Cara Merawat Power Bank Agar Awet Dan Kuat

  • Bagikan

Cara Merawat Power Bank Agar Awet Dan Kuat – Tentunya kalian harus tahu untuk merawat power bank sendiri, sayang kan kalau power bank kalian tiba-tiba rusak dan gak tau kenapa, nah disini kalian akan cari tahu semuanya.

Menyadari bahwa baterai pada smartphone sangat penting, banyak vendor yang menjadikan custom power bank sebagai media promosi atau sebagai charger smartphone darurat. Sekarang Anda bisa mendapatkan power bank dengan mudah. Power bank tersedia dengan berbagai merek dan kapasitas penyimpanan daya yang berbeda.

Apalagi sekarang ini banyak bermunculan power bank dengan bentuk yang lucu dan unik. Kamu pasti tidak menginginkan power bank custom yang kamu dapatkan dari teman, keluarga, acara, begitu saja karena kurang perawatan. Nah, pada artikel kali ini Garmenesia akan membahas tentang Cara Merawat Power Bank agar tetap awet dan kuat.

Bagaimana Cara Merawat Power Bank Agar Awet Dan Kuat?

Cara merawat power bank agar awet dan kuat

1. Bijaksana dalam mengisi ulang

Sebagai alat untuk menyimpan daya baterai, power bank juga dapat diisi ulang, power bank harus diisi ulang agar selalu dapat digunakan dalam keadaan darurat. Sama seperti smartphone, Power bank juga menggunakan jenis baterai yang dapat Anda isi ulang, yaitu Li-Ion (Lithium-Ion) dan Li-po (Lithium-polymer).

Kedua jenis baterai memiliki siklus hidup yang berbeda, Anda dapat melihat jenis baterai dengan melihat permukaan bank daya. Jika power bank memiliki jenis baterai Li-Ion, siklus hidup adalah 500 kali isi ulang.

Sedangkan power bank yang menggunakan baterai jenis Li-Po memiliki life cycle 1000 kali pengisian ulang. Jika sudah mencapai batas siklus, power bank akan cepat kehabisan daya dan proses pengisian akan memakan waktu lebih lama, jadi jangan terlalu sering mengisi ulang.

2. Isi ulang saat baterai hampir habis

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk membuat power bank lebih awet adalah dengan mengisi ulang saat indikator menunjukkan daya rendah. Jika indikator masih menunjukkan 4 lampu LED maka jangan diisi, tunggu sampai indikator menunjukkan 1 lampu LED. Jangan juga mengisi ulang daya jika indikator masih menunjukkan 2 lampu LED, ini untuk menjaga siklus hidup baterai.

Hindari juga membiarkan daya baterai pada sebuah power bank tidak tersisa sama sekali alias habis. Selain Anda akan kesulitan saat membutuhkan daya darurat, proses pengisian daya juga akan memakan waktu lebih lama dan akan merusak baterai dengan cepat.

3. Charge Hingga Penuh

Cara merawat power bank selanjutnya agar awet adalah dengan mengisi ulang power bank sampai penuh. Tujuannya agar power bank tidak cepat habis dan Anda tidak terlalu sering mengisi daya. Untuk mengetahui apakah power bank sudah terisi penuh anda bisa melihat indikatornya berupa lampu LED atau layar.

Selain itu, keuntungan lain jika Anda mengisi ulang power bank hingga penuh adalah Anda tidak perlu khawatir kehabisan daya smartphone, karena sudah ada power bank yang siap mengisi ulang smartphone Anda.

4. Hindari Pengisian Berlebih

Over charging atau pengisian daya yang berlebihan merupakan hal yang dilakukan kebanyakan orang, baik itu smartphone, laptop atau power bank. Sedangkan untuk perangkat yang tidak memiliki lisensi proteksi over charging, hal ini dapat merusak baterai dengan cepat dan memperpendek siklus penggunaan.

Selalu perhatikan indikator pada power bank, jika indikator menunjukkan 4 lampu LED menyala maka segera hentikan pengisian. Jika Anda membiarkannya dalam keadaan sleep, maka Anda harus menyetel alarm pengingat terlebih dahulu agar tidak overcharge. Demikian ulasan tentang Cara Merawat Power Bank Agar Awet Dan Kuat semoga bermanfaat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *