Cara Menghemat Baterai Android

  • Bagikan

Cara Menghemat Baterai Android – Android merupakan salah satu sistem operasi yang cukup boros dalam penggunaan baterai. Ini bukan mutlak karena sistem, ya, bisa karena pengguna atau karena virus. Baterai Android yang cepat habis merupakan masalah yang sudah ada sejak lama.

Jadi, Anda tidak perlu heran jika saat ini Anda sedang mengalami masalah ini. Nah, buat kalian yang merasa “kenapa baterai hp saya boros banget ya?”, tenang saja, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa cara Menghemat Baterai Android.

Cara Agar Baterai Android Tidak Boros

1. Hapus Widget Layar Beranda

Jika ingin menghemat baterai Android, maka Anda harus rela melepas widget di home screen. Tidak harus semua, setidaknya hapus widget yang tidak digunakan sambil meninggalkan widget yang benar-benar dibutuhkan. Mengapa widget menguras baterai Android?

Jadi, widget juga membutuhkan sumber daya untuk beroperasi dengan baik. Seperti menjalankan aplikasi, widget juga bisa menguras baterai Android. Silahkan install widget yang benar-benar dibutuhkan saja. Jika saat ini ada widget yang berfungsi sebagai dekorasi, maka hapus lebih banyak karena dapat menghemat baterai Android.

Bagaimana Cara Menghemat Baterai Android?

2. Gunakan Gambar Wallpaper

Bukan karena semua wallpaper adalah gambar, itu benar. Namun yang saya maksud disini adalah gambar yang tidak bergerak atau bisa dikatakan bukan sebuah gambar animasi. Nah, ketika Anda menggunakan gambar diam, itu menghemat lebih banyak baterai daripada jika Anda menggunakan wallpaper animasi. Jadi, intinya jangan gunakan wallpaper animasi.

3. Kurangi Efek Transisi

Jika Anda memperhatikan saat membuka dan menutup aplikasi, Anda akan melihat transisi yang membuat efek visual Android menjadi lebih keren. Namun, tahukah Anda bahwa efek tersebut menyebabkan baterai Android lebih cepat habis? Namun jangan khawatir, developer Android telah memberikan solusi untuk hal tersebut dan Anda bisa mempraktekkannya dengan mudah. Berikut caranya:

  • Silahkan buka Setting di Android Anda.
  • Setelah itu, buka Tentang Telepon dan pilih Informasi perangkat lunak. Pada informasi software, silahkan tekan 7x pada nomor versi (bisa juga nomor build atau nomor build).
  • Selanjutnya, kembali ke Pengaturan dan pilih opsi Pengembang. Gulir ke bawah dan cari skala Animasi (jendela, transisi, dan animator).
  • Silakan ubah skala animasi menjadi 0,5x atau Anda dapat mematikannya dengan memilih Animation off.
  • Selesai.

Selain untuk menghemat baterai, Anda juga bisa menggunakan cara ini untuk mempercepat kinerja ponsel Android. Jadi, fitur ini bisa dikatakan sebagai fitur yang multifungsi.

4. Sesuaikan Manual Kecerahan

Di Android, Anda dapat mengatur kecerahan sesuai keinginan. Bahkan, Anda juga dapat mengaktifkan fitur Kecerahan adaptif agar Android menyesuaikan kecerahan agar sesuai dengan lingkungan Anda. Namun, untuk menghemat baterai Android, Anda tidak disarankan untuk mengaktifkan fitur Adaptive brightness, melainkan harus mengatur kecerahan secara manual.

Untuk mematikan fitur kecerahan otomatis, Anda dapat pergi ke Pengaturan dan pilih Tampilan. Silakan cari Kecerahan adaptif dan matikan fitur dengan mengklik sakelar di sebelahnya. Setelah itu, Anda hanya perlu mengatur kecerahan secara manual. Jika Anda berada di tempat yang terang, maka Anda bisa menjelaskan kecerahannya, dan sebaliknya.

5. Minimalkan Tidur

Dengan fitur ini, Anda dapat mengatur berapa lama waktu yang dibutuhkan layar Android untuk mati secara otomatis. Bagi saya pribadi, saya selalu mengatur waktu tercepat, yaitu 15 detik. Google juga menyarankan agar membiarkan layar mati lebih cepat. Dengan begitu, baterai Android bisa lebih hemat karena life time layar (setelah ponsel tidak digunakan) jauh lebih cepat. Demikian ulasan tentang Cara Menghemat Baterai Android semoga bermanfaat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *