Cacar Monyet Alias Monkeypox Sedang Mewabah di Dunia

  • Bagikan
Cacar Monyet
Cacar Monyet

HARIAN.ID – Cacar Monyet Alias Monkeypox Sedang Mewabah di Dunia Belum lama ini salah satu kasus yang patut diperhatikan oleh bangsa Indonesia yaitu cacar monyet atau dikenal dengan sebutan monkeypox dimana Penyakit ini menjadi salah satu penyakit langka dan berbahaya dan sudah ditemukan di berbagai negara dan belum lama ini dilaporkan terjadi di negara Inggris Spanyol dan Portugal.

Cacar monyet atau monkeypox adalah wabah penyakit yang sangat berbahaya dan patut diwaspadai oleh seluruh masyarakat di Indonesia apalagi diketahui jika wabah tersebut dikabarkan semakin meningkat di berbagai penjuru dunia dan yang paling banyak terjadi di Afrika barat dan Afrika Tengah dan selanjutnya dikabarkan sudah sampai ke negara Spanyol Portugal dan negara Inggris.

Cacar Monyet Alias Monkeypox Sedang Mewabah di Dunia

Seperti dikutip dari laman reuters apabila penyakit monkeypox adalah virus yang mengakibatkan gejala demam dan ruam bergelombang yang mempunyai ciri khas dan biasanya ringan dan selanjutnya terbagi atas dua jenis utama diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Jenis Kongo merupakan cacar yang paling parah dengan tingkat kematian sampai 10%
  2. Jenis Afrika Barat merupakan cacar yang mempunyai tingkat kematian lebih dari 1%.

Selanjutnya untuk beberapa kasus di negara Inggris sudah dilaporkan sebagai strain Afrika Barat dan Hal ini diungkapkan oleh Jimmy Whitworth selaku Profesor ahli kesehatan masyarakat dari internasional di London School of Hygiene and Tropical Medicine yang menegaskan apabila secara historis ada sangat sedikit kasus yang diekspor hanya terjadi 8 kali di masa lalu sebelum tahun ini.

Selanjutnya menurut Profesor tersebut apabila kasus ini sangat tidak biasa dan menjadi wabah langka dan selanjutnya dikabarkan di negara Portugal telah tercatat terjadi 5 kasus yang dikonfirmasi dan Spanyol Tengah menguji sebanyak 23 kasus potensial padahal sebelumnya tidak ada negara yang melaporkan kasus tersebut.

Cara penularan cacar monyet

Harus kalian ketahui Untuk penularan dari virus cacar monyet yaitu menyebar melalui kontak dekat baik dari Inang hewan dan lebih jarang di antara manusia.

Selanjutnya cacar tersebut pertama kali ditemukan pada monyet di tahun 1958 dan Karena itulah disebut dengan cacar monyet walaupun hewan pengerat sekarang dipandang menjadi sumber utama dari penularan.

Selanjutnya penularan untuk kali ini memang sedikit membuat bingung para ahli dikarenakan sejumlah kasus di negara Inggris pada 18 Mei ternyata tidak diketahui saling berhubungan dan hanya kasus pertama Yang dilaporkan pada 6 Mei yaitu orang yang terkena cacar monyet sudah bepergian ke nigeria.

Sehingga dengan demikian para ahli sudah memperingatkan kepada siapa pun terkait penularan penyakit cacar monyet supaya tidak meluas dan memang hal ini sangat berbahaya malahan WHO memberikan peringatan kepada masyarakat di dunia untuk tetap waspada dengan penyakit.

Malahan Belum lama ini ada peringatan dari badan keamanan kesehatan Inggris terkait kasus terbaru dimana sebagian besar terjadi di antara pria yang teridentifikasi sebagai lgbt di mana mereka berhubungan seks dengan pria dan pria dan terjadilah penyakit cacar monyet.

Negara Portugal sudah mencatatkan 5 kasus cacar monyet yang dikonfirmasi dan selanjutnya negara Spanyol sedang melakukan pengujian terhadap 23 kasus potensial di mana penyakit monkeypox saat ini membuat ahli biologi waspada dikarenakan termasuk dalam keluarga cacar walaupun menyebabkan penyakit yang memang kurang serius.

  • Bagikan