5 Fakta Ikan Red Devil Yang Merersahkan Nelayan di Danau Toba

  • Bagikan
Ikan Red Devil
Ikan Red Devil

HARIAN.ID – 5 Fakta Ikan Red Devil Yang Merersahkan Nelayan di Danau Toba Belum lama ini masyarakat yang bekerja sebagai nelayan di Danau Toba merasakan resah dan gelisah karena kemunculan ikan Red Devil di mana diketahui apabila ikan tersebut, menjadi salah satu ikan predator yang mengganggu dan menjadi salah satu ikan hama yang bisa mengancam kelangsungan bisnis nelayan dikarenakan memakan ikan yang lain.

Ikan Red Devil dikabarkan muncul di Danau Toba Sumatera Utara dan hal ini membuat masyarakat nelayan di Danau Toba merasakan gelisah malahan dari beberapa fakta yang berhasil kami rangkum, ternyata ikan Red Devil menjadi salah satu ikan kan yang bisa membuat populasi ikan endemik semakin menipis terutama bagi budidaya ikan dikarenakan ikan ini adalah ikan predator yang sangat rakus.

Ikan Red Devil adalah ikan yang mempunyai nama latin Cichlasoma Labiatum dimana ikan ini merupakan jenis ikan air tawar dan orang sangat mempercayai dengan sebutan ikan louhan.

Fakta ikan Red Devil

Berikut adalah beberapa fakta yang berhasil kami rangkum tentang ikan yang sangat rakus dan bisa mengancam ikan endemik terutama beberapa ikan yang dibudidayakan oleh para nelayan.

Ikan yang dilarang di Indonesia

Ikan tersebut merupakan salah satu ikan yang termasuk pada kategori dilarang untuk dibudidayakan atau dilepas bebaskan di wilayah perairan Indonesia dan larangan ini termuat melalui peraturan Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan nomor 19 tahun 2020.

Jadi ikan hias

Walaupun ikan ini dilarang akan tetapi bisa dijadikan sebagai ikan hias karena mempunyai motif yang menyerupai ikan louhan sehingga beberapa orang justru memelihara ikan predator tersebut.

Mempunyai adaptasi yang sangat baik

Ikan tersebut mempunyai kemampuan melakukan adaptasi yang memang bagus dan dengan adanya kemampuan adaptasi tersebut maka biasanya mereka menjadikan lebih mudah berkembang biak dan hidup di berbagai kondisi perairan yang ada di Indonesia.

Bisa dikonsumsi

Walaupun mempunyai bentuk yang sedikit seram akan tetapi ikan Red Devil dipastikan menjadi salah satu ikan yang sangat aman dikonsumsi atau dimakan, malahan dahulu kala ikan ini menjadi salah satu ikan terenak dan banyak dibuat sebagai kritikan.

Mengandung asam amino dan protein

Kelebihan yang dimiliki oleh ikan ini yaitu mengandung asam amino dan juga mengandung protein yang sangat baik dipakai untuk pupuk tanaman.

Menjadi nenek moyang ikan louhan

Salah satu hal unik lain dari ikan tersebut yaitu kemampuan dirinya mirip dengan ikan louhan sehingga banyak orang mengatakan apabila ikan ini menjadi nenek moyang dari ikan louhan.

  • Bagikan