Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

  • Bagikan

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop – Pernahkah Anda mengalami masalah keyboard laptop yang tidak berfungsi secara tiba-tiba? Tentu hal ini sangat tidak nyaman dan bisa membuat panik. Apalagi jika deadline sudah di depan mata. Jika hal ini terjadi, tidak perlu khawatir karena saat ini ada banyak cara untuk Memperbaiki Keyboard Laptop.

Keyboard memang memiliki peran yang sangat penting, sehingga jika tidak berfungsi dengan baik akan menghambat pekerjaan. Biasanya, kerusakan keyboard dari perangkat lunak dan perangkat keras. Untuk itu, setelah mengetahui sumber masalahnya, perlu segera memperbaikinya dengan beberapa cara sebagai berikut:

Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Dua hal yang dapat menyebabkan keyboard tidak berfungsi, yaitu pada perangkat lunak atau perangkat keras. Pertama-tama kita harus menentukan di mana kerusakannya. Kepastian ini sangat penting, karena ini akan menentukan penanganan seperti apa yang harus dilakukan nantinya pada keyboard.

Cara mengecek keyboard sangat mudah dengan mengakses BIOS pada laptop. Jika Anda bisa masuk menggunakan keyboard, maka masalahnya kemungkinan besar ada di perangkat lunak. Jika tidak, maka kemungkinan besar kerusakan ada pada hardware.

Bagaimana Cara Memperbaiki Keyboard Laptop?

Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

1. Perbaiki Driver Keyboard

Keyboard yang tidak berfungsi dapat disebabkan oleh driver keyboard yang tidak mutakhir. Atau jika tidak, bisa jadi karena keyboard tidak responsif. Untuk mengetahuinya, kita bisa mengeceknya dengan cara berikut ini:

  • Klik Start Menu dan klik tombol Control Panel.
  • Klik Sistem dan Keamanan, lalu klik Pengelola Perangkat.
  • Pilih menu keyboard dan di sana Anda akan menemukan menu driver di bagian bawah.

Jika pada menu driver terdapat segitiga berwarna kuning dengan tanda seru di bagian dalam keyboard, berarti keyboard laptop tersebut dalam keadaan kacau. Jika sudah, segera update driver keyboard yang kita miliki melalui website resmi produsen laptop dan segera update.

2. Periksa Num Lock

Keyboard yang tidak berfungsi dengan baik terkadang tidak sengaja disebabkan oleh kita. Salah satu yang paling umum adalah diaktifkan dengan menekan kombinasi tombol tertentu. Saat num lock aktif, karakter yang keluar biasanya berbeda dengan tombol yang ditekan.

Untuk mematikan num lock, silahkan tekan tombol Fn + NumLk secara bersamaan. untuk beberapa jenis laptop, menekan Caps Lock+NumLk juga bisa mematikannya. Silakan hubungi customer support dari produsen laptop untuk mengetahui cara mematikan Num Lock jika kedua kombinasi di atas tidak berhasil.

3. Pulihkan Windows

Jika keyboard mengalami masalah setelah mengubah pengaturan atau menginstal aplikasi baru, Anda dapat menyelesaikannya dengan memulihkan Windows. Dengan begitu, kemungkinan besar keyboard akan bisa berfungsi kembali. Untuk mengembalikan windows, berikut langkah-langkahnya:

  • Klik Start Menu dan pilih menu Control Panel.
  • Klik System and Security, lalu klik menu Backup your computer.
  • Klik Buka Pemulihan Sistem.
  • Tunggu hingga proses reboot selesai.

Jika kerusakan keyboard disebabkan oleh kegagalan sistem, keyboard harus dapat berfungsi kembali setelah proses reboot. Jika tidak ada perubahan, segera turun ke tukang service laptop untuk pemeriksaan lebih lanjut.

4. Sesuaikan Pengaturan Keyboard

Beberapa keyboard yang masih menggunakan fitur dan program bawaan sebenarnya bisa jadi kacau dan tidak bisa berfungsi dengan baik. Misalnya jika Anda mengatur Repeat Delay terlalu pendek, bisa jadi keyboard ditekan sekali seolah-olah ditekan berkali-kali. Jika itu terjadi, Anda dapat mengubah pengaturan dengan memperbaiki kesalahan keyboard laptop seperti di bawah ini:

  • Klik Start Menu dan pilih menu Control Panel.
  • Klik menu Kemudahan Akses.
  • Klik tombol Jadikan keyboard lebih mudah digunakan.
  • Di bawah Siapkan Kunci Lengket, pilih Hapus centang semua.

Setelah selesai, pastikan kembali apakah keyboard berfungsi dengan baik. Jika tidak, Anda dapat menonaktifkan pengaturan Sticky Keys di menu yang sama. Demikian ulasan tentang Cara Memperbaiki Keyboard Laptop semoga bermanfaat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *