Perkembangan Teknologi di Bidang Ekonomi

  • Bagikan

Perkembangan Teknologi di Bidang Ekonomi – Di era modern seperti sekarang ini, banyak orang membutuhkan alat yang praktis, untuk memudahkan manusia dalam melakukan berbagai aktivitas.

Teknologi memiliki peran yang sangat penting untuk mendukung kemudahan tersebut. Sudah banyak teknologi yang diciptakan manusia untuk mewujudkan keinginan manusia itu sendiri. Upaya ini dilakukan, agar kita tidak perlu lagi repot melakukan aktivitas yang melelahkan.

Bidang Ekonomi bayangkan saja saat ini, dengan menggunakan teknologi, manusia dapat berkomunikasi, mencari informasi, dan belajar di mana saja. Kemajuan teknologi yang telah dicapai saat ini sangat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan manusia. Sebagai contoh: hampir setiap orang tidak lepas dari keberadaan teknologi.

Setiap orang menggunakan HP sebagai alat komunikasi jarak jauh langsung untuk berkomunikasi dengan orang lain. Jika Anda ingin melakukan perjalanan jarak jauh, yang harus Anda lakukan adalah naik pesawat dan tiba di tempat tujuan. Dengan demikian dapat dipahami bahwa dengan adanya teknologi.

Manusia sangat terbantu untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari, namun di sisi lain manusia juga harus mewaspadai berbagai macam ancaman yang dapat ditimbulkan oleh adanya teknologi ini, yang nantinya dapat merugikan manusia itu sendiri.

Dalam perekonomian suatu negara, saat ini jarak dan waktu bukanlah masalah yang signifikan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Berbagai macam aplikasi dibuat untuk memudahkan hal tersebut.

Perekonomian suatu negara bisa dilihat dari suatu perkembangan teknologi informasi dan komunikasinya di negara tersebut. Semakin tinggi perkembangan teknologi informasi, maka semakin tinggi pula pertumbuhan ekonomi negara tersebut.

Berikut dampak positif dan negatif dari perkembangan teknologi dalam perekonomian:

Dampak positif Pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi, Terjadinya industrialisasi, dan Produktivitas dunia industri semakin meningkat. Kemajuan teknologi akan meningkatkan produktivitas dunia industri, baik dari aspek teknologi industri maupun dari aspek jenis produksi.

Investasi dan reinvestasi yang berlangsung dalam skala besar akan semakin meningkatkan produktivitas perekonomian dunia. Ke depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting.

Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa teknologi bisnis akan segera muncul yang memungkinkan konsumen individu untuk memiliki kontak langsung dengan pabrik sehingga layanan dapat dilakukan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting, konsumen tidak perlu pergi ke toko.

Tren perkembangan teknologi dan ekonomi akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang dibutuhkan. Oleh karena itu, pendidikan yang dibutuhkan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang terus berubah.

Dampak Negatif Kerahasiaan alat tes terancam. Program uji kecerdasan seperti Raven test, Differential Aptitude Test dapat diakses melalui compact disk. Implikasi dari masalah ini adalah tes psikologi yang ada akan mudah bocor, dan perkembangan tes psikologi harus mengikuti kecepatan kebocoran melalui internet.

Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan kejahatan. Kita tahu bahwa kemajuan pendidikan juga menghasilkan generasi yang berilmu tinggi tetapi akhlaknya rendah. Misalnya, dengan ilmu komputer yang tinggi, orang akan mencoba menerobos sistem perbankan dan lain-lain.

Perekonomian negara dapat dilihat dari perkembangan teknologi informasi dan komunikai. Semakin tinggi perkembangan teknologi informasi maka tinggi pula pertumbuhan ekonomnya. Namun perkembangan teknologi informasi ini juga memiliki sisi negatif, dimana banyak teknologi dalam melakukan tindak kriminal. Demikianlah ulasan tentang perkembangan teknologi di bidang ekonomi semoga bermanfaat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *