Malam 1 Suro Jatuh Pada Tanggal 29 Juli 2022

  • Bagikan
Malam 1 Suro Jatuh Pada Tanggal 29 Juli 2022 IGkiramasugeng
Malam 1 Suro Jatuh Pada Tanggal 29 Juli 2022 IGkiramasugeng

HARIAN.ID – Malam 1 Suro Jatuh Pada Tanggal 29 Juli 2022 Bagi Anda yang saat ini tengah mencari informasi tentang kapan Malam 1 Suro 2022, malam 1 Suro jatuh pada tanggal berapa, sampai Apa saja larangan pada malam 1 suro maka pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi untuk anda semua terkait pertanyaan netizen tersebut.

Diketahui apabila Malam 1 Suro dipastikan jatuh pada hari ini, jumat 29 Juli 2022 di mana malam tersebut menjadi malam pertanda awal bulan pertama untuk kalender Jawa dan selanjutnya malam tersebut dipastikan bertepatan dengan 1 Muharram 1444 Hijriah atau malam tahun baru Islam.

Ada sebagian masyarakat yang mungkin belum mengetahui terkait Malam 1 Suro dan supaya Anda lebih mengetahui tentang permasalahan tersebut maka berikut adalah beberapa penjelasan kami tentang sejarah malam Satu Suro.

Malam 1 Suro Jatuh Pada Tanggal 29 Juli 2022

Pengertian Malam 1 Suro yaitu seperti dimuat di dalam situs resmi Kemendikbud RI terkait Satu Suro dimana Satu Suro adalah awal bulan pertama untuk tahun baru Jawa yaitu di bulan Suro dan selanjutnya menjadi penanggalan yang mengacu pada kalender Jawa.

Kalender Jawa pertama kali diterbitkan tahun 1940 oleh Raja Mataram yaitu Sultan Agung hanyokrokusumo dimana kalender Jawa berdasarkan penggabungan untuk penanggalan Hijriah atau yang dipakai sebagai kalender Islam Selanjutnya kalender Masehi dan kalender Hindu.

Selanjutnya pada malam satu suro bertepatan dengan tanggal 1 Muharram atau tahun baru Islam dan biasanya diperingati pada malam hari usai salat magrib pada hari sebelum tanggal satu Suro.

Hal tersebut dikarenakan di dalam kalender jawa untuk pergantian hari dimulai pada saat matahari terbenam dan hari sebelumnya bukan pada tengah malam sebagaimana pergantian hari untuk kalender Masehi.

Perayaan Malam 1 Suro an

Malam tersebut memang sangat lekat dengan budaya Jawa dimana ada larangan dan juga hal yang harus dilakukan dalam Malam Satu Suro, malahan di dalam beberapa film malam tersebut menjadi Malam yang sangat teramat dan menakutkan.

Perayaan malam tersebut biasanya diadakan ritual tradisi iring-iringan rombongan masyarakat atau biasa disebut kirab dan biasanya dilangsungkan di beberapa daerah yang ada di pulau Jawa.

Selanjutnya untuk perayaan Malam Satu Suro yang berlangsung di kota Solo biasanya dirayakan dengan adanya hewan khas kebo bule di mana kebo bule bukan sembarang kerbau akan tetapi kebo bule Kyai Slamet yang mereka anggap sangat keramat dan termasuk salah satu pusaka penting milik Keraton.

Di tempat lain peringatan malam Satu Suro di Yogyakarta biasanya identik dengan keris dan benda pusaka sebagai bagian dari iring-iringan selain itu ada hasil kekayaan alam diantaranya gunungan tumpeng dan benda pusaka menjadi sajian khas dalam kirab.

Perayaan malam tersebut menitikberatkan pada ketentraman batin dan juga keselamatan dan juga pada malam tersebut biasanya diselingi pembacaan doa dari seluruh umat yang hadir dalam merayakan dengan tujuan untuk memperoleh berkah dan supaya bisa menangkal datangnya marabahaya.

Perayaan Malam 1 Suro umumnya selalu berusaha untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan melakukan sejumlah kebaikan sepanjang di bulan Suro.

  • Bagikan