Menang Telak Atas Timnas Italia, Timnas Argentina Menangkan Gelar Finalissima 2022

  • Bagikan
Timnas Argentina
Timnas Argentina

HARIAN.ID – Kembali digelar, Timnas Argentina mampu menumbangkan Timnas Italia di pertandingan yang bertajuk Finalissima 2022. Bisa dikatakan, kompetisi ini terakhir digelar sebenarnya sekitar 29 tahun lalu. dan kala itu masih bernama Piala Artemio Franchi. Menariknya, kompetisi ini hanya mempertemukan dua tim saja dengan status sebagai pemenang dari benua berbeda.

Untuk detailnya, Timnas Argentina dapat mengikuti pertandingan Finalissima pada tahun ini juga tidak lepas dari keberhasilannya menjuarai Copa América 2021. Ya, tim yang ditangani Lionel Scaloni itu mampu mengalahkan Timnas Brasil di pertandingan finalnya dengan skor tipis 1 – 0 lewat gol Angel Di Maria di Estádio do Maracanã pada tanggal 10 Juli 2021 lalu.

Berbeda dengan Timnas Italia, diketahui tim ini bisa terpilih untuk jadi lawan dari La Albiceleste lantaran mereka merupakan pemenang dari EURO 2020. Mengalahkan Timnas Inggris di laga finalnya lewat babak adu penalti yang berakhir dengan skor 3 – 2, pertandingan yang digelar di Wembley Stadium pada tanggal 11 Juli 2021 ini harus usai dengan skor 1 – 1 untuk jalannya waktu normal.

Soal Pertandingan Timnas Argentina melawan Timnas Italia

Lautaro Martinez Dan Messi Copa America

Terlepas dari itu, Timnas Argentina pada pertandingan Finalissima 2022 kali ini benar-benar tampil luar biasa. Buktinya, mereka sanggup menjebol gawang Timnas Italia tiga kali tanpa mendapatkan balasan saat bermain di di Wembley Stadium pada hari Kamis (2/6) dini hari WIB.

Meski demikian, hasil yang didapatkan Lionel Messi cs pada laga tadi sebenarnya juga terbilang layak. Dikarenakan, mereka mampu untuk terus mendominasi jalannya laga sejak menit awal. Dari yang dilansir Sofascores, Timnas Argentina meraih persentase yang mencapai 53 persen dengan total tembakan sekitar 17. Namun, seluruh pencapaian apik ini juga dibarengi dengan catatan 16 fouls.

Sedangkan, untuk susunan pemain yang diturunkan oleh masing-masing tim :

Timnas Italia : (GK) Gianluigi Donnarumma, Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini (Manuel Lazzari, 46′), Emerson Palmieri (Alessandro Bastoni, 77′), Matteo Pessina (Leonardo Spinazzola, 62′), Jorginho, Nicolò Barella, Federico Bernardeschi (Manuel Locatelli, 46′), Andrea Belotti (Gianluca Scamacca, 46′), Giacomo Raspadori

Timnas Argentina : (GK) Emiliano Martínez, Nahuel Molina, Cristian Romero (Germán Pezzella, 85′), Nicolás Otamendi, Nicolás Tagliafico, Rodrigo de Paul (Exequiel Palacios, 76′), Guido Rodríguez, Giovani Lo Celso (Paulo Dybala, 90′), Lionel Messi, Lautaro Martínez (Julián Álvarez, 85′), Ángel Di María (Nicolás González, 90′)

Terkait pertandingan ini, baik Timnas Italia maupun Timnas Argentina sebenarnya sama-sama mengusung skema 4-3-3. Namun, yang jadi perbedaan taktik antara kedua tim ini tadi adalah tim yang terakhir berani untuk bermain lebih menyerang.

Terbukti, upaya Timnas Argentina untuk dapat mencetak gol pertamanya baru terjadi di menit 28’. Lewat umpan pendek yang dilepaskan Lionel Messi saat berada di kotak penalti Timnas Italia, Lautaro Martínez tak menemui kesulitan sama sekali untuk menuntaskannya menjadi gol dengan menyambar bola tersebut. Terlebih, situasi dari bomber Inter Milan itu juga terbilang leluasa lantaran dua pemain bertahan Gli Azzurri yang mengawalnya tak fokus untuk memperhatikan kehadirannya.

Mendekati turun minum, Ángel Di María sanggup untuk menggandakan keunggulan Timnas Argentina dengan gol cantik yang dibuatnya. Menginjak menit 45’+1, pemain yang dirumorkan bakal ke Juventus itu dapat memanfaatkan umpan terobosan Lautaro Martínez dengan melepas bola chip saat Gianluigi Donnarumma keluar dari posisinya.

Baca Juga : Beberapa Pemain Kunci Real Madrid Kalahkan Liverpool di Final Champions Musim 2021/22

Walaupun begitu, Timnas Argentina harus menunggu waktu yang cukup lama untuk melihat proses terjadinya gol ketiganya tadi. Ya, Paulo Dybala yang bermain dari bangku cadangan mampu menjadi pencetak gol terakhir timnya baru di menit 90’+4. Menerima umpan dari Lionel Messi, penyerang berusia 28 tahun ini sanggup melepas tembakan mendatar ke arah pojok kiri bawah Gianluigi Donnarumma.

Sayangnya, skor 3 – 0 untuk kemenangan Timnas Argentina tadi tetap tidak berubah sampai peluit panjang tanda berakhirnya laga ditiup oleh sang pengadil lapangan. Hasilnya, gelar Finalissima 2022 ini jadi trofi pertamanya yang diraih di tahun 2022.

  • Bagikan