Beberapa Cara Membuka File PDF di Android Tanpa Aplikasi Tanpa Install

  • Bagikan
Cara Membuka File PDF di Android Tanpa Aplikasi
Cara Membuka Dan Membaca File PDF Di Android

HARIAN.ID – Pekerjaan yang semakin menuntut produktivitas, serta fleksibilitas membuat kita harus siap membuka dokumen apapun dimanapun. Salah satu hal yang sering kita perlu untuk ketahui adalah Cara Membuka File PDF di Android Tanpa Aplikasi. Ini beberapa tips-nya:

Beberapa Cara Membuka File PDF di Android Tanpa Aplikasi

Tanpa perlu meginstall atau mengunduh program apapu, ini adalah cara membuka file PDF di android tanpa aplikasi. Ini bisa dilakukan baik di tab maupun di platform apapun selama menggunakan Android sebagai sistem operasi gawai-nya.

1.    Menggunakan aplikasi bawaan PDF Reader

Tanpa perlu mengunduh aplikasi apapun, sebenarnya kita memiliki program atau alat untuk membaca format PDF di Android. Adobe Reader maupun PDF Reader telah tersedia. Anda cukup masuk ke pengaturan, lihat di aplikasi  dan temukan mereka sebelum di aktifkan.

Bedanya, Adobe Reader biasanya terhubung dengan akun Adobe yang lain – ia bisa melakukan pengeditan seperti menambah bagian ter-stabilo dan juga menambahkan berbagai gambar atau tulisan lain.

PDF Reader tidak seperti Adobe sayangnya tidak memiliki kemampuan tersebut. Namun ia cukup berguna karena bisa memindai, membaca dan mengirimkan file dengan mudah lewat surel maupun apikasi Whatsapp.

Kedua program tersebut merupakan program gratis dan sudah terpasang – siap dijalankan. Apabila anda kesulitan mempergunakan keduanya, atau kesulitan mencarinya – anda bisa buka pengaturan, klik aplikasi – cari kedua aplikasi tersebut di sana dan tekan tombol aktifkan.

2.    Built-in Microsoft Office

Tanpa perlu download aplikasi lain, di dalam Android terdapat pembaca PDF yang berasal dari Microosoft. Ya, Microsoft Office, Word, PPT, Excel dan lain-lain siap untuk membaca PDF. Biasanya yang mereka akan menyesuaikan aplikasi mana yang terbuka.

Anda cukup membuka produk PDF di Android dan mereka akan mengarahkan anda kepada aplikasi yang membukakan PDF tersebut sesuai dengan layout dan ukuran dari file yang sedang ingin anda lihat atau edit di di Android anda.

3.    Melalui Google Drive

Apabila anda wajib mengerjakan sesuatu dan ditambah lagi anda harus mengedit secara bersamaan dengan rekan kerja anda, maka kami sangat menyarankan anda menggunakan Google Drive. Hal ini akan mempermudah interaksi dan revisi yang anda sedang kerjakan.

Alasannya, Drive mengizinkan kita untuk membuka dan mengedit tanpa harus mengunduh aplikasi yang rumit untuk mengedit dan membaca dokumen PDF. Editan di drive yang bisa dilakukan biasanya mirip seperti aplikasi Adobe – stabile, penambahan teks namun tidak bisa menghapus.

4.    Android Internal Reader

Selain DroidReader di atas, sebenarnya terdapat fungsi (bukan aplikasi) yang bisa membuka dokumen PDF di Android tanpa harus menggunakan aplikasi yang ribet. Anda bisa mencoba hal ini lewat menu pengaturan dan mencari dokumen.

Jadi langkah pertama adalah gunakan menu folder untuk mencari file dokumen. Pilih file yang anda ingin baca lalu tap dan tahan sedikit lama – akan ada opsi yang memberikan pilihan untuk anda membuka file tersebut. Bila anda menggunakan cara ini, tak perlu aplikasi namun fungsi Android.

5.    Menggunakan Photo Reader

Beberapa fungsi Android yang membaca foto bisa juga membaca PDF sebagai foto. Caranya adalah membuka file ini di folder, lalu memilih fungsi Photo Reader sebagai pembuka file-nya. Biasanya nanti Photo Reader akan berusaha mengenali file tersebut.

Apabila sukses, Photo Reader akan membuka file tersebut sebagai foto dan bisa dibaca secara memanjang ke bawah. Biasanya cara ini berhasil apabila anda mencoba membuka buku E-Book. Utamanya E-Book yang memiliki banyak sekali gambar.

6.    PDF Viewer Pro

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat kita membuka dan membaca file PDF, PDF Viewer Pro biasanya sudah terpasang di Android dan siap digunakan untuk berbagai kebutuhan dokumen. Ia bisa membuka EPUB juga dan dokumen lain seperti Manga.

PDF Viewer Pro dalam panilaian kami lebih baik dibandingkan beberapa aplikasi yang terpasang di Android lainnya. Hal ini dikarenakan ia mampu membuka lebih banyak format tulisan dan siap membaca gambar-gambar juga.

7.    CamScanner

CamScanner merupakan aplikasi untuk memindai dan mentransformasikan gambar maupun tulisan menjadi PDF. Ini juga bisa digunakan untuk membaca dan melihat berbagai file termasuk EPUB dan PDF. Ini yang menjadikannya salah satu aplikasi terbaik untuk membaca PDF.

Sayangnya, karena ia lebih berat sebagai program pengolahan gambar, ia kurang lebih tidak bisa melakukan editing. Ini menjadikan CamScanner kurang efektif karena tidak bisa men-stabilo maupun mengganti teks yang ada di PDF kita

8.    ilovePDF.com

Apabila anda masih bisa mengakses internet, kami merekomendasikan ilovePDF.com untuk diakses lewat browser anda. Tanpa harus menngunduh aplikasi apapun di Andorid, anda bisa membaca, merubah dan bahkan mengedit kata-kata di PDF tersebut dalam satu situs.

Anda cukup masuk ke ilovepdf.com, pilih menu editing PDF, lalu sisanya tinggal anda mengubah, membaca dan menambahkan kata-kata pada dokumen tersebut. Setelah itu, anda bisa mengubahnya menjadi JPEG, EPUB maupun format-format lainnya.

Begitulah beberapa cara untuk mengedit dokumen PDF di Android tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan yang rumit. Sekarang, and bisa langsung mencobanya dengan Android anda sendiri. Hal-hal seperti ini memang penting diketahui untuk menunjang produktivitas kita.

Aplikasi dan fungsi yang sudah kami berikan di sini mungkin tidak terdapat di semua versi Android. Ini karena beberapa update menghapus beberapa fungsi yang dulu ada karena disatukan ke tempat lain. Silahkan coba menurut versi Android yang anda gunakan.

  • Bagikan