Ulasan tentang Lempar Lembing

  • Bagikan

Ada begitu banyak jenis olahraga atletik yang sudah ada sejak zaman dahulu hingga sekarang. Atletik sendiri sudah banyak dipraktekkan pada kejuaraan olimpiade dunia bahkan cabang olahraganya pun bermacam-macam dan memiliki teknik khusus yang berbeda dalam setiap cabang olahraga atletik tersebut.

Salah satunya adalah Lempar Lembing dimana lembing merupakan salah satu dari sekian banyak cabang olahraga atletik yang sudah ada dari zaman dahulu hingga sekarang yang populer di dunia dalam bidang atletik.

Olahraga Lempar Lembing

Lempar lembing sedikit berbeda dengan artikel sebelumnya yang membahas tentang lempar cakram karena media yang dilempar juga jauh berbeda. Dan teknik serta cara melakukan lemparan juga cukup berbeda.

Dalam melakukan lempar lembing kita harus mengetahui teknik dan cara melakukannya dengan benar dan tepat agar dalam melakukannya tidak sembarangan dan mendapatkan hasil yang tidak sempurna. Jika Anda menggunakan teknik dengan benar dan benar, Anda harus mendapatkan lemparan dan hasil yang sempurna.

Semua itu tidak akan berhasil jika tidak dibarengi dengan latihan yang cukup keras dalam upaya mencapai hasil yang maksimal saat menghadapi perlombaan lempar lembing. Sebelum kita membahas macam-macam gaya lempar lembing, cara melakukannya, dan semua tentang lempar lembing, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu lempar lembing.

Definisi Lempar Lembing

Salah satu olahraga atletik ini atau biasa disebut lempar lembing adalah olahraga atletik dimana media dalam permainannya menggunakan lembing dengan cara melemparnya sejauh mungkin sehingga mendapat jarak yang sangat jauh karena menentukan menjadi juara atau tidak.

Dengan menghitung jarak terjauh dari lemparan, kita bisa mengetahui siapa pemenangnya dari lempar lembing itu sendiri. Dan apa saja yang kita perlukan dalam melakukan olahraga yang satu ini?

  • Kecepatan
  • Kekuasaan
  • Teknik

Bagaimana Teknik Olahraga Lempar Lembing?

Dalam melempar lembing itu sendiri, ketiga faktor ini sangat penting dalam menentukan seberapa jauh lemparan Anda akan pergi dan apakah Anda mendapatkan jarak yang cukup atau tidak. Karena sebelum melakukan lemparan atlet perlu memulai dengan berlari dengan kecepatan yang sangat cepat.

Kemudian setelah itu akan ada gerakan dimana mereka akan melempar dan pada tahap ini atlet sangat membutuhkan tenaga yang besar atau dengan kata lain kekuatan saat melempar karena menentukan jauh atau tidaknya lemparan lembing tadi.

Setelah itu, semua tidak akan berguna dalam mendapatkan lemparan panjang dan kecepatan cepat dalam berlari jika teknik yang Anda gunakan tidak benar dan tepat. Karena jika menggunakan atau menggunakan teknik yang tidak benar atau salah, bisa dipastikan hasil akhirnya akan mengecewakan dan tidak akan mendapatkan juara.

Jadi anda perlu rajin dan usaha dalam berlatih dengan sungguh-sungguh jika ingin mengikuti salah satu cabang olahraga atletik ini yaitu lempar lembing. Karena teknik dan gayanya dalam melempar lembing tidak dilakukan begitu saja.

Lembing sendiri berbentuk seperti tombak yang panjang, dimana panjangnya sendiri memiliki panjang 2,6 – 2,7 meter. Dan untuk bobotnya sendiri, lembing memiliki bobot hingga 800 gram. Kriteria lembing biasanya digunakan untuk atlet pria dalam melempar lembing, namun berbeda jika atlet yang melakukannya adalah wanita atau wanita.

Yakni dengan lembing dengan ukuran 2,3 – 2,4 meter dan bobot yang berbeda juga mencapai 600 gram. Dan yang membedakan pada atlet lembing putri ada yang berbeda jika dibandingkan dengan lembing putra yaitu terdapat tali pada lembing yang digunakan oleh atlet putri. Demikian ulasan tentang lempar lembing.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *