Biaya & Perbedaan SIPAS dan NON SIPAS di UT Universitas Terbuka

  • Bagikan
Perbedaan SIPAS Dan NON SIPAS
Perbedaan SIPAS Dan NON SIPAS

HARIAN.ID – Biaya & Perbedaan SIPAS dan NON SIPAS di UT Universitas Terbuka Setelah pada Artikel kami sebelumnya kami membahas tentang syarat dan cara daftar di Universitas Terbuka ia saat ini memang Tengah digandrungi oleh masyarakat Indonesia, maka pada artikel kali ini kalian harus mengetahui apa saja yang dimaksud perbedaan sipas dan non sipas dan juga beberapa istilah lain yang ada ketika kalian memilih UT sebagai kampus melanjutkan kuliah.

Ada beberapa biaya yang harus kalian ketahui sebelum masuk ke Universitas Terbuka dan selanjutnya pemilihan sipas dan non sipas dan juga harus mengetahui apa saja perbedaan sipas dan non sipas dikarenakan keduanya sangat berbeda walaupun tetap sama ya itu ada di UT.

Seperti diketahui apabila Universitas Terbuka merupakan perguruan tinggi negeri ke-45 yang ada di Indonesia dimana Universitas ini ini berdiri atas keputusan Presiden No 41 tahun 84. Pada masanya UT Kebanyakan yang berkuliah yaitu para guru ataupun orang yang telah bekerja walaupun begitu sekarang ini siapa pun bisa melakukan kuliah di Universitas Terbuka dan bisa membagi waktu dan juga bisa memilih paket yang ingin diambil.

Kuliah di UT dipastikan sedikit berbeda dengan perkuliahan di Universitas pada umumnya dikarenakan Universitas ini dirancang untuk orang yang telah bekerja atau mahasiswa yang dituntut untuk dapat belajar mandiri dan pastinya untuk biaya kuliah di Universitas Terbuka lebih terjangkau padahal kampus negeri.

Perbedaan sipas dan non sipas

Selanjutnya berikut adalah beberapa hal yang harus kalian ketahui tentang perbedaan sipas dan non sipas yang ada pada Universitas Terbuka dan untuk perbedaannya adalah sebagai berikut:

  1. Untuk SIPAS mempunyai singkatan sistem paket semester yaitu layanan paket mata kuliah pada setiap semester beserta bahan ajar sedangkan untuk non sipas yaitu sistem pengambilan mata kuliah secara satuan dengan jumlah maksimal 24 SKS per semester dan tidak termasuk bahan ajar sehingga harus dibeli terpisah.
  2. Untuk sistem paket semester atau sipas secara sederhana yaitu sistem terima beres dari Universitas Terbuka dimana para mahasiswa tidak perlu repot melakukan registrasi ulang mata kuliah untuk setiap semester baru dikarenakan setiap mata kuliah yang akan diambil sudah diatur katalog pendidikan yang ada di UT sehingga para mahasiswa tidak harus khawatir mengalami ujian bentrok. Selanjutnya untuk sistem SIPAS mahasiswa akan membayar uang kuliah secara flat yaitu uang kuliah yang dibayarkan akan sama untuk setiap semester dan biaya yang dibayarkan termasuk biaya bahan ajar tiap semester.
  3. Berbeda dengan non sipas yaitu sistem perkuliahan di mana mahasiswa yang memilih sendiri mata kuliah yang akan mereka ambil pada setiap semester dengan tujuan supaya mahasiswa bisa mengambil semester penuh 24 SKS supaya mereka bisa lulus lebih cepat.
  4. Berbeda dengan SIPAS yang lebih praktis maka untuk non sipas yang ada di Universitas Terbuka akan membuat sedikit Anda kerepotan yaitu setiap semester kalian harus melakukan registrasi mata kuliah dan pastinya kalian harus teliti dalam proses dikarenakan salah-salah kalian akan mengalami jam ujian yang bentrok.
  5. Untuk perbedaan biaya non sipas akan terasa lebih mahal dikarenakan uang kuliah yang harus dibayarkan dihitung berdasarkan jumlah SKS yang kalian ambil sehingga berbeda dengan SIPAS yang akan terasa lebih murah.
  6. Ketika kalian memilih SIPAS maka kalian akan lebih praktis walaupun masa kuliah sesuai dengan jadwal namun jika kalian ingin cepat lulus kuliah bisa mengambil non sipas walaupun dirasa akan sedikit memberatkan dari waktu maupun biaya.

Biaya dan Penjelasan layanan sipas

Berikut adalah beberapa apa layanan sipas yang mungkin belum kalian ketahui di antaranya adalah sebagai berikut:

SIPAS non TTM

Sipas non TTM adalah sistem paket semester non tutorial tatap muka dimana para mahasiswa sepenuhnya harus belajar secara mandiri dan untuk biaya kuliah yang mengambil sipas non TTM yaitu mulai dari: Rp 1.150.000 sampai Rp 2.000.000

SIPAS semi

Pengertian SIPAS semi yaitu sistem paket dengan TTM wajib maksimal 3 mata kuliah paket dan selanjutnya untuk biaya yaitu mulai dari: Rp 1.600.000 sampai Rp 2.600.000

SIPAS Penuh

Pengertian jalur ini yaitu kalian mengambil sistem paket dengan TTM wajib seluruhnya atau kalian akan bertemu langsung dengan dosen dan biayanya sedikit lebih mahal yaitu mulai dari Rp 1.900.000 sampai Rp 3.300.000

SIPAS Plus

Untuk SIPAS Plus mau punyai arti yaitu sistem paket meliputi TTM wajib seluruh mata kuliah dan pelatihan pengembangan diri dan biasanya untuk paket ini recommended bagi mahasiswa program beasiswa atau program kerjasama dan biayanya sedikit lebih mahal yaitu mulai dari Rp 2.400.000 sampai Rp 3.400.000

SIPAS Online

Selanjutnya untuk sipas online ya itu hanya ditawarkan untuk program studi S1 pada beberapa bidang diantaranya adalah Manajemen, Matematika, Pendidikan Matematika, dan Sastra Inggris bidang Minat Penerjemahan. Biaya Rp 1.950.000.

  • Bagikan