Miris, Jumlah Karyawan Perbankan Terus Menyusut dari Tahun ke Tahun

  • Bagikan
Jumlah Karyawan Perbankan Terus Menyusut
Jumlah Karyawan Perbankan Terus Menyusut

HARIAN.ID – Miris, Jumlah Karyawan Perbankan Terus Menyusut dari Tahun ke Tahun Akibat perkembangan digitalisasi yang saat ini tengah terjadi di Indonesia malahan dunia, ternyata hal tersebut berdampak dengan semakin menyusutnya jumlah karyawan perbankan dari tahun ke tahun dan Hal inilah efek dari teknologi sehingga tidak jarang apabila saat ini banyak dari jumlah jaringan kantor bank yang gulung tikar.

Memang sangat miris apabila saat ini jumlah karyawan perbankan terus menyusut dari tahun ke tahun akibat digitalisasi yang saat ini tengah marak di internet sehingga tidak salah apabila banyak kantor perbankan di sejumlah wilayah di Indonesia sudah tutup dan tidak lagi beroperasi.

Jumlah Karyawan Perbankan Terus Menyusut

Salah satu laporan di Kuartal 1 2022 dijelaskan apabila jumlah karyawan untuk beberapa bank yang tercatat turun sangat drastis akan tetapi walaupun berkurang ternyata beban tenaga kerja dari beberapa bank justru semakin meningkat di mana kinerja perbankan pada triwulan pertama saja sudah semakin membaik dari dampak tekanan pandemi.

Menurut Trioksa Siahaan selaku Senior Faculty Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia apabila penurunan jumlah karyawan di beberapa bank baik swasta maupun pemerintah adalah dampak digitalisasi sehingga dengan adanya peralihan pekerjaan manusia ke digitalisasi.

Salah satu dampak yang bisa dilihat oleh masyarakat yaitu banyaknya penutupan kantor kantor cabang bank bank.dki proses bisnis Saat ini semakin efisien dikarenakan sudah digitalisasi.

Selanjutnya ia memperkirakan apabila beberapa bank yang ada di Indonesia akan semakin selektif dalam melakukan perekrutan karyawan dan lebih mengarahkan ke sumber daya manusia yang berbasis digital dan selanjutnya penurunan karyawan ini sudah terjadi lebih dulu di beberapa bank di negara Eropa dan negara maju.

Selanjutnya menurut Trioksa dirinya akan melihat jumlah karyawan perbankan masih tetap berpotensi menyusut lagi walaupun digitalisasi memunculkan kebutuhan terhadap SDM dengan keahlian khusus dalam memberikan dukungan pada bisnis perbankan.

Sebut saja untuk karyawan PT Bank Mandiri per bulan Maret 2022 mereka mencatat sebanyak 37.750 jumlah tersebut menyusut 265 orang dalam satu tahun dikarenakan pada bulan Maret 2021 masih tercatat sebanyak 38.015.

Hal tersebut terjadi juga pada beberapa bank lain baik PT Bank CIMB Niaga selanjutnya PT Bank Negara Indonesia dan beberapa bank lainnya.

Salah satu bank yaitu PT Bank Rakyat Indonesia atau Bank BRI secara konsolidasi mempunyai jumlah tenaga kerja di bulan Maret tahun ini yaitu mencapai 79.115 di mana 60.704 merupakan karyawan Bank BRI dan selanjutnya sebanyak 18.411 adalah anak usaha yang mempunyai talenta dan dikabarkan jumlah tersebut berkurang sebanyak 270 orang dari akhir tahun 2021 yang tercatat sebanyak 79.398 orang.

Selanjutnya untuk beban tenaga kerja dari Bank BRI di Kuartal 1 tahun ini meningkat menjadi Rp 9,57 triliun dari sebelumnya yaitu hanya sekitar Rp 9,4 triliun.

  • Bagikan