Jenis Teknologi dan Manfaat Teknologi

  • Bagikan
Jenis Teknologi Dan Manfaat Teknologi
Jenis Teknologi Dan Manfaat Teknologi

Jenis Teknologi

Jenis Teknologi dan Manfaat Teknologi – Teknologi memiliki berbagai jenis tergantung dari fungsi atau kegunaannya dalam berbagai bidang kehidupan. Beberapa jenis teknologi adalah sebagai berikut:

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Jenis Teknologi teknologi informasi dan komunikasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk mengolah dan mengirimkan informasi serta untuk berkomunikasi atau menjalin hubungan antar manusia dalam berbagai bentuk.

Pada saat ini teknologi informasi dan komunikasi yang kita kenal adalah dengan menggunakan alat-alat elektronik seperti telepon, komputer, internet, email, dll.

Jika melihat sejarahnya, teknologi informasi di masa lalu masih sederhana, yaitu hanya sebagai sistem untuk mengenali informasi melalui gambar yang tertulis di dinding bangunan atau gua.

Kemudian kembangkan menggunakan suara atau suara seperti kendang, terompet untuk memperingatkan bahaya. Kini perkembangan teknologi informasi jauh lebih pesat karena merupakan bentuk penerapan ilmu pengetahuan.

Teknologi Kesehatan

Teknologi kesehatan adalah teknologi yang diciptakan khusus untuk membantu mengatasi masalah kesehatan.

Teknologi kesehatan dibagi menjadi 5 kelompok, yaitu: obat-obatan, alat termasuk alat diagnostik dan terapeutik, prosedur bedah dan medis, sistem pendukung yang merupakan teknologi yang digunakan untuk memberikan pelayanan kesehatan, dan sistem organisasi yang berguna dalam memastikan pemberian pelayanan kesehatan.

Teknologi Pendidikan

Teknologi pendidikan adalah ilmu atau sistem dengan proses tertentu yang digunakan untuk memudahkan siswa belajar sehingga mampu mengoptimalkan bakat individu atau mengurangi masalah dalam belajar.

Ada empat komponen dalam teknologi pendidikan, yaitu: Teori dan praktek; Desain, penelitian, pemanfaatan, manajemen, dll; Proses, sumber dan system; dan Untuk pembelajaran.

Contoh teknologi pendidikan adalah pembelajaran berbasis ICT yang menggunakan beberapa perangkat seperti LCD proyeksi, internet, laptop, hingga software seperti software SPSS untuk belajar statistika, dll.

Teknologi ramah lingkungan

Teknologi lingkungan adalah teknologi yang digunakan untuk mengatasi dan mencegah masalah lingkungan.

Dengan adanya teknologi lingkungan ini akan membantu mengatasi pencemaran lingkungan karena seiring berjalannya waktu masalah lingkungan sudah menjadi pengetahuan umum dan permasalahan yang dihadapi bersama mulai dari pemanasan global, pencemaran air dan udara, hingga pengelolaan sampah.

Contoh teknologi lingkungan adalah teknologi pengolahan air limbah seperti IPAL, pembuatan biogas dari kotoran hewan, kincir angin untuk energi listrik, panel surya untuk listrik, dll.

Manfaat Teknologi

Berdasarkan jenis teknologi yang ada saat ini, diketahui memiliki berbagai manfaat di berbagai bidang. Secara umum, manfaat teknologi adalah sebagai berikut:

Untuk memajukan peradaban manusia sehingga mengalami modernisasi.

Terjadi transformasi nilai dan budaya dalam masyarakat agar masyarakat dapat mengetahui budaya yang ada di negara lain sehingga hubungan antar manusia semakin erat.

Sebagai alat praktis untuk memudahkan manusia dalam melakukan pekerjaannya. Dahulu orang harus berjalan kaki untuk mencapai tujuannya, namun dengan kemajuan teknologi transportasi, bepergian jauh lebih mudah.

Teknologi membuat segalanya jauh lebih efisien dari waktu, tenaga, hingga biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah dibandingkan tanpa menggunakan teknologi.

Menyederhanakan proses transaksi dan pengiriman barang dengan teknologi ekonomi. Mempengaruhi pola pikir masyarakat untuk lebih rasional dan logis karena mendapatkan banyak informasi yang membuat mereka berpikir secara ilmiah.

Mempelajari teknologi tidak akan pernah membuat kita bosan karena teknologi canggih selalu membuat kita takjub dan tidak pernah terbayangkan oleh orang lain sebelumnya.

Pada hakikatnya perkembangan teknologi yang ada saat ini tidak dapat dihindarkan dan mempunyai pengaruh yang besar dan bermanfaat bagi kehidupan. Namun, meski memiliki segudang manfaat, keberadaan teknologi juga bisa berdampak negatif.

Oleh karena itu, dibutuhkan sikap bijak dari setiap orang agar tidak menyimpang dari jati dirinya sebagai manusia yang memiliki norma dan nilai luhur. Demikiannlah ulasan tentang Jenis Teknologi dan Manfaat Teknologi semoga bermanfaat.

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *