Mengenal Kateter Urin Bagi Yang Sulit Kencing

  • Bagikan
Kateter Urine IGduniamedica
Kateter Urine IGduniamedica

HARIAN.ID – Mengenal Kateter Urin Bagi Yang Sulit Kencing Bagi Anda yang bertanya terkait apa kateter urine, maka pada artikel kali ini kami akan membahas untuk anda semua di mana kateter urine adalah alat yang dipakai dalam keperluan dunia medis dan biasanya alat tersebut dipakai di saat seseorang sedang mengalami kesulitan kencing atau buang air kecil. Dimana alat ini merupakan perangkat penting dalam membantu mengosongkan kandung kemih dan juga bisa mencegah gagal ginjal.

Kateter urine adalah perangkat penting dalam ilmu kedokteran yang membantu menggosongkan kandung kemih dan bisa mencegah gagal ginjal dan alat ini pun dipakai di saat seseorang mengalami kesulitan buang air kecil. Untuk umumnya kateter mempunyai bentuk tabung kecil yang fleksibel yang Nantinya dimasukkan ke uretra selanjutnya alat tersebut dipasangkan oleh tenaga medis profesional yaitu profesional di dunia kesehatan yang nantinya akan membantu memilih kateter dengan peralatan yang pastinya sangat tepat.

Untuk kateter urin tersedia dalam berbagai ukuran dan juga tersedia dalam berbagai jenis dan bagi kalian yang belum mengetahui tentang fakta Qatar urine, maka berikut adalah penjelasan dari kami.

Mengenal kateter urine

Kateter merupakan tabung tipis dan juga fleksibel yang bisa memasukkan cairan ke dalam tubuh manusia ataupun mengeluarkan cairan dan selanjutnya alat ini dipakai untuk memasukkan cairan ke area kateter intravena.

Selanjutnya untuk kateter yang biasa dipakai untuk mengeluarkan cairan di dalam tubuh manusia maka disebut dengan kateter urine.

Selanjutnya kateter merupakan alat kesehatan yang bisa dimasukkan ke dalam tubuh untuk mengobati penyakit atau melakukan prosedur pembedahan dan biasanya alat ini dimasukkan ke area rongga tubuh selanjutnya saluran maupun pembuluh darah dan jaringan adiposa.

Untuk fungsional alat ini memungkinkan drainase selanjutnya pemberian cairan dan bisa mengakses dengan instrumen bedah dan dapat melakukan berbagai tugas yang lain tergantung dari jenis dari kateter.

Jenis kateter urine

Berikut adalah beberapa jenis dari kateter urin yang wajib kalian ketahui diantaranya adalah sebagai berikut:

Kateter menetap

KTT menetap atau KTT suprapubik adalah kateter yang ada di area kandung kemih dan dikenal sebagai kateter Foley di mana jenis tersebut sangat berguna untuk jangka pendek maupun jangka panjang dan biasanya Seorang perawat akan memasukkan kateter ke dalam kandung kemih melalui uretra dan selanjutnya alat ini dimasukkan ke kandung kemih melalui lubang kecil di area perut dan disebut dengan kateter suprapubik.

Selanjutnya salah satu ujung dari alat ini mempunyai balon kempis yang terpasang dan selanjutnya para penyedia layanan kesehatan akan memasukkan ujung tersebut ke area kandung kemih dan nantinya mengembang seperti balon dengan air steril untuk menahan kateter di tempatnya.

Kateter eksternal

Selanjutnya yang kedua adalah kateter eksternal atau disebut dengan kateter kondom dimana alat ini ditempatkan di luar tubuh manusia dan biasanya diperlukan bagi mereka yang mempunyai penis tidak mempunyai masalah retensi urin akan tetapi mempunyai cacat fungsional seperti demensia.

Selanjutnya untuk kateter jenis ini sangat nyaman dan membawa resiko infeksi yang lebih rendah jika dibandingkan kateter menetap.

Kateter urin jangka pendek

Selanjutnya kateter ketiga yaitu kateter intermiten dimana kateter ini merupakan tabung tipis dan fleksibel yang dimasukkan sementara ke dalam kandung kemih melalui area uretra selanjutnya ujung luar tabung bisa dibiarkan terbuka yang memungkinkan area urine mengalir ke wadah.

Selanjutnya pilihan yang lain yaitu memasang selang ke daerah kantong drainase eksternal yang menampung urine.

  • Bagikan