Manfaat Daun Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

  • Bagikan

Selama ini hanya belimbing wuluh yang diketahui memiliki manfaat kesehatan. Manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan berasal dari berbagai kandungan di dalamnya. Seperti saponin, tanin, steroid, flavonoid, dan alkaloid.

Daun Belimbing Wuluh dikenal sebagai obat kuno sejak dinasti Cina. Mulai dari mengobati gangguan saluran pernafasan hingga kecantikan. Tak hanya itu, bahkan sejak tahun 1876, masyarakat di Brazil telah mempercayai manfaat daun belimbing wuluh untuk kesehatan. Menurut mereka, kandungan etanol dalam daun belimbing wuluh mampu mengobati batuk.

Selain itu, manfaat daun belimbing wuluh untuk kesehatan sangat dipercaya, karena mengandung vitamin C dan anti oksidan yang dapat mencegah kanker. Dengan adanya turunan flavonoid, etil asetat, dan butanol yang dapat berperan sebagai agen antibakteri yang sangat baik dalam tubuh manusia.

Daun belimbing wuluh mudah ditemukan di Indonesia, bahkan Anda bisa menanamnya di pekarangan rumah Anda. Cara membuat ramuannya cukup mudah. Siapkan saja daun belimbing wuluh sesuai kebutuhan.

Terakhir, air daun belimbing wuluh siap untuk dikonsumsi. Namun, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter atau penyedia medis terdekat sebelum mengonsumsi. Berikut ini adalah penjelasan tentang manfaat daun belimbing wuluh untuk kesehatan.

Apa Manfaat Daun Belimbing Wuluh untuk Kesehatan?

Mengobati Batuk dan Pilek

Daun belimbing memiliki kandungan etanol pada daun belimbing wuluh. Bahkan, hal ini sudah diyakini oleh orang Brasil sejak tahun 1876. Batuk dan pilek merupakan infeksi virus yang tergolong ringan.

Saat mengalami batuk pilek, seseorang disarankan untuk cukup istirahat, makan makanan yang kaya serat dan rendah lemak, serta banyak minum air putih. Selain itu, Anda juga bisa mencoba menggunakan daun belimbing wuluh untuk mengobatinya. Tapi tetap saja, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Mengontrol Kolesterol

Manfaat daun belimbing wuluh dipercaya mampu mengontrol kolesterol. Hal ini dikarenakan kandungan saponin pada daun belimbing wuluh. Bahkan saponin dapat membantu mengurangi risiko peningkatan kolesterol dalam darah dan bahkan dapat mencegah penyerapan kembali.

Perlu Anda ketahui juga bahwa kadar kolesterol baik adalah jika HDL lebih dari 60 mg/dL, maka trigliserida kurang dari 150 mg/dL, dan LDL kurang dari 100 mg/dL. Tubuh manusia membutuhkan 200 mg kolesterol per hari, tidak lebih. Nah, jika kadar kolesterol sangat tinggi dampaknya bagi tubuh juga tidak baik, seperti menyebabkan stroke, obesitas, dan penyakit jantung koroner.

Mencegah Kanker

Manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan dipercaya mampu mencegah risiko kanker. Hal ini disebabkan adanya saponin yang didalamnya terdapat senyawa turunan berupa flavonoid. Dalam satu analisis, hasil ini menunjukkan bahwa saponin memiliki aktivitas anti-tumor dan anti-mutagenik. Kegiatan ini kemudian mampu mengurangi risiko penyebab kanker, terutama pada manusia, dan dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan berbagai tanaman, dalam hal ini daun belimbing wuluh, yang menghasilkan saponin untuk bertindak jika ada infeksi. Tugas ini sengaja dimaksudkan agar ketika tubuh manusia mengalami infeksi akibat berbagai jenis parasit dapat lebih mudah diatasi.

Memperkuat Tulang

Manfaat daun belimbing wuluh untuk kesehatan dipercaya mampu menguatkan tulang. Ini karena saponin. Saponin ini adalah steroid yang diperoleh dari Anemarrhena asphodeloides dan herbal Cina. Mereka memiliki peran untuk melindungi jika terjadi kehilangan tulang manusia.

Apakah Anti-Oksidan

Manfaat daun belimbing wuluh bagi kesehatan dipercaya mampu berperan sebagai anti oksidan. Hal ini dikarenakan setiap bagian saponin non gula memiliki aktivitas yang bekerja sebagai anti oksidan secara langsung. Antioksidan ini mampu menangkal radikal bebas. Karena jika dibiarkan, radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh yang sehat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *