3 Fakta Sosok Pengganti Anies Pilihan Presiden Jokowi

  • Bagikan
Fakta Sosok Pengganti Anies Pilihan Presiden Jokowi
Fakta Sosok Pengganti Anies Pilihan Presiden Jokowi

HARIAN.ID – 3 Fakta Sosok Pengganti Anies Pilihan Presiden Jokowi Banyak pertanyaan terutama dari warga DKI Jakarta terkait PJ gubernur yang akan menggantikan posisi Anies Baswedan yang masa jabatannya akan berakhir di bulan Oktober 2022. Dipastikan ada beberapa fakta sosok pengganti Anies Pilihan Presiden Jokowi yang akan kami Jelaskan pada artikel kali ini.

Pengganti Anies yang nantinya akan dipilih oleh Presiden Jokowi dikarenakan hal tersebut menjadi hak prerogratif dari Presiden maka kemungkinan besar orang yang akan menggantikan Anies Baswedan sebagai PJ Gubernur DKI Jakarta adalah mereka yang memang menjadi orang kepercayaan dari Jokowi dan selanjutnya mengenal seluk-beluk DKI Jakarta dengan baik.

Diketahui apabila posisi Jakarta adalah ibukota negara dan menjadi pusat perekonomian dan menjadikan pejabat sementara menjadi pucuk pemerintahan daerahnya pastinya akan selalu disorot oleh masyarakat yang ada di Indonesia.

Sampai sekarang ini Kemendagri dikabarkan belum umumkan calon pejabat yang akan menempati posisi tersebut walaupun sudah ada 3 nama akan tetapi mereka mengaku masih melakukan kajian dari nama yang disodorkan. Walaupun begitu, 3 nama ini memang sudah disalurkan kepada pemerintah pusat sebagai salah satu usulan untuk dijadikan sebagai pejabat Gubernur DKI Jakarta.

Fakta Sosok Pengganti Anies Pilihan Presiden Jokowi

Berikut adalah beberapa fakta yang mungkin belum kalian ketahui tentang sosok pengganti Anies Baswedan yang nantinya dipilih oleh Presiden Jokowi untuk menjabat sebagai PJ Gubernur DKI Jakarta.

Dipastikan Pilihan Presiden Jokowi

Untuk sosok pengganti Anies Baswedan pada bulan Oktober yang akan datang tidak dipilih melalui Pilkada Hal tersebut dikarenakan Pilkada selanjutnya di ibukota akan digelar pada tahun 2024 secara serentak bersama pilpres dan pileg sesuai dengan pasal 201 UU Pilkada.

Di dalam pasal ini mengatakan daerah yang kepala daerahnya dipilih melalui Pilkada serentak 2017 dan 2018 tidak kembali menggelar Pilkada di tahun 2002 dan 2023 dan sebagai penggantinya daerah tersebut akan dipimpin oleh PJ kepala daerah.

Selanjutnya untuk pejabat Gubernur termasuk di DKI Jakarta adalah pilihan presiden dan hal ini sudah dikonfirmasi oleh Menteri Dalam Negeri Tito karnavian yang mengatakan kepada awak media.

Berasal dari ASN

Selanjutnya pada pasal 201 UU Pilkada sudah mengatur terkait pejabat Gubernur harus berasal dari kalangan aparatur sipil negara atau ASN dan selanjutnya mereka harus duduk berstatus pejabat tinggi Madya atau setara Eselon 1.

Ada beberapa nama pejabat eselon 1 yang memang masuk bursa pengganti sosok Anies Baswedan diantaranya kepala sekretariat presiden Heru Budi Hartono, juri ardiantoro selaku Deputi 4 kepala staf presiden dan yang terakhir marullah matali sekda DKI Jakarta.

Akan dilantik 16 Oktober 2022

Untuk masa jabatan Anies Baswedan dipastikan akan berakhir pada tanggal 15 Oktober ditahun ini dan apabila merujuk pada pelantikan pejabat kepala daerah maka pengganti Anis harusnya dilantik pada tanggal 16 Oktober tahun ini.

Selanjutnya undang-undang pilkada sudah mau batasi masa jabatan PJ hanya satu tahun akan tetapi pemerintah bisa memperpanjang masa jabatan pejabat kepala daerah untuk tahun berikutnya.

  • Bagikan