Anies Prabowo Diramal Pecah Kongsi Pada Pilpres 2024

  • Bagikan
Anies Prabowo
Anies Prabowo

HARIAN.ID – Anies Prabowo Diramal Pecah Kongsi Pada Pilpres 2024 Hendri Satrio selaku pengamat politik dari Universitas Paramadina mengatakan kepada awak media apabila potensi pecah kongsi antara Prabowo Subianto selaku Ketum partai Gerindra dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dipastikan sangat besar malahan bisa mencapai 90% pada Pilpres 2024. Pecah kongsi Anies Prabowo memang sudah banyak diprediksi oleh para pengamat dikarenakan tidak sejalannya ideologi dalam berpolitik kedua petinggi tersebut.

Anies Prabowo dipastikan akan pecah kongsi pada pilpres yang akan datang dan hal tersebut diungkapkan oleh hendri Satrio selaku pengamat politik dari Universitas Paramadina dimana hampir 90% akan terjadi pecah kongsi di antara Ketum Gerindra dan Gubernur DKI Jakarta.

Anies Prabowo Diramal Pecah Kongsi Pada Pilpres 2024

Dari hasil survei Indo riset anies Baswedan dan Prabowo Subianto memang diprediksi akan bersaing secara ketat dengan memperoleh suara yang terlalu jauh satu dengan yang lain sehingga menurut sang pengamat politik perpecahan di antara keduanya akan tumbuh sampai 90% dikarenakan tidak mungkin satu partai mengusung dua calon presiden sekaligus.

Selanjutnya menurut Hendri, dirinya menilai 10% yang tersisa supaya keduanya berada di dalam satu Kubu hanya dapat terjadi apabila Prabowo melepas tiket sebagai calon presiden padahal pastinya hal tersebut kecil kemungkinan prabowo Subianto merelakan untuk melakukan hal tersebut.

Diketahui apabila partai Gerindra mempunyai rencana cadangan apabila Prabowo tidak mencalonkan diri menjadi presiden maka menurut Hendri partai Gerindra akan lebih memilih mencalonkan kadernya yaitu Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif sandiaga Uno untuk menjadi calon presiden.

Terlebih kedua toko tersebut akan memilih Jalan politik yang berbeda dikarenakan mempunyai preferensi politik yang memang berbeda dan usai berpisah Hendri menggambarkan apabila kemungkinan skenario Anies Prabowo yang nantinya akan mencari Koalisi Partai.

Bisa saja untuk Anies Baswedan dipegang oleh koalisi yang sudah ada yaitu Koalisi Indonesia bersatu yang digagas oleh partai PPP partai PAN dan Partai Golkar atau diambil oleh koalisi Partai Nasdem Demokrat dan Partai PKS atau bisa saja Anies Baswedan dipegang oleh PDIP Perjuangan.

Selanjutnya untuk Prabowo Subianto dapat berkolaborasi atau melakukan konsolidasi dengan parpol manapun dikarenakan dirinya selaku Ketua Parpol.

Selanjutnya menurut Hendri apabila Anies Baswedan kemungkinan besar akan diusung oleh koalisi Partai Nasdem Demokrat dan Partai PKS sambil menunggu munculnya polisi yang lain dan selanjutnya untuk polisi Indonesia baru yang digagas oleh partai PAN PPP dan Golkar mempunyai kecenderungan untuk mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar pranowo.

Selanjutnya Lembaga Survei indo riset mempunyai prediksi untuk Pilpres 2024 akan terjadi sebanyak 2 kali putaran dengan 3 kandidat utama yang mempunyai potensi besar masuk ke putaran kedua diantaranya adalah menteri pertahanan Prabowo Subianto, selanjutnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan selanjutnya Gubernur Jawa Tengah Ganjar pranowo.

Di tempat lain Arya Fernandes selaku pengamat politik Center for strategic and international studies mengatakan ada beberapa alasan yang memungkinkan ketiganya masuk ke putaran kedua pada pilpres yang akan datang diantaranya adalah potensi memperoleh suara ketiga tokoh ini yang tidak terlalu jauh satu dengan yang lain dan dipastikan akan ada persaingan yang sangat ketat.

  • Bagikan