Manfaat Olahraga Pencak Silat

  • Bagikan

Manfaat Olahraga Pencak Silat – Pencak Silat adalah salah satu jenis olahraga bela diri yang juga termasuk dalam seni bela diri tradisional Indonesia. Untuk melakukan pencak silat itu sendiri, diperlukan teknik-teknik dasar pencak silat yang harus dikuasai, seperti sikap dasar, gerakan dasar, serangan, dan teknik dasar pertahanan.

Dalam olahraga ini tidak hanya unsur bela diri tetapi juga pembentukan karakter dan sikap. Oleh karena itu pencak silat memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Sayangnya, saat ini masyarakat semakin kurang tertarik dengan warisan budaya ini.  

Pencak Silat sebagai olahraga Setiap kegiatan atau usaha yang mendorong, membangkitkan, mengembangkan, dan membina kekuatan jasmani dan rohani setiap manusia dapat digolongkan sebagai olahraga. Upaya pengembangan unsur olahraga yang terdapat dalam pencak silat dapat dilakukan melalui:

Pencak Silat sebagai Olahraga Pendidikan

Pencak silat sebagai olahraga pendidikan ditekankan pada pembinaan keterampilan jasmani terutama pembentukan sikap dan gerak serta pembinaan mental/spiritual dengan menanamkan rasa percaya diri dan akhlak mulia.

Pencak Silat sebagai Olahraga Prestasi

Sebagai olahraga prestasi, pencak silat dibina sesuai dengan prinsip dan norma olahraga, yaitu selain mengembangkan fisik dan teknis juga diprioritaskan dalam penanaman sifat ksatria dalam pelaksanaannya. Pada cabang olahraga prestasi ini juga diadakan kompetisi pencak silat baik di tingkat daerah maupun nasional.

Pencak Silat Sebagai Rekreasi atau Olahraga Massal

Pencak silat sebagai olahraga rekreasi atau massal, penampilannya merupakan sesuatu yang dapat dinikmati oleh masyarakat umum dengan mengutamakan keindahan gerak dan irama. Pencak Silat sebagai Seni Ciri khusus lain dari pencak silat adalah bahwa pencak silat adalah bagian dari seni. Di daerah-daerah tertentu ada ketukan atau iringan musik yang khas dan ada juga aturan gerak dan ritme yang merupakan pendalaman khusus.

Pencak Silat Sebagai Bela Diri

Pada dasarnya pencak silat adalah usaha pertahanan diri untuk bertahan dari serangan lawan. Dengan demikian, unsur geraknya terbagi menjadi dua bagian, yaitu unsur menyerang dan unsur bertahan termasuk upaya menyelamatkan diri.

Melalui latihan yang tekun, seorang petarung dapat memupuk dan meningkatkan kemampuan, kelincahan, keterampilan, dan kekuatannya dalam melakukan serangan dan pertahanan diri. Sesuai dengan falsafah bangsa Indonesia, pejuang Indonesia lebih mengutamakan bela diri daripada menyerang.

Pencak Silat Sebagai Sarana Pendidikan Mental atau Rohani

Pencak silat adalah suatu sistem dan wadah pendidikan jasmani dan rohani, karena melalui latihan yang teratur dan berkesinambungan seorang pesilat dididik untuk dapat mengembangkan unsur seni, unsur olahraga, unsur pertahanan diri dan apresiasi terhadap alam. dan perjuangan hidup dan kehidupan sosial pada umumnya. Pencak silat dapat mengembangkan sifat dan sikap: 

  • Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa b. Menghormati harkat dan martabat sesama manusia
  • Menempatkan kepentingan serikat di atas kepentingan pribadi.
  • Menggunakan musyawarah dalam memecahkan masalah bersama.
  • Memberikan amal untuk kepentingan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat.

Pencak silat sebagai cabang olahraga merupakan upaya untuk mengembangkan unsur-unsur olahraga yang terkandung dalam pencak silat yang terbagi menjadi cabang-cabang olahraga ga pendidikan, olahraga prestasi, dan olahraga rekreasi.

Pencak silat sebagai seni, harus sesuai dengan keselarasan, keseimbangan, keserasian, antara wiraga, wirama, dan wirasa. Tidak bisa bergerak adalah menyerang dan membela diri/menyelamatkan diri.Pencak silat sebagai sarana pendidikan kerohanian mental, penghayatan yang ditanamkan, serta hidup bermasyarakat.

Pencak silat mengajarkan budi pekerti luhur, mengembangkan sifat dan sikap (kepribadian).Tangkisan adalah usaha dengan cara mengadakan kontak langsung dengan SeranganHindaranHindaran adalah pembelaan dengan cara sasaran dari arah serangan, dengan melangkah atau memindahkan kak

Manfaat Bela Diri Untuk Kesehatan Fisik Dan Mental

  • Memupuk keberanian
  • Menumbuhkan rasa percaya diri
  • Menubuhkan kedisiplinan
  • Menurunkan berat badan
  • Peningkatan kesehatan jantung

Demikian penjelasan tentang manfaat olahraga Pencak Silat semoga bermanfaat, terimakasi

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *