Cara Mengatasi Speaker HP Android Tidak Ada Suara

  • Bagikan

Cara Mengatasi Speaker HP Android Tidak Ada Suara – Sebagai pengguna ponsel Android tentunya pernah mengalami suara speaker yang tidak berbunyi atau hilang bukan? Sebagai pengguna HP baru, biasanya Anda akan mendatangi loket servis HP untuk bisa mengatasi hal tersebut. Namun belum tentu suara speaker yang hilang di hp kamu karena rusak dan bisa disebabkan oleh faktor lain.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips langkah-langkah untuk dapat mengatasi speaker hp android tidak berbunyi. Jadi sebelum Anda pergi ke pusat layanan HP, Anda dapat mengambil langkah-langkah ini untuk memperbaikinya. Berikut beberapa Cara Mengatasi Speaker HP android tidak ada suara.

Cara Mengatasi Speaker HP Android Tidak ada Suara

Pasti kalian akan sangat kesal dan bingung jika tiba-tiba suara speaker hp android kalian hilang atau tidak berbunyi saat mendengarkan musik, menonton video atau bermain game. Mengatasi speaker android yang tidak berbunyi tidak selalu harus ke service center HP tentunya jika masih bisa mengatasi sendiri masalahnya.

Dalam hal ini, jika yang terjadi bukan kerusakan pada bagian komponen, yang memang menyulitkan bagi Anda yang tidak memiliki pengalaman service HP. Bisa jadi penyebab suara speaker tidak muncul adalah karena sistem crash.

Pengaturan volume yang salah atau dalam kondisi senyap atau silent dan terkadang bahkan beberapa pengaturan aplikasi yang salah juga dapat membuat suara speaker hilang. Sebelum Anda memperbaiki suara speaker yang tidak berbunyi di ponsel Android Anda, Anda juga harus bisa melacak penyebab utamanya.

Apakah hp anda bermasalah setelah terkena air, barusan terjatuh lalu suara hilang, atau saat anda mengetik sedang menjalankan aplikasi tertentu seperti bermain game, tidak ada suara yang keluar, dan lain sebagainya Nah, untuk dapat mengetahui langkah-langkahnya seperti apa yang bisa anda lakukan untuk bisa memperbaiki hp yang speakernya tidak berbunyi, silahkan simak tips berikut ini.

Bagaimana Cara Mengatasi Speaker HP Android Tidak Ada Suara?

1. Periksa Pengaturan Volume

Pertama, pastikan pengaturan volume ponsel Anda tidak dalam profil senyap atau silent. Silakan geser penggeser di pengaturan suara HP ke posisi maksimal. Kemudian coba tes dengan membuka aplikasi seperti pemutar musik lalu mainkan.

2. Mulai ulang HP

Langkah kedua setelah Anda mengatur pengaturan suara dan masih tidak mendengar suara apa pun, cobalah untuk me-restart ponsel Anda terlebih dahulu. Silakan matikan kemudian restart sistem di ponsel android Anda. Tunggu sampai menyala dengan sempurna, Anda jangan terburu-buru menjalankan aplikasinya. Ini karena, sistem mungkin masih memuat untuk menyiapkan aplikasi.

3. Coba Dengarkan Menggunakan Headset

Pada langkah cara mengatasi speaker hp android tidak berbunyi, anda perlu menyediakan headset, lalu tancapkan ke hp anda. Kemudian coba putar dan dengarkan lagu melalui aplikasi pemutar musik. Jika Anda mendengar suara speaker, coba lepas konektor headset lagi.

4. Melakukan Hard Reset Telepon

Anda juga dapat mencoba melakukan hard reset untuk mengatur ulang ponsel Android Anda ke pengaturan pabrik. Silahkan coba Wipe data dan factory reset agar sistem Android di hp kamu bisa kembali ke posisi default default dari pabrikan. Tidak sedikit kerusakan pada speaker hp android yang tidak berbunyi bisa diatasi dengan cara reset.

5. Instal ulang ROM

Coba ingat-ingat apakah masalah suara speaker HP tidak berbunyi setelah Anda melakukan root pada ponsel atau baru saja menginstal Stock ROM atau tidak? Jika demikian, maka mungkin ada alasan di sana.

Untuk mengatasi hal tersebut speaker hp android tidak berbunyi karena ini anda bisa install ulang rom hp android. Untuk cara flash setiap hp tentunya bisa berbeda-beda, tutorial cara flash hp bisa anda temukan disini. Demikian ulasan tentang Cara Mengatasi Speaker HP Android Tidak Ada Suara semoga bermanfaat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *