4 Manfaat Olahraga Bola Voli yang Perlu Kamu ketahui

  • Bagikan

4 Manfaat Olahraga Bola Voli yang Perlu Kamu Ketahui – Dibandingkan dengan bola voli, sepak bola dan bola basket lebih populer di Indonesia. Namun, sejak tim Indonesia berhasil lolos ke babak semifinal Kejuaraan Bola Voli Asia tahun 2017, olahraga ini berhasil mendapatkan banyak perhatian.

Selain dapat menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, teknik dasar bermain Bola Voli membutuhkan kerjasama antar anggota tim. Nah, jika kamu tertarik dengan olahraga yang satu ini, ada berbagai manfaat yang akan kamu dapatkan, lho! Misalnya, ada empat manfaat berikut yang perlu Anda ketahui!

Memperkuat Otot dan Sendi

Teknik bola voli melibatkan banyak gerakan pada anggota badan. Mulai dari otot paha, betis, bokong, dan pinggul yang digerakkan untuk berlari dan melompat hingga otot punggung dan lengan atas untuk memukul bola.

Selain untuk membentuk dan memperkuat otot-otot tersebut, teknik permainan bola voli juga dapat memperkuat persendian karena dilatih terus menerus untuk melompat, memukul, dan berlari. Jika persendian Anda kuat, Anda akan terhindar dari berbagai risiko cedera saat melakukan aktivitas dan olahraga sehari-hari.

Apa Saja Manfaat Olahraga Bola Voli yang Harus Anda Ketahui?

Membantu Menurunkan Berat Badan

Karena merupakan jenis olahraga kardio, bola voli dapat meningkatkan detak jantung Anda. Jika dilakukan minimal 15-20 menit, denyut nadi akan meningkat 60-80% dari normal. Latihan kardio memicu otot jantung untuk terus bergerak sehingga semakin kuat.

Ketika otot jantung kuat, pembuluh darah dapat mengalirkan darah lebih cepat dan lebih banyak. Hal ini menyebabkan lebih banyak oksigen mengalir ke sel-sel otot dan membantu proses pembakaran lemak bahkan ketika tubuh Anda sedang beristirahat.

Karena pada umumnya teknik dasar bola voli dapat membantu proses pembakaran lemak, maka olahraga ini perlu dilakukan secara rutin jika ingin menurunkan berat badan. Selain itu, bola voli dapat mencegah obesitas yang menjadi penyebab berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes.

Organ Dalam yang Sehat

Selain bisa membakar lemak lebih efektif, latihan kardio seperti bola voli ternyata bisa menyehatkan organ dalam atau organ dalam tubuh. Dengan begitu organ dalam seperti ginjal, paru-paru, hati, dll dapat berfungsi secara optimal. Tubuh akan lebih sehat dan bugar. Oleh karena itu, tidak ada salahnya melakukan olahraga seperti bola voli, apalagi di tengah krisis kesehatan akibat wabah COVID-19.

Membantu Meningkatkan Konsentrasi

Tingkat konsentrasi seseorang tergantung pada kesehatan mentalnya. Jika ingin meningkatkan konsentrasi dan tetap tajam, mental harus dalam kondisi prima. Apalagi olahraga ini juga menuntut pemain untuk terus berkontraksi dan memperhatikan pergerakan bola.

Selain memperhatikan pergerakan bola, salah satu teknik permainan bola voli adalah dengan memperhatikan pergerakan teman dan lawan agar strategi permainan dapat dilancarkan. Tak heran jika olahraga ini termasuk dalam olahraga yang mampu mengasah konsentrasi dan tetap fokus. Hal ini juga akan mempengaruhi pekerjaan dan aktivitas sehari-hari lainnya.

Setelah mengetahui empat manfaat di atas, ada banyak alasan untuk menjadikan Bola Voli sebagai salah satu olahraga pilihan Anda. Olahraga seru ini bisa Anda lakukan bersama teman atau keluarga. Dengan begitu Anda akan terus aktif bergerak untuk memperkuat sistem imun dan menjaganya agar tetap sehat dan bugar. Demikian ulasan mengenai manfaat olahraga Bola Voli ini, semoga artikel ini bermanfaat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *