Manfaat Ibu Hamil Konsumsi Kapulaga

  • Bagikan

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan rempah-rempah. Berbagai jenis rempah-rempah mudah ditemukan di Indonesia. Rempah-rempah seperti jahe, kunyit, kayu manis, pala, dan kapulaga biasanya digunakan untuk menambah rasa pada makanan.

Salah satu jenis bumbu yang sering digunakan Anda untuk bahan dasar makanan adalah kapulaga. Selain berfungsi sebagai bumbu masakan, kapulaga juga dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan sabun, parfum, dan pasta gigi.

Maka tidak heran jika kapulaga dikenal sebagai rempah yang kaya akan manfaat kesehatan, termasuk untuk kesehatan ibu hamil. Nah, bagi ibu yang sedang hamil tidak perlu khawatir saat Konsumsi Kapulaga.

Pasalnya, kapulaga masih aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Bahkan kapulaga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Apa saja manfaat kapulaga untuk ibu hamil? Berikut manfaat seorang ibu hamil konsumsi kapulaga.

Mengurangi Gejala Mual

Manfaat kapulaga yang pertama untuk ibu hamil adalah meredakan rasa mual yang biasa dirasakan ibu hamil muda. Mual menyebabkan nafsu makan menurun dan kesulitan dalam beraktivitas. Untuk meredakan gejala mual, Anda bisa mengonsumsi minuman kapulaga.

Cara membuatnya cukup mudah, yaitu mencampur hangat, bubuk kapulaga, dan madu. Anda juga bisa kasih sedikit perasan jeruk nipis. Minumannya bisa dinikmati pada pagi dan sore hari atau saat gejala mual datang.

Menghilangkan stres

Selain merasa mual, kehamilan juga menyebabkan stres dan perubahan suasana hati. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormonal dalam tubuh ibu. Saat stres, Anda biasanya akan mengunci diri di kamarnya dan tidak mau pindah.

Sedangkan saat hamil, Anda dianjurkan untuk lebih banyak bergerak. Kapulaga mampu mengurangi stres dan depresi selama kehamilan. Pasalnya, kapulaga memberikan sensasi menenangkan pada tubuh sehingga mood ibu bisa kembali membaik.

Mengontrol kadar gula

Bagi ibu yang memiliki riwayat diabetes, tidak ada salahnya mengonsumsi kapulaga yang sudah dicampur dengan air hangat. Salah satu penelitian yang dilakukan oleh United States National Kapulaga dapat mengontrol kadar gula darah. Jika kadar gula dapat dikontrol, maka risiko terkena diabetes gestasional juga lebih kecil. Selain itu, kapulaga juga mengandung mineral mangan yang diketahui dapat menurunkan risiko diabetes.

Apa Manfaat Lainnya Dari Konsumsi Kapulaga?

Membuat tubuh lebih rileks

Manfaat selanjutnya adalah bisa membuat tubuh lebih rileks. Manfaat tersebut terkait dengan perubahan suasana hati saat hamil atau tubuh yang mudah lelah setelah beraktivitas. Anda bisa membuat minuman kapulaga setelah seharian beraktivitas.

Aroma kapulaga dapat meningkatkan sirkulasi darah di paru-paru sehingga dapat meningkatkan fungsi pernapasan. Oleh karena itu, minuman kapulaga juga bermanfaat bagi ibu yang mengalami demam atau memiliki riwayat asma.

Membunuh kuman di mulut

Bagi ibu yang tidak percaya diri berbicara di depan umum karena memiliki masalah bau mulut, sebaiknya segera konsumsi kapulaga. Karena kapulaga mengandung cineole yang mampu membunuh kuman di dalam mulut. Oleh karena itu, kapulaga dikenal sebagai bumbu yang dapat mencegah bau mulut.

Maka tidak heran jika kapulaga bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pasta gigi. Itulah beberapa manfaat kapulaga untuk ibu hamil. Menjaga kesehatan janin dalam kandungan memang menjadi prioritas utama, namun Anda juga harus memperhatikan kesehatan Anda sendiri selama hamil.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan sendiri adalah dengan mengkonsumsi kapulaga. Anda bisa mencampurnya dalam masakan atau membuat minuman hangat. Demikian artikel tentang manfaat ibu hamil konsumsi kapulaga semoga dapat bermanfaat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *