Mengenal Agama Tentatif Yang Viral di Medsos

  • Bagikan
Agama Tentatif
Agama Tentatif

HARIAN.ID – Mengenal Agama Tentatif Yang Viral di Medsos Media sosial sekarang ini Tengah Dihebohkan Tentang pembahasan salah satu agama yaitu agama tentatif di mana banyak yang belum mengetahui terkait permasalahan ini malahan menimbulkan kontroversi di kalangan warganet dan menimbulkan perdebatan terkait tentatif.

Banyak dari netizen yang membahas agama tentatif malahan banyak juga dari mereka yang belum mengetahui tentang fakta agama tentatif dan Mereka bertanya terkait maksud tentatif dan ingin mengetahui penjelasan agama tentatif.

Mengenal Agama Tentatif Yang Viral di Medsos

Salah satunya netizen di media sosial Twitter dengan akun howtodresvvell langsung bertanya melalui akun medsos miliknya terkait Apa yang dimaksud agama tentative dikarenakan dirinya sangat tidak mengetahui apalagi ternyata saat ini tengah viral dan trending.

Salah satu keterangan melalui website Fib.unair.ac.id karya Muhammad Hambali s h i m e melalui kuliah MKWU agama Islam Unair Surabaya di dalam PowerPoint nya ia memberikan pengertian agama tentatif secara detail.

Kata agama adalah terjemahan dari kata bahasa Arab الدين app di mana artinya menguasai menundukkan dan religi dalam bahasa Latin yang dalam satu pendapat berasal dari kata religare yang mempunyai arti membaca dan mengumpulkan.

Selanjutnya kata agama adalah berasal dari bahasa Sansekerta yang dalam satu pendapat sebagaimana Harun Nasution mengungkapkan yaitu tersusun dari dua suku kata diantaranya A yang mempunyai arti tidak dan selanjutnya katak GAM yang mempunyai pergi.

Apabila melihat penjelasan dari Harun Nasution terkait agama maka secara bahasa artinya sesuatu yang tetap atau tetap ditempat dan oleh karena itu dari definisi hal tersebut sangat wajar jika agama mempunyai sifat diwarisi secara turun-temurun.

Selanjutnya Ada pendapat lain yang menyatakan apabila agama berarti Teks atau kitab suci dan memang setiap agama mempunyai kitab suci yang berbeda satu dengan yang lain.

Apabila melihat dari bahasa Arab yaitu Din maka mempunyai arti yang sempit yaitu undang-undang hukum dan selanjutnya dalam bahasa Arab kata tersebut mempunyai makna menguasai selanjutnya menunjukkan patuh balasan sampai kebiasaan.

Selanjutnya apabila melihat dari definisi tersebut maka dipastikan di dalam agama membawa peraturan yang merupakan hukum dan juga agama sebagaimana dalam bahasa Arab mempunyai sifat menguasai diri seseorang untuk tunduk dan patuh pada Tuhan dengan menjalankan ajaran sesuai agama.

Selanjutnya tentatif dari Kamus Besar Bahasa Indonesia diambil dari kata Tentatif/ten·ta·tif/ /téntatif/: Yang mempunyai pengertian belum pasti atau masih dapat berubah ataupun ada arti yang lain yaitu sementara waktu penonaktifan nya hanya bersifat.

  • Bagikan