4 Fakta Cacar Monyet Yang Ditetapkan Wabah Global Oleh WHO

  • Bagikan
4 Fakta Cacar Monyet Yang Ditetapkan Wabah Global Oleh WHO
4 Fakta Cacar Monyet Yang Ditetapkan Wabah Global Oleh WHO

HARIAN.ID – 4 Fakta Cacar Monyet Yang Ditetapkan Wabah Global Oleh WHO Who Belum lama ini resmi menetapkan apabila cacar monyet atau monkeypox menjadi Public Health Emergency of International Concern atau istilahnya darurat Kesehatan Global yang patut diperhatikan oleh masyarakat yang ada di dunia dimana status tersebut sama dengan status wabah covid 19 yang mulai ditetapkan pada bulan Januari 2020 yang akhirnya berubah menjadi pandemi.

Ada beberapa fakta tentang wabah cacar monyet atau monkeypox yang saat ini sudah resmi ditetapkan oleh WHO sebagai ancaman global dan mereka meminta supaya masyarakat di dunia waspada dengan penyakit ini terutama pada masalah kesehatan. Apabila organisasi kesehatan dunia sudah memberikan signal seperti itu maka dipastikan dan akan ada ancaman signifikan bagi kesehatan global dan membutuhkan koordinasi respon internasional terkait pencegahan dan penanganan dari wabah monkeypox

Seperti dikutip dari laman cnbc organisasi kesehatan dunia WHO sebelumnya sempat menolak penetapan kedaruratan Global untuk wabah cacar monyet pada Sidang terakhir di bulan kemarin akan tetapi seiring makin meningkatnya infeksi dalam beberapa pekan maka tedros adhanom ghebreyesus selaku dirigen Who langsung mengambil keputusan apabila cacar monyet naik level menjadi darurat global.

Fakta cacar monyet

Berikut adalah beberapa fakta yang harus kalian ketahui tentang pandemi yang belum lama ini ditetapkan oleh WHO supaya masyarakat di dunia Waspada.

Jumlah kasus monkeypox

Dikabarkan apabila sekarang ini 16.000 kasus cacar monyet Telah dilaporkan lebih dari 70 negara dan jumlah konfirmasi kasus meningkat sebanyak 77% dari akhir bulan Juni sampai awal Juli 2022.

Sebanyak 5 kematian resmi dilaporkan diantaranya di Afrika pada tahun sekarang ini dan di luar Afrika belum ada laporan kematian dan dikabarkan kasus ini sembuh dalam waktu 2 atau 4 Minggu.

Wabah Global terakhir adalah covid-19

Organisasi Who terakhir kali menetapkan darurat global PHEIC yaitu ketika penyebaran covid-19 yang terus mulai meluas tepatnya di bulan Januari 2020 dan selanjutnya menjadi naik level menjadi pandemi.

Cacar monyet berbeda dengan covid-19 di mana monkeypox bukankah penyakit baru akan tetapi penyakit lama yang sudah ditemukan sejak tahun 1950-an pada monyet yang ada di Denmark dan selanjutnya kasus pertama yang menginfeksi manusia dikonfirmasi tahun 1970 di daerah Zaire yang sekarang terkenal dengan Republik demokratik Kongo.

Bukan penyakit gay

Menurut organisasi kesehatan dunia Who dipastikan apabila cacar monyet menular utamanya melalui kontak permukaan kulit dan selanjutnya kontak ini dimungkinkan terjadi ketika berhubungan seks dan data saat ini menunjukkan Sebagian besar kasus tersebut ditemukan pada komunitas homoseksual yang selalu berganti pasangan.

Akan tetapi pihak WHO menegaskan Apabila semua orang bisa tertular cacar monyet apapun orientasi seksualnya dan menurut mereka apabila resiko penularan melalui hubungan seksual menurut para ilmuwan sampai sekarang ini masih melakukan penelitian lebih lanjut.

Dari berbagai penelitian menemukan jejak virus cacar monyet ada dalam cairan sperma akan tetapi belum bisa dipastikan Apakah menular melalui sperma atau tidak.

Gejala dan faktor resiko

Ada beberapa gejala dari penyakit ini yang bisa diketahui diantaranya orang yang terserang akan mengalami rasa demam, selanjutnya sakit kepala, nyeri otot, selalu letih, muncul ruam di seluruh tubuh yaitu berbentuk benjolan dan bernanah.

Penularan cacar monyet bisa terjadi melalui droplet pernapasan akan tetapi diyakini membutuhkan paparan yang cukup lama untuk bisa menular dikarenakan partikel droplet tidak bersifat air borne atau menyebar di udara namun dipastikan apabila virus ini bisa menular melalui kontak dengan material terkontaminasi di antaranya pakaian sampai sprei.

  • Bagikan