Arti Resesi Penyebab dan Faktor Yang Dialami Amerika

  • Bagikan
Arti Resesi Penyebab dan Faktor Yang Dialami Amerika
Arti Resesi Penyebab dan Faktor Yang Dialami Amerika

HARIAN.ID – Arti Resesi Penyebab dan Faktor Yang Dialami Amerika Seperti diketahui apabila Amerika Serikat saat ini diduga Tengah mengalami Resesi dan selanjutnya, banyak dari warganet yang bertanya terkait pengertian Resesi adalah? Maka pada artikel kali ini kami akan membahas secara tuntas terkait pengertian faktor sampai dampaknya yang bisa dialami oleh negara manapun termasuk Indonesia dan Amerika.

Resesi adalah kelesuan dalam kegiatan dagang industri dan lain sebagainya atau seolah-olah terhenti dan hal ini bisa kalian lihat dari pengertian yang diambil dari Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI.

Arti Resesi Penyebab dan Faktor Yang Dialami Amerika

Selanjutnya pengertian Resesi ekonomi adalah penurunan aktivitas ekonomi yang signifikan dalam waktu yang stagnan dan juga waktu lama dimulai dari berbulan-bulan sampai bisa bertahun-tahun dan hal tersebut seperti dikutip dari website Gramedia.

Hal ini bisa mengakibatkan terjadinya penurunan aktivitas ekonomi mulai dari keuntungan perusahaan, lapangan pekerjaan sampai investasi secara bersamaan dan transaksi ekonomi sangat berbahaya.

Faktor Penyebab Resesi ekonomi

Ada beberapa faktor yang mengakibatkan terjadinya diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Terjadinya penurunan harga atau deflasi
  2. Kenaikan harga yang tajam atau inflasi
  3. Adanya ketidakseimbangan antara produksi dan konsumsi
  4. Pertumbuhan ekonomi yang sangat lambat atau bisa menurun selama 2 Kuartal secara berturut-turut
  5. Nilai impor jauh lebih besar dibandingkan nilai ekspor
  6. Terjadinya tingkat pengangguran yang semakin meningkat.

Dampak Resesi ekonomi

Ada beberapa dampak yang timbul ketika sebuah negara atau sebuah perusahaan mengalaminya diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Akan terjadinya perlambatan ekonomi dimana hal tersebut bisa mengibarkan sektor riil menahan kapasitas produksi dan akibat masalah ini akan muncul PHK.
  • Terjadinya penurunan pada kinerja instrumen investasi dan hal ini bisa menimbulkan investor menaruh dana di bentuk investasi yang aman
  • Akan berkurangnya daya beli masyarakat dan bisa mengakibatkan perekonomian yang sangat sulit sehingga masyarakat berpikiran untuk tidak membeli barang tersebut sehingga mereka akan mempertimbangkan dalam memakai uang untuk hal yang memang lebih penting.

Pencegahan resesi ekonomi

Sebetulnya ada beberapa pencegahan yang bisa dilakukan oleh negara ataupun sebuah perusahaan untuk menangkal hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Belanja pemerintah besar-besaran

Salah satu cara menghadapi ancaman ini, maka pihak pemerintah harus melakukan belanja besar-besaran dan hal tersebut bisa membuat meningkatnya permintaan di dalam negeri dan dunia usaha juga investasi malahan langkah tersebut bisa meredam kontraksi ekonomi yang terjadi akibat domino wabah covid 19.

Bantuan UMKM

Hal ini sudah dilakukan oleh pemerintah Jokowi ketika pandemi dimana masyarakat mendapatkan bantuan UMKM secara gratis di mana tujuannya supaya masyarakat bisa lebih Mandiri dan produktif dan memperoleh kredit bunga rendah.

Harapan pemerintah dengan adanya bantuan UMKM tersebut bukan hanya dipakai untuk kehidupan sehari akan tetapi bisa digunakan untuk memulai usaha sehingga ekonomi akan terus berputar.

  • Bagikan