Khasiat Belimbing Wuluh untuk Tubuh

  • Bagikan

Ketinggian pohon bisa mencapai 5-10 m. Buahnya berwarna hijau kekuningan. Kandungan air dalam Belimbing Wuluh ini cukup melimpah. Belimbing wuluh memiliki rasa dengan ciri khas masam dan pastinya membuat Anda mengeluarkan banyak air liur hanya dengan membayangkannya saja.

Tanaman ini mampu menghasilkan ratusan buah sepanjang tahun. Setelah dipanen, belimbing wuluh memiliki umur simpan yang pendek hanya 5 hari. Di luar negeri, belimbing disebut Kamis, sedangkan buah manis disebut belimbing.

Apa Khasiat Belimbing Wuluh?

Mampu Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang terhadap penampilan. Saat jerawat muncul, orang biasanya langsung melakukan berbagai cara untuk membasminya. Banyak sekali obat, cream untuk membasmi jerawat tetapi banyak orang lebih memilih pengobatan alami.

Hal ini dikarenakan takut dengan efek samping dari bahan kimia yang terkandung. Belimbing wuluh bisa Anda manfaatkan sebagai obat jerawat alami dan aman tanpa efek samping. Buah ini mengandung asam oksalat yang berguna untuk mengurangi jerawat. Caranya, bersihkan belimbing wuluh terlebih dahulu.

Tekanan Darah Tinggi

Siapkan 3 buah belimbing wuluh dan 25 gr biji srigading yang sudah dicuci bersih. Biji srigading ditumbuk halus. Masukkan ke dalam panci berisi 4 gelas air dan rebus dengan belimbing wuluh. Dinginkan lalu saring sebelum diminum. Cukup minum 1 gelas sehari.

Siapkan buah belimbing 3, dicuci lalu dipotong-potong seperlunya, direbus dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, diminum setelah sarapan. Konsumsi rebusan buah belimbing ini secara teratur untuk menurunkan sekaligus mencegah tekanan darah tinggi.

Mengobati Jerawat

Manfaat belimbing wuluh selanjutnya untuk mengobati jerawat. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan vitamin C pada buah belimbing wuluh ini. Vitamin C memiliki sifat anti oksidan yang tinggi sehingga dapat meregenerasi sel kulit dengan baik.

Berdasarkan penelitian kesehatan, diketahui bahwa efek anti oksidan dan anti inflamasi dari vitamin C juga baik untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Efek ini juga diduga berperan dalam mencegah kanker kulit.

Mengobati Alergi

Alergi adalah kondisi yang disebabkan oleh hipersensitivitas sistem kekebalan tubuh terhadap hal-hal tertentu di luar tubuh. Barang-barang tertentu dapat berupa makanan, obat-obatan, udara (penyebab rinitis alergi dan asma), logam (penyebab dermatitis), dan sebagainya. Gejalanya meliputi mata merah, kesulitan bernapas, pilek, atau kulit gatal.

Mengobati Demam Dan Flu

Rebusan belimbing wuluh telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati pilek dan flu. Maka dari itu bagi Anda yang mudah terserang flu perlu mengkonsumsi rebusan belimbing wuluh secara teratur.

Penyakit Gondok

segenggam daun belimbing wuluh ditumbuk dengan 3 bawang putih. Kompres pada gondok. 10 ranting muda belimbing wuluh beserta daunnya dan 4 buah bawang merah setelah dicuci bersih kemudian ditumbuk halus. Oleskan ke tempat yang sakit.

Rematik

Segenggam daun belimbing wuluh dicuci bersih, tumbuk sampai halus, tambahkan kapur sirih, gosokkan ke bagian yang sakit. Segenggam daun belimbing wuluh muda, 5 cengkeh, dan 7 biji merica dicuci bersih lalu ditumbuk halus, tambahkan cuka secukupnya hingga menjadi adonan seperti bubur.

Oleskan campuran bubur ke tempat yang sakit. Digunakan untuk menggosok dan memijat bagian tubuh yang sakit. Lakukan 2-3 kali sehari. Demikian artikel tentang khasiat belimbing wuluh untuk tubuh semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *