Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris

  • Bagikan
Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris

Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris – Penggunaan sebuah komputer dalam kehidupan sehari-hari bukanlah hal yang baru. Meski smartphone saat ini mampu melakukan banyak hal terkait data digital, namun kehadiran laptop atau komputer tetap dibutuhkan untuk banyak hal. Seperti pekerjaan misalnya. Komputer adalah sebuah mesin yang membutuhkan perawatan agar tetap berjalan dengan baik.

 Namun, meski sudah kita rawat dengan baik, terkadang laptop mengalami kerusakan yang tentunya sangat mengganggu. Salah satu kerusakan yang mungkin Anda alami adalah masalah pada layar monitor. Ciri-ciri layar laptop yang rusak bisa dilihat dari tampilan layar yang berwarna biru, guratan-guratan hingga gelap gulita meskipun laptop dalam kondisi hidup.

Nah, berikut ini cara Mengatasi Layar Laptop bergaris. Biasanya ada 2 jenis yang muncul di layar laptop yaitu bergaris. Yang pertama berupa sebuah garis lurus yang memanjang secara vertikal dengan warna hitam atau putih halus dan tidak bergerak. Gangguan dengan karakteristik tersebut biasanya disebabkan oleh kerusakan pada beberapa bagian panel layar LC.

Yang kedua berupa garis bergelombang yang memanjang mendatar dan bergerak naik turun atau berupa garis kecil yang muncul secara acak. Gangguan pada karakteristik ini dapat terjadi karena masalah pada kabel panel LCD, VGA, VRAM atau perangkat keras lain yang mempengaruhi LCD. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi Layar Laptop Bergaris.

Bagaimana Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris?

Menggunakan Perbaikan Piksel

Kerusakan pada panel LCD dapat ditunjukkan dengan garis lurus hitam atau putih yang mulus dan tidak bergerak, hal ini disebabkan oleh adanya dead pixel. Dead Pixel bisa terjadi karena cacat bawaan pada panel display sejak komputer dibeli, atau bisa juga disebabkan oleh masalah lain seperti tekanan pada layar yang terlalu keras.

Pixel Repairer adalah perangkat lunak pendeteksi piksel mati untuk pengguna OS Windows. Selain bisa mendeteksi dead pixel, software ini juga bisa membantu Anda memperbaikinya. Jadi Anda tidak perlu repot membongkar layar.

Memeriksa kabel Flex layar

Kabel fleksibel yang menghubungkan layar dan motherboard terkadang crash atau rusak. Kemudian periksa sambungan kabel, pastikan sudah terpasang dengan benar. Coba sambungkan laptop ke layar monitor eksternal, jika masih muncul garis-garis, berarti yang rusak bukan kabel layarnya, bukan juga panel layarnya. Bisa saja terjadi kerusakan karena masalah pada komponen seperti RAM, VGA atau terkadang pada harddisk.

Memeriksa RAM, VGA atau Hard Drive

Cara cek ram, buka dan bersihkan pin menggunakan penghapus putih bersih. Setelah itu pasang kembali dengan benar. Jika ada 2 slot Ram, maka cobalah untuk memindahkannya. Jika tidak berhasil, coba pasang RAM lain, jika garis-garis di monitor sudah hilang berarti penyebabnya adalah kerusakan RAM. Jika garis masih muncul, maka lanjutkan dengan memeriksa VGA.

Jika VGA dilepas, coba bersihkan pin dan lakukan hal yang sama seperti membersihkan RAM. Periksa kondisi hardisk jika rusak, atau jika kabel hardisk rusak atau tidak terpasang dengan baik, juga dapat menyebabkan layar bergaris. Anda bisa mengeceknya dengan mengganti kabel harddisk atau memasang harddisk lain untuk memastikan.

Memperbarui Driver VGA

Driver yang lama tidak diupdate juga bisa menyebabkan munculnya garis-garis di layar laptop. Hal ini disebabkan tidak adanya sinkronisasi antara driver VGA lama dan program baru. Nah, untuk mengatasinya kamu bisa mendownload driver VGA terupdate untuk laptop kamu yang biasanya disediakan oleh website resmi vendor VGA. Demikian ulasan tentang Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris semoga bermanfaat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *