Khasiat Bunga Belimbing Wuluh untuk kesehatan

  • Bagikan

Ibu-ibu dan remaja putri pasti tahu dengan belimbing wuluh. Buah yang rasanya asam ini sering digunakan sebagai bumbu masakan atau sebagai campuran jamu. Selain untuk menambah cita rasa makanan, ternyata banyak sekali manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan dan kecantikan.

Tidak hanya buahnya saja, daun dan Bunga Belimbing Wuluh juga dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk kesehatan dan kecantikan. Secara khusus pada artikel kali ini akan membahas tentang manfaat bunga belimbing wuluh untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Mengobati batuk

Konsumsi air rebusan bunga belimbing bisa menjadi alternatif obat batuk alami selain obat alami lainnya seperti manfaat rebusan daun salam atau manfaat nasi kencur yang juga sudah umum dikenal.

Membantu mengeluarkan dahak terutama pada bayi dan balita

Beberapa batuk biasanya disertai dengan dahak dan untuk menghilangkannya membutuhkan usaha ekstra yang cukup sulit bagi bayi atau balita. Dengan mengkonsumsi ramuan bunga belimbing wuluh dapat membantu mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan terutama pada bayi dan balita.

Mengatasi asma dan sesak nafas

Rajin mengkonsumsi air rebusan bunga belimbing wuluh yang dicampur dengan gula batu 2-3 kali sehari secara rutin dapat membantu mengatasi penyakit asma dan sesak nafas yang diderita. Selain itu, asma juga bisa diatasi secara alami dengan manfaat jintan hitam atau manfaat jahe.

Mengobati sariawan

Meski terkesan sepele, sariawan yang muncul di area mulut cukup menyakitkan dan mengganggu kenyamanan. Untuk mengatasinya, tersedia berbagai obat siap minum, seperti manfaat adem sari. Namun jika ingin cara yang lebih alami, konsumsi air rebusan bunga belimbing wuluh bisa menjadi pilihan. Air rebusan ini kemudian digunakan untuk membersihkan mulut dengan cara berkumur atau dioleskan pada bagian yang terkena sariawan.

Mengatasi bibir pecah-pecah

Selain itu, air rebusan bunga belimbing wuluh juga dapat mengatasi masalah bibir pecah-pecah yang sering dialami oleh penderita maag. Ada juga bahan alami lainnya seperti manfaat tea tree oil dan manfaat kamboja kering yang juga baik untuk mengobati bibir pecah-pecah.

Bagaimana Bunga Belimbing Bulu Mengatasi Gusi Berdarah?

Kurangnya asupan manfaat vitamin C dapat menyebabkan berbagai penyakit, salah satunya gusi berdarah. Untuk mengatasi hal tersebut tentunya dibutuhkan asupan vitamin C yang cukup. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti bahan bunga belimbing wuluh, manfaat buah bidara, atau manfaat buah cecendet untuk mengatasi masalah tersebut.

Mengontrol wajah berminyak

Bunga belimbing wuluh juga dapat mengontrol wajah berminyak agar tidak terlihat mengkilat dan terlalu berminyak. Selain itu, ada juga manfaat tomat untuk kecantikan kulit yang bisa digunakan sebagai masker wajah yang juga berguna untuk mengontrol wajah berminyak.

Menghambat perkembangan radikal bebas

Hal ini mirip dengan manfaat berbagai buah atau sayuran lainnya seperti manfaat kurma merah, manfaat coklat belanda, atau manfaat kembang kol yaitu untuk melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas.

Mengurangi rasa sakit akibat sakit gigi

Meski tidak bisa mengobati sakit gigi, ramuan bunga belimbing wuluh bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkannya. Selain menggunakan ramuan ini tentunya harus dibarengi dengan konsumsi obat sakit gigi, baik yang alami maupun menggunakan obat-obatan siap pakai yang banyak tersedia di pasaran. Demikian artikel tentang khasiat bunga belimbing wuluh untuk tubuh semoga dapat bermanfaat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *