Khasiat Kapulaga untuk Kesehatan Tubuh

  • Bagikan

Khasiat kapulaga memang tidak bisa dipungkiri, rempahnya sudah terkenal di berbagai negara seperti India dan Arab. Kapulaga juga bisa disebut sebagai bumbu dalam berbagai jenis masakan, salah satunya masakan India.

Kapulaga atau dikenal sebagai salah satu jenis rempah yang berguna sebagai bumbu dapur. Bumbu ini banyak digunakan sebagai bumbu masakan Indonesia dan masakan Asia lainnya. Selain itu, juga dikenal sebagai salah satu rempah termahal ketiga setelah kunyit dan vanila.

Kapulaga merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang dihasilkan dari berbagai jenis tumbuhan. Bumbu dapur dihasilkan dari biji tanaman dari genus (geneus) Elettaria dan Amomun. Tanaman penghasil rempah-rempah ini termasuk dalam famili Zingiberaceae atau yang kita kenal dengan sebutan jahe.

Tanaman rempah ini banyak mengandung senyawa kimia yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit dan menjaga kesehatan. Selain itu, rempah-rempah merupakan sumber zat besi dan mangan. 100 g polong mengandung 13,97 mg zat besi atau sekitar 175% dari asupan nutrisi harian yang direkomendasikan.

Zat besi yang terkandung dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah dan metabolisme sel. Nah, tidak hanya itu bumbu daput ini juga kaya akan vitamin yang penting bagi tubuh seperti riboflavin, niacin, dan vitamin C.

Apa Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan?

Mengurangi stres

Kandungan minyak atsiri yang terdapat pada rempah-rempah ini merupakan salah satu minyak yang memiliki sifat antidepresan yang dapat digunakan sebagai aromaterapi atau obat herbal untuk meningkatkan mood. Mengkonsumsi atau menghirup aroma kapulaga dipercaya memiliki efek sedatif atau menenangkan.

Mencegah osteoporosis

 Zat-zat pada kapulaga memiliki manfaat untuk menjaga kepadatan tulang dan kesehatan tulang. Kepadatan tulang yang terjaga akan mencegah terjadinya osteoporosis. Terutama bagi wanita dalam masa pasca menopause.

Menurunkan risiko kanker

Kandungan anti-karsinogenik dalam kapulaga adalah sifat pencegah kanker yang merupakan salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia dan juga menurut penelitian bahwa rempah-rempah ini memiliki hasil positif dalam menangkal kanker kolorektal hingga 48%.

Mengobati gangguan kencing dan menjaga kesehatan kesehatan ginjal

Rempah-rempah juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kencing karena kandungan nutrisi di dalamnya telah digunakan sebagai obat penyakit saluran kemih dan infeksi seperti sistitis dan gonore.

Selain itu, bumbu dapur ini juga memiliki sifat diuretik yang berguna untuk menjaga kesehatan ginjal alias menjaga dari radang ginjal atau nefritis. Kesehatan ginjal dan saluran kemih yang terjaga akan sangat membantu kelancaran sistem ekskresi tubuh

Kenapa Kapulaga Dapat Menurunkan Tekanan Darah?

Peneliti mengungkapkan bahwa efek diuretik pada kapulaga dapat membuatnya bekerja untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Efek diuretik ini berarti dapat meningkatkan buang air kecil untuk mengeluarkan air yang menumpuk di dalam tubuh, misalnya di sekitar jantung.

Kendalikan kolesterol

Kandungan mikronutrien yang ditemukan diyakini mampu mengatasi lonjakan lipid yang terjadi di dalam tubuh. Eksperimen yang dilakukan oleh enzim antioksidan hati dan jantung eksperimental dari rempah-rempah ini pada tikus yang diberi diet tinggi lemak menunjukkan bahwa enzim antioksidan memiliki efek tinggi pada kadar kolesterol dan mampu membantu mengendalikannya sepenuhnya.

Mencegah pembekuan darah

Senyawa dalam bumbu ini juga dapat berfungsi untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah yang berbahaya, yaitu dengan mencegah agregasi trombosit yang menempel pada dinding arteri.

Mencegah infeksi

Melindungi tubuh dari berbagai penyakit infeksi, kapulaga memiliki sifat antimikroba, sehingga mampu melawan berbagai jenis bakteri, virus, dan jamur tertentu yang dapat menyebabkan infeksi dan gangguan pada tubuh.

Nah, itulah beberapa manfaat luar biasa dari bumbu dapur kapulaga untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menyediakan bumbu-bumbu tersebut di rumah agar bisa dikonsumsi setiap beberapa hari sekali agar tubuh tetap fit dan daya tahan tubuh tetap terjaga. Demikian artikel tentang khasiat kapulaga untuk kesehatan tubuh.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *