Daftar Nama Reshuffle Kabinet Hari Ini 15 Juni 2022

  • Bagikan
Reshuffle Kabinet
Reshuffle Kabinet

HARIAN.ID – Daftar Nama Reshuffle Kabinet Hari Ini 15 Juni 2022 Pada hari ini rabu 15 Juni presiden Jokowi resmi melakukan reshuffle kabinet menteri yang ia Pimpin di mana Dirinya resmi melantik 2 Menteri dan 3 wakil menteri terbaru diantaranya melantik ketua umum partai PAN Zulkifli Hasan sampai elipsi raja Juli Antoni ada juga dari wakil menteri yaitu sosok politikus yang menjabat sebagai Sekjen partai PBB Afriansyah Noor.

Reshuffle kabinet yang dilakukan oleh presiden Jokowi resmi dilantik pada hari ini, rabu 15 Juni dimana presiden melakukan pelantikan menteri dan wakil menteri terbaru di Istana Negara Jakarta Pusat dan selanjutnya pelantikan tersebut disiarkan langsung di Chanel YouTube sekretariat presiden.

Pelantikan reshuffle kabinet diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia yaitu lagu Indonesia Raya dan selanjutnya acara dilanjutkan dengan pembacaan Keputusan Presiden terkait pengangkatan menteri dan wakil menteri untuk sisa jabatan 2024.

Setelah itu Presiden Jokowi memimpin pembacaan sumpah jabatan menteri dan juga wakil menteri tersebut. Isi dari Sumpah yaitu demi Allah saya bersumpah Apabila saya akan setia kepada undang-undang negara Republik Indonesia tahun 1945 dan akan menjalankan Semua peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi Dharma Bakti saya kepada bangsa dan negara.

Setelah itu Presiden Jokowi menyampaikan ucapan selamat kepada semua pejabat yang baru dilantik dan setelah itu diikuti oleh sejumlah menteri dan tokoh penting negara yang hadir saat itu.

Beberapa tokoh yang hadir diantaranya Ketum Nasdem yaitu Surya Paloh, selanjutnya Ketum partai Gerindra Prabowo Subianto, ketum partai PKB Muhaimin Iskandar, ketum Golkar Airlangga Hartarto, partai PPP itu Suharso Monoarfa, dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Daftar Nama Reshuffle Kabinet Hari Ini 15 Juni 2022

Berikut adalah daftar nama yang resmi direshuffle oleh Presiden Jokowi menggantikan menteri terdahulu diantaranya adalah sebagai berikut:

Menteri

1. Ketum PAN Zulkifli Hasan Menjadi Menteri Perdagangan
2. Mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto Menjadi Menteri ATR/BPN

Wakil Menteri

1. Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni Menjadi Wakil Menteri ATR /BPN
2. John Wempi Wetipo Menjadi Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri)
3. Sekjen PBB Afriansyah Noor Menjadi Wakil Menteri Tenaga Kerja (Wamenaker)

Tamu undangan langsung memberikan selamat kepada 5 orang pada acara reshuffle kabinet dan juga di media sosial banyak dari warganet yang turut berbahagia dan mengucapkan kepada mereka yang sudah resmi diangkat oleh Presiden Jokowi untuk menjadi menteri dan wakil menteri.

  • Bagikan