Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

  • Bagikan

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) – Manusia adalah makhluk Tuhan yang paling sempurna. Selain akal dan pikiran kita, kita juga diberi hati untuk mengolah rasa. Kita tidak bisa hidup sendiri sebagai konsekuensi dari perasaan ini. Perasaan senang, sakit, cemas dan rasa memiliki, semua datang silih berganti tanpa mengenal waktu dan hari.

Saat kita bahagia kita bisa tertawa atau sebaliknya akan menangis saat kita sedih. Begitu juga ketika kita membutuhkan sesuatu, kita akan menggali informasi, bertanya kepada siapa saja dan kemudian berusaha mendapatkannya kembali. Fenomena ini dapat menjadi pendekatan kita untuk memahami betapa pentingnya makna kebersamaan dalam lingkungan sosial.

Teknologi Informasi apapun latar belakang Anda, dari mana pun Anda berasal dan di mana Anda berdiri, Anda tidak bisa lepas dari kehidupan sosial. Baik dalam keluarga, organisasi atau masyarakat, bersosialisasi merupakan kegiatan yang harus dilakukan. Dalam perjalanannya kebutuhan akan sarana informasi dan komunikasi mutlak harus dipenuhi.

Berbagai informasi yang masuk dan keluar akan bergantung pada infrastruktur yang kita gunakan. Berita yang dikumpulkan dari sumber yang kredibel memiliki potensi yang lebih tinggi untuk mendekati kebenaran daripada gosip atau rumor yang biasanya hanya menyebar dari mulut ke mulut.

Bahkan informasi terkecil akan berguna bagi kita. Sebagai cara untuk memahami situasi yang berkembang, terutama bagi anda yang sangat membutuhkan sesuatu dengan referensi, tentunya akan sangat membantu baik dari media cetak, elektronik maupun online melalui internet.

Untuk mendapatkan berita yang up to date (terbaru) atau juga bisa disebut terkini, kecepatan dalam mengakses berita juga penting dimana hal ini hanya dapat diperoleh dengan media teknologi modern seperti saat ini yang tersedia dan banyak digunakan.

Semua informasi yang masuk harus diolah untuk kemudian dijadikan acuan dalam mengambil keputusan setelah kita mempertimbangkannya dengan matang. Untuk selanjutnya, tema teknologi informasi dan komunikasi ini akan membahas lebih jauh pengertian, hubungan antara keduanya dan praktiknya dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Teknologi Informasi (IT)

Teknologi informasi mencakup segala sesuatu yang berkaitan dengan mekanisme, pemanfaatan infrastruktur peralatan, pengolahan termasuk modifikasi informasi.

Memahami Teknologi Komunikasi

Teknologi komunikasi mewakili segala sesuatu yang berhubungan dengan alat atau perlengkapan untuk mengirim data berupa pesan atau lainnya dari satu tempat ke tempat lain.

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Teknologi Informasi dan Komunikasi, adalah istilah umum yang mencakup semua peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi atau semua kegiatan yang berkaitan dengan pengolahan, pengelolaan dan penyampaian atau transfer informasi antar sarana atau media.

TIK mencakup dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Aktivitas yang menggunakan sistem untuk memproses dan atau memodifikasi dan mentransfer informasi dari satu media ke media lainnya.

Pengertian teknologi informasi dan komunikasi dalam artikel ini memiliki arti yang luas, artinya dapat diterapkan pada berbagai aspek kehidupan. Misalnya dalam bidang pendidikan adalah komputerisasi sebuah institusi sekolah.

Dimana semua hal terkait berupa data siswa, tenaga pengajar, administrasi dan lain sebagainnya terintegrasi menjadi satu jaringan. Setiap divisi dapat saling terhubung dan mengakses semua informasi dengan mudah. Selain itu, penerapan sistem online di internet dapat menjadi alternatif strategis baru.

Dengan metode ini, semua informasi penting tentang civitas akademika, termasuk yang terkait dengan kegiatan belajar mengajar, dapat diakses dengan mudah dan fleksibel. Demikialah ulasan tentang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) semoga dapat bermanfaat buat Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *