Profil Singkat Prof Ova Emilia Rektor Baru UGM 2027

  • Bagikan
Profil Singkat Prof Ova Emilia Rektor Baru UGM 2027
Profil Singkat Prof Ova Emilia Rektor Baru UGM 2027

HARIAN.ID – Profil Singkat Prof Ova Emilia Rektor Baru UGM 2027 Ova Emilia adalah seorang profesor yang saat ini tengah menjadi perbincangan warganet dikarenakan diketahui apabila dirinya merupakan Rektor baru untuk masa jabatan 2022 sampai 2027 di Universitas Gadjah Mada atau rektor UGM. Malahan banyak dari warganet yang ternyata penasaran dengan profil Ova Emilia yang dalam waktu dekat ini akan menjabat sebagai rektor UGM.

Ova Emilia merupakan bekas sekaligus guru besar fakultas kedokteran kesehatan masyarakat dan keperawatan yang resmi terpilih sebagai Rektor setelah mendapatkan 21 suara dari 25 anggota Majelis Wali Amanat universitas Gadjah Mada yang berlangsung pada hari Jumat 20 Mei.

Selanjutnya Ova resmi mengungguli kandidat calon rektor UGM yang lain yaitu Bambang Agus kironoto dengan memperoleh 1 suara dan Deendarlianto yang hanya mendapatkan 3 suara pada pemilihan dari anggota Majelis Wali Amanat uGM.

Profil Ova Emilia

Berbicara tentang profil dari sosok rektor UGM terbaru diketahui apabila beliau merupakan dekan Dan juga guru besar untuk fakultas kedokteran kesehatan masyarakat dan keperawatan dan dia pun dikenal sebagai sosok profesor yang mempunyai dedikasi yang sangat bagus untuk Universitas Gadjah Mada.

Selanjutnya Ova jadi rektor UGM perempuan ke-2 di Universitas ternama yang ada di Yogyakarta tersebut setelah sebelumnya digawangi dwikorita karnawati yang menjabat sampai tahun 2017 yang sekarang ini diketahui menjabat sebagai kepala badan meteorologi klimatologi dan geofisika atau BMKG.

Selanjutnya profesor Ova adalah kelahiran Yogyakarta tanggal 19 Februari 1964 di mana diketahui dirinya tamat pendidikan sarjana di UGM pada tahun 1987 dan selanjutnya ia melanjutkan pasca sarjana di University of dundee yang ada di negara Skotlandia pada tahun 1990.

Selanjutnya diketahui ia menjalani pendidikan dokter spesialis obstetri dan ginekologi di UGM pada tahun 1996 sampai tahun 2000 dan selanjutnya ia lulus S3 clinical teaching pada University of New South Wales dan juga mengambil pendidikan dokter subspesialis di UGM tahun 2009.

Selanjutnya iya diketahui menjabat sebagai dekan di FK-KMK semenjak tahun 2016 dan Selain itu ia pun menjabat sebagai ketua Asosiasi fakultas kedokteran negeri Indonesia sejak tahun 2018.

Berbicara tentang penghargaan yang sudah didapatkan oleh Rektor baru UGM ternyata terbilang sangat banyak di antaranya adalah penghargaan First prize for young gynecologist award yang didapatkan pada tahun 1998 dan juga penghargaan SIDA Award tahun 2006.

Selanjutnya Ia pun dikenal sebagai seorang penulis yang handal dimana ia mempunyai pengalaman menulis buku dan jurnal internasional dan membangun inovasi kebijakan dan advokasi sebut saja pada tahun 2012 sampai 2020 ia membentuk kurikulum untuk dokter pelayanan KB dan kurikulum tersebut menjadi model pelatihan yang diangkat secara nasional dan juga diterapkan di fakultas kedokteran yang ada di tanah air.

Untuk strategi dan program kerja ia menguraikan beberapa strategi untuk memperkuat pendidikan transdisiplin dengan tujuan mendorong kewirausahaan sosial selanjutnya keberagaman dan kemandirian.

Seperti diketahui sebelumnya anggota m wa yang waktu itu ikut mengambil suara dalam pemilihan Rektor baru UGM diantaranya adalah Menteri Pendidikan Kebudayaan riset dan teknologi nadiem Makarim, selanjutnya Sri Sultan Hamengkubuwono X, menteri pupr Muhammad Basuki hadimuljono sampai menteri luar negeri Retno Marsudi.

Selanjutnya untuk pelantikan rektor baru UGM yaitu Ova Emilia dikabarkan akan berlangsung pada tanggal 27 mei 2022 yang akan datang.

  • Bagikan