Ciri dan Bahaya Kosmetik Mengandung Merkuri Untuk Wajah

  • Bagikan
Ciri Dan Bahaya Kosmetik Mengandung Merkuri
Ciri Dan Bahaya Kosmetik Mengandung Merkuri

HARIAN.ID – Ciri dan Bahaya Kosmetik Mengandung Merkuri Untuk Wajah Bagi kalian kaum perempuan ataupun pria yang suka bersolek dan menggunakan kosmetik maka pastinya ada salah satu zat yang terkandung di dalam kosmetik yang harus kalian hindari yaitu bahan merkuri dikarenakan sangat berbahaya untuk wajah apabila masuk ke dalam kulit manusia dan selanjutnya, penggunaan merkuri dalam waktu lama bukan hanya bisa merusak wajah seseorang akan tetapi bisa menimbulkan kematian.

Merkuri adalah salah satu bahan yang sangat berbahaya yang biasanya dimasukkan ke dalam bahan kosmetik dimana mempunyai ciri dan juga bahaya tersendiri ketika kosmetik di dalamnya terdapat bahan tersebut. Bukan hanya dilarang di Indonesia akan tetapi penggunaan merkuri untuk kosmetik sebetulnya sudah dilarang oleh WHO dimana Who sendiri sempat memberikan penjelasan terkait bentuk merkuri yang berbeda dalam tingkat toksisitas dan juga efek di sistem saraf selanjutnya sistem pencernaan dan kekebalan tubuh manusia.

Selanjutnya Salah satu zat berbahaya yang terdapat di dalam kosmetik tersebut bisa ditemukan dalam beberapa kosmetik terutama Skin Care atau perawatan kulit dan hampir kebanyakan merkuri digunakan sebagai krim pencerah kulit wajah dalam kosmetik yang hanya membutuhkan waktu yang instan.

Untuk penggunaan zat ini dalam kadar yang paling tinggi maka biasanya ditemukan pada produk yang menjanjikan untuk memudarkan bintik hitam selanjutnya noda dan garis halus secara cepat dan lain sebagainya Akan tetapi jika terus digunakan dan diaplikasikan pada wajah malah sangat berbahaya dikarenakan bisa merusak wajah malah bisa mengakibatkan kematian.

Bahaya Kosmetik Mengandung Merkuri

Berikut adalah beberapa efek samping atau ciri yang bisa kalian kenali dari wajah seseorang yang terkena bahan merkuri diantaranya adalah:

Wajah cepat glowing

Dalam penggunaan pertama dan beberapa waktu memang merkuri ini sangat dipercaya bisa membuat wajah seseorang menjadi langsung blowing akan tetapi secara tidak disadari ketika terus digunakan maka akan mengalami kecanduan dan hal ini menjadi salah satu ciri dari wajah yang terpapar merkuri.

Wajah semakin rusak

Walaupun untuk awal penggunaan wajah akan cepat putih dan glowing akan tetapi ternyata dari hasil penelitian para dokter kosmetik mengandung merkuri tidaklah sangat baik untuk digunakan apalagi melebihi ambang batas dikarenakan hal ini malah bisa merusak wajah seseorang semakin rusak dan patal.

Kecanduan

Salah satu ciri yang lain bagi kalian yang memang terpapar merkuri yaitu kalian akan kecanduan menggunakan kosmetik tersebut sehingga ketika kalian berhenti Maka akan muncul kerusakan di area wajah seperti wajah Brutus sampai muncul flek hitam ataupun jerawat.

Kerusakan ginjal

Salah satu hal yang paling fatal dalam penggunaan merkuri yaitu akan munculnya kerusakan pada ginjal dan juga permasalahan pada kulit yang lain dimana produk kosmetik yang mengandung merkuri dari waktu ke waktu dapat secara perlahan menguap ke udara dan senyawa ini bisa mencemari seluruh rumah dan mempengaruhi anggota keluarga yang lain dan sangat berbahaya jika terus digunakan.

Bukan hanya kerusakan ginjal saja akan tetapi zat berbahaya ini sangat berbahaya untuk ibu hamil ibu menyusui dan anak-anak.

Ciri kosmetik mengandung merkuri

Berikut adalah beberapa ciri yang harus kalian ketahui tentang kosmetik yang didalamnya terdapat zat merkuri diantaranya adalah sebagai berikut:

Tidak terdaftar di BPOM

Dipastikan apabila kosmetik yang mengandung merkuri maka tidak mempunyai nomor registrasi yang terdaftar di BPOM dimana diketahui apabila nomor BPOM merupakan salah satu cara paling mudah untuk mengetahui Apakah produk kosmetik mengandung merkuri ataupun tidak.

Tekstur produk cenderung kasar

Selanjutnya kosmetik yang didalamnya mengandung merkuri selain terlalu lembek ternyata tekstur yang paling mudah dikenali dari produk tersebut yaitu cenderung kasar.

Bau logam menyengat

Untuk kosmetik yang mengandung bahan merkuri dipastikan didalamnya mempunyai aroma seperti belerang sehingga bau logamnya sangat menyengat dan salah satu cara yang dilakukan oleh para produsen nakal untuk menyiasati hal tersebut yaitu dengan menambahkan parfum sebagai campuran pada produk kosmetik.

Ciri pada krim pemutih

Selanjutnya untuk ciri pada beberapa krim kosmetik yang bertujuan untuk skin care pemutih wajah ataupun tubuh maka biasanya tekstur cream sangat lengket dan selanjutnya untuk mengelabui para konsumen maka produsen akan mencampurkan merkuri dengan bedak dingin supaya tekstur menjadi lebih encer.

Kosmetik tidak menyatu dengan baik dengan kulit

Selanjutnya ciri terakhir kosmetik yang didalamnya mengandung bahan merkuri yaitu ketika kalian memakai kosmetik tersebut maka tidak dapat menyatu dengan baik bersama kulit hal tersebut dikarenakan produk kosmetik dengan kandungan bahan merkuri tak bisa bercampur dengan minyak alami kulit.

  • Bagikan