Perkembangan Teknologi Dan Dampaknya

  • Bagikan

Perkembangan Teknologi Dan Dampaknya – Perkembangan teknologi saat ini berkembang pesat setiap hari dan membuat hidup lebih mudah. Apalagi di masa pandemi ini dimana kita diharuskan stay at home. Salah satu contohnya adalah kita bisa mendapatkan barang yang kita butuhkan hanya dengan beberapa klik dimana sebelumnya kita harus mengunjungi toko secara langsung.

Namun, tahukah Anda apa sebenarnya teknologi itu dan apa dampaknya? Perkembangan Teknologi pada artikel kali ini, kita akan membahas apa sebenarnya arti teknologi, fungsi dan manfaat teknologi dalam kehidupan kita, serta dampak positif dan negatif dari perkembangan teknologi. Tanpa basa-basi lagi, mari kita bahas.

Pengertian Teknologi dan Contohnya

Teknologi adalah segala sarana dan prasarana dalam berbagai bentuk yang memenuhi kebutuhan hidup dan meningkatkan kenyamanan hidup manusia. Pada awalnya, bentuk teknologi yang dapat membuat hidup lebih mudah adalah sebuah barang.

Namun seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi juga mencakup benda-benda yang sebenarnya tidak bisa kita sentuh. Salah satu contoh utama adalah browser yang Anda gunakan untuk membaca artikel ini. Apa yang Anda sentuh sebenarnya bukan browser Anda tetapi gadget Anda, yang merupakan contoh perkembangan teknologi dalam pengertian tradisional.

Fungsi dan Manfaat Teknologi

Di masa pandemi ini, teknologi sangat berguna untuk membantu menopang kehidupan manusia. Seperti yang kita ketahui, kita sangat disarankan untuk tidak keluar rumah jika bukan hal yang mendesak untuk mengurangi kemungkinan terpapar COVID-19. Aplikasi yang dapat melakukan panggilan video, memesan makanan dan kebutuhan lainnya secara online.

Dan yang paling penting, internet, telah memberikan kontribusi besar untuk memastikan bahwa manusia dapat tetap berhubungan satu sama lain dan kebutuhan dasar mereka terpenuhi. Selain itu, teknologi dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan dan dalam beberapa kasus, meningkatkan produktivitas.

Dampak Perkembangan Teknologi Yang Dapat Dirasakan

Pesatnya perkembangan teknologi tentunya akan mengubah gaya hidup kita, dan seperti yang telah dibahas sebelumnya, membuat hidup lebih mudah secara umum. Namun, perkembangan teknologi ibarat pedang bermata dua. Artinya, meski di satu sisi banyak dampak positifnya, di sisi lain juga ada dampak negatifnya.

Dampak Positif dari Perkembangan Teknologi

Sisi dampak yang akan kita bahas terlebih dahulu adalah dampak positif yang diberikan oleh perkembangan teknologi dalam kehidupan kita sehari-hari. Beberapa dampak positif dari perkembangan teknologi adalah sebagai berikut:

– Mepersingkat dan mempermudah proses pertukaran informasi

– Meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja

– Memungkinkan pembelajaran online sepenuhnya

– Dapat berkomunikasi dengan orang lain meskipun tidak berada di lokasi yang sama

Dampak Negatif dari Perkembangan Teknologi

Dampak positif yang dirasakan oleh perkembangan teknologi dapat mempermudah dan meningkatkan kenyamanan hidup kita. Namun, ada beberapa dampak negatif dari perkembangan teknologi jika tidak digunakan dengan bijak. Beberapa dampak negatif dari perkembangan teknologi dapat dilihat di bawah ini:

– Kecanduan gadget yang Anda miliki dan aplikasi yang ada di dalamnya

– Berkurangnya sosialisasi antar manusia karena terlalu fokus pada diri sendiri yang berinteraksi dengan teknologi.

– Meningkatnya jumlah pengangguran karena lebih banyak perusahaan yang menggunakan teknologi daripada manusia.

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa teknologi yang terus berkembang dapat membuat hidup kita lebih mudah dan nyaman. Meski begitu, jika tidak dimanfaatkan dengan bijak, ada beberapa dampak negatif yang justru memperburuk kualitas hidup kita. Bagaimana kita menyikapi dampak perkembangan teknologi tergantung pada diri kita sendiri. Demikianlah ulasan tentang perkembangan teknologi dan dampaknya semoga bermanfaat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *