Arab Saudi Larang Warganya Berkunjung Ke 15 Negara Termasuk Indonesia

  • Bagikan
Arab Saudi Larang Warganya Pergi Ke Indonesia
Arab Saudi Larang Warganya Pergi Ke Indonesia

HARIAN.ID – Arab Saudi Larang Warganya Berkunjung Ke 15 Negara Termasuk Indonesia Salah satu pemberitaan yang saat ini tengah menjadi perbincangan warganet yaitu dikabarkan apabila pemerintah Arab Saudi Larang warganya untuk berkunjung ke Indonesia dikarenakan beberapa hal yang ternyata sudah menjadi kebijakan yang diambil oleh pemerintah Arab Saudi dan selanjutnya pelarangan tersebut bukan hanya kepada Indonesia saja, akan tetapi ada 15 negara lain yang dilarang untuk dikunjungi.

Arab Saudi larang warganya berkunjung ke Indonesia dan 15 negara lain menjadi kebijakan perjalanan terbaru yang sudah ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi dan Hal ini diungkapkan oleh Direktorat Jenderal paspor Arab Saudi pada hari Sabtu 21 mei.

Arab Saudi Larang Warganya Berkunjung

Salah satu alasan penyebab kenapa Arab Saudi melarang seluruh warganya untuk melakukan perjalanan ke beberapa negara termasuk ke Indonesia yaitu dikarenakan alasan utama perkembangan kasus covid-19 di beberapa negara tersebut yang masih tetap ada sehingga hal ini bisa membahayakan.

Arab Saudi Larang Warganya Pergi Ke Indonesia
Arab Saudi Larang Warganya Pergi Ke Indonesia

Seperti dikutip dari laman Saudi Gazette, bukan hanya negara Indonesia yang dilarang untuk dikunjungi oleh warganya akan tetapi pemerintahan kerajaan arab Saudi yang dipimpin oleh raja Salman dipastikan melarang warga mereka untuk berkunjung ke beberapa negara lain di antaranya Libanon, Turki, iran, sampai Afghanistan.

Selanjutnya Arab Saudi pun melarang kepada warganya untuk pergi ke Somalia selanjutnya Ethiopia Republik demokratik Kongo vietnam sampai Venezuela.

Dengan adanya aturan terbaru dari pemerintah Kerajaan Arab Saudi, Teuku Faizasya selaku juru bicara Kementerian Luar Negeri menanggapi masalah tersebut apabila dirinya mengaku jika pihak Kementerian Luar Negeri sudah menyampaikan kepada Arab Saudi supaya mereka meninjau kembali kebijakan ini apalagi diketahui jika Indonesia saat ini sudah sangat baik jika dibandingkan beberapa negara barat yang lain.

Selanjutnya ketika awak media bertanya terkait respon dari pihak Arab Saudi, juru bicara kemenlu mengaku jika mereka belum memperoleh informasi terbaru dan selanjutnya menurut eko Hartono selaku konsul jenderal republik Indonesia di Jeddah mengatakan apabila hubungan Arab Saudi dan Indonesia dapat terganggu dengan adanya larangan bepergian tersebut.

Menurut Eko dengan adanya larangan dari pemerintah Arab Saudi untuk masyarakatnya bepergian ke Indonesia pastinya sangat mengganggu terkait upaya hubungan bilateral terutama pada bidang bisnis dan juga bidang pariwisata. Eko menambahkan apabila masalah Covid-19 saat ini sudah tidak relevan lagi untuk dijadikan alasan dikarenakan Indonesia sudah sangat baik.

Untuk tren kasus covid-19 di negara Indonesia saat ini sudah berangsur menurun Apabila dibandingkan di bulan Februari yang lalu dimana Republik Indonesia mencatat rata-rata 259 kasus dalam sepekan sehingga dipastikan sudah sangat turun.

Malahan Belum lama ini Presiden Jokowi sudah melonggarkan sejumlah aturan pembatasan Covid-19 salah satunya aturan penggunaan masker yaitu boleh tidak menggunakan masker di luar ruangan dan juga menghapus kewajiban tes PCR bagi para pendatang malahan menghilangkan aturan jaga jarak di KRL.

  • Bagikan