantinya akan dipimpin oleh 5 PJ gubernur yang resmi dipilih oleh Tito karnavian dan Presiden Jokowi diantaranya adalah provinsi Kepulauan Bangka Belitung, provinsi Banten, provinsi Sulawesi Barat, provinsi Papua Barat, dan provinsi Gorontalo.

Daftar 5 Pj Gubernur Yang Dipilih Presiden Jokowi

Selanjutnya Berikut ini adalah daftar 5 PJ gubernur yang akan dilantik pada hari ini oleh Menteri Dalam Negeri Tito karnavian di Jakarta.

  1. Paulus Waterpauw yang saat ini bekerja sebagai Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan di Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) akan dilantik menjadi pejabat Gubernur Papua Barat.
  2. Al Muktabar yang sekarang menjabat Sekretaris daerah Banten akan dilantik menjadi gubernur banten.
  3. Akmal Malik yang saat ini menjabat sebagai Direktur Jenderal otonomi daerah Kementerian Dalam Negeri akan menjadi pejabat Gubernur Sulawesi Barat.
  4. Hamka Hendra Noer yang berprofesi sebagai staf ahli bidang budaya sportivitas Menteri Pemuda dan Olahraga akan menjadi pejabat gubernur Gorontalo.
  5. Ridwan Jamaludin ya saat ini berprofesi sebagai Direktur Jenderal mineral dan batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral diangkat sebagai pejabat gubernur untuk Bangka Belitung.

Selanjutnya kastorius Sinaga selaku staf khusus Mendagri memberikan informasi dan membenarkan terkait daftar PJ gubernur yang akan dilantik pada hari ini di mana menurutnya apabila pelantikan akan berlangsung pada jam 8.00 WIB bertempat di Kantor Kementerian Dalam Negeri yang ada di Jakarta.

Seperti diketahui sebelumnya Apabila Presiden Jokowi meminta jajarannya untuk mempersiapkan pejabat pengganti Gubernur Bupati dan juga walikota yang masa jabatan habis di tahun ini dan Presiden Jokowi menegaskan Ada sekitar 101 pengganti kepala daerah yang harus disiapkan dengan rincian 7 gubernur, 76 Bupati dan sebanyak 18 walikota.

  • Bagikan