Cara Cek Hasil PPDB Jabar 2022 Online dan Offline

  • Bagikan
Cara Cek Hasil PPDB Jabar 2022 Online Dan Offline
Cara Cek Hasil PPDB Jabar 2022 Online Dan Offline

HARIAN.ID – Cara Cek Hasil PPDB Jabar 2022 Online dan Offline Belum lama ini Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat resmi mengumumkan hasil penerimaan peserta didik baru atau PDB Jabar 2022 untuk tahap pertama bagi jenjang SMA SMK dan SLB di mana kalian bisa melakukan pengecekan hasil PDB Jabar melalui online dan juga offline. Untuk cara pengecekan nya sendiri maka kalian bisa mengikuti tutorial yang akan kami bahas pada artikel kali ini.

Cara cek hasil PDB Jabar 2022 baik secara online dan offline yang akan kami bahas pada artikel kali ini bertujuan supaya Anda bisa mengetahui apakah kalian lulus dalam pengumuman penerimaan peserta didik baru atau kah tidak dimana untuk Tahapan pertama yaitu diperuntukkan bagi SMA SMK dan SLB dan pengumumannya pada jam 2 sore tadi hari Senin 20 Juni.

Seperti diketahui apabila sebelum pendaftaran PPDB Jabar pada Tahapan pertama ini dibuka semenjak tanggal 6 sampai 10 Juni dan selanjutnya pada Tahapan pertama tersebut, pendaftaran dibuka khusus untuk peserta jalur afirmasi selanjutnya anak berkebutuhan khusus, perpindahan tugas orang tua, sampai jalur prestasi nilai rapor dan perlombaan kejuaraan.

Cara Cek Hasil PPDB Jabar 2022 Online dan Offline

Berikut adalah tutorial yang bisa kalian lakukan supaya bisa mengetahui hasil dari pengumuman PPDB Jabar yang sudah resmi rilis pada hari ini.

  1. Silakan kalian berkunjung melalui website berikut ini: https://ppdb.disdik.jabarprov.go.id/
  2. Selanjutnya silakan pilih cabang Dinas Pendidikan sesuai dengan wilayah pendaftaran
  3. Setelah itu pilih opsi hasil seleksi
  4. Silakan isi Kolom pencarian
  5. Masukkan jenjang pendaftaran yang kalian pilih apakah SMA SMK atau SLB
  6. Silakan masukkan kota tempat pendaftaran PPDB Jabar
  7. Setelah itu masukkan jenis sekolah Apakah negeri atau swasta
  8. Mencari sekolah tujuan yang dipilih ketika mengikuti seleksi PPDB Jabar 2022
  9. Pilih opsi hasil seleksi dan apabila sekolah-tujuan sudah ditemukan maka akan muncul daftar nama peserta yang resmi dinyatakan lolos.

Untuk peserta yang dinyatakan lolos seleksi wajib mengikuti beberapa proses pendaftaran ulang akan tetapi sebelum melakukan daftar ulang maka para peserta harus mencetak bukti tanda terima oleh sekolah tujuan.

Untuk bukti tanda terima dapat kalian peroleh dari situs web pengumuman hasil seleksi PPDB yang kami tulis di atas dan bagi siswa yang dinyatakan tidak lolos untuk seleksi PPDB tahap pertama maka diperbolehkan mengikuti pendaftaran pada tahap selanjutnya.

Daftar ulang

Bagi Anda yang nantinya resmi lulus pada PPDB Jabar untuk Tahapan pertama maka wajib melakukan daftar ulang dan untuk pelaksanaan proses daftar ulang berlangsung mulai tanggal 21 Juni sampai tanggal 22 Juni 2022.

Jika siswa tidak melakukan daftar ulang pada tanggal tersebut maka nantinya siswa yang lulus wajib memberikan informasi tertulis kepada sekolah yang harus ada tanda tangan orang tua paling lambat di hari terakhir daftar ulang.

Syarat daftar ulang

Ada beberapa persyaratan ketika kalian ingin melakukan daftar ulang diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Bukti pendaftaran asli cetak atau print out dari laman PPDB ketika pendaftaran online
  • Bukti tanda terima cetak atau print out dari laman PPDB setelah pengumuman
  • Fotokopi seluruh dokumen persyaratan yang ditentukan oleh satuan pendidikan yang bersangkutan
  • Melampirkan dokumen persyaratan asli.

Untuk siswa yang diterima pada tahap pertama akan tetapi memutuskan untuk tidak diambil maka wajib mengundurkan diri ketika daftar ulang dengan tujuan supaya sistem tidak mengunci ketika peserta didik akan mendaftar kembali di tahapan kedua.

Selanjutnya bagi seluruh siswa yang tidak lolos pada PPDB Jabar pada Tahapan pertama ini maka mereka bisa mengikuti pendaftaran di tahapan kedua yang kabarnya akan mulai dibuka per tanggal 23 juni sampai 30 Juni 2022 dan termasuk khusus jalur zonasi.

 

  • Bagikan